Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) SMK 1 Kawali Buka Kompetensi Keahlian Karawitan | Lawu Post

SMK 1 Kawali Buka Kompetensi Keahlian Karawitan

Sabtu, 13 Agustus 20160 comments

Ciamis (LawuPost) - SMK Negeri 1 Kawali yang beralamat di Jalan Talagasari Nomor 35 Kawali 46253 Ciamis sebagai salah satu sekolah unggulan yang berada di wilayah Ciamis Utara, setiap tahunnya selalu meluluskan setiap angkatan dengan hasil yang memuaskan bukan hanya bagi siswa dan orang tua saja, tapi bisa membanggakan para ibu bapak gurunya.  Tercatat pendaftar Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 627 calon siswa yang mendaftar, sementara ketersediaan Rombel hanya bisa menampung 504 siswa, pihak sekolah dengan terpaksa mempersilahkan para calon siswa untuk mencari sekolah lain di sekitaran kampus SMKN 1 Kawali. Hal itu menunjukkan bahwa animo masyarakat yang ingin melanjutkan ke SMK semakin tinggi.

Berdasarkan prestasi tersebut setiap awal tahun ajaran baru SMKN 1 Kawali selalu kebanjiran peserta didik yang ingin menimba ilmu di sekolah tersebut. Saat ini dari 359 siswa yang diluluskan tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri terdiri dari program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 145 siswa, program keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 71 siswa, dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 69 siswa dan program keahlian Administrasi Perkantoran (AP) 74 siswa dinyatakan lulus seratus persen dengan hasil yang memuaskan.

Kepala SMKN 1 Kawali, Drs. H. Hadi Sumantoro, M.Pd kepada tim Lawu News mengakui hal tersebut. Menurutnya, keunggulan SMKN 1 Kawali memiliki sertifikat ISO 9001-2008 untuk menjaga kualitas manajemen dan pendidikan, terakreditasi A untuk semua program keahlian, siswa TKR dibekali kemampuan mengemudi, siswa TKJ dan RPL dibekali kemapuan grafik design, video editing, photography dan video shooting, menyiapkan siswa untuk mendapatkan sertifikasi internasional microsoft office spesialist dan sertifikasi java (oracle), bursa kerja yang menyalurkan siswa ke dunia kerja, kunjungan industri sebagai tolak ukur untuk kebutuhan siswa dalam belajar, serta guru-guru yang memiliki sertifikasi internasional dan berpengalaman.

SMKN 1 Kawali sendiri, kata H.  Hadi, semenjak tahun ajaran baru 2016/2017 membuka program keahlian Kompetensi Karawitan, selain program keahlian yang sudah ada yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Admintrasi Perkantoran, Teknik Gambar Bangunan (Arsitek) dan Akuntansi. ”SMKN 1 Kawali untuk tahun ajaran 2016/2017, membuka program kompetensi keahlian karawitan dengan penekanan kepada seni teater. Hal tersebut berdasarkan pertimbangan bahwa bursa kerja dari kompetensi keahlian tersebut sangat menjanjikan ditunjang dengan letak geografis SMKN 1 Kawali yang berada di pusat budaya di daerah Ciamis Utara. Untuk Kompetensi Karawitan sendiri program kompetensi ini baru ada di SMKN 1 Kawali dan di salah satu SMK di kota Bandung, ” kata H. Hadi.

Menurutnya, peminat untuk program Kompetensi Karawitan saat ini ada 20 siswa dari total 504 siswa yang diterima untuk semua kompetensi keahlian yang ada di SMKN 1 Kawali. Pihaknya untuk program ini mempersiapkan 2 tenaga pengajar yang sudah berstatus PNS dan berkompeten di bidangnya dengan dukungan sarana dan prasarana yang cukup memadai.

Lebih jauh H. Hadi menjelaskan, bahwa para siswa disekolah ini, dibekali dengan perawatan dan perbaikan motor otomotif, perawatan dan perbaikan sistem pemindai tenaga, perawatan dan perbaikan chasis dan suspensi otomotif, perawatan  dan perbaikan sistem kelistrikan otomotif untuk tekhnik kendaraan ringan. Untuk tekhnik komputer jaringan para siswa dibekali untuk menguasai bidang instalasi dan trouble shooting PC dan laptop, trouble shooting jaringan (LAN dan WAN), menguasai perakitan server dan admin jaringan, menguasai perakitan PC dan laptop, membangun jaringan LAN dan jaringan WAN serta memahami pembuatan Web. Sedangkan untuk program keahlian rekayasa perangkat lunak, para siswa dibekali untuk menguasai pembuatan aplikasi berbagai dekstop untuk single user, client server dengan VB. Net, Web dan PHP dan Java, DBMS dengan microsoft access, MySQL dan SQL Server serta memahami design graphis dan jaringan komputer.

Untuk program kompetensi keahlian adminitrasi perkantoran, kata H Hadi, para siswa dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran, mengoperasikan aplikasi perangkat lunak untuk mengelola dokumen, presentasi untuk mengelola bahan informasi, mengelola data informasi peralatan kantor, sistem kearsipan, dana kas kecil melakukan prosedur adminitrasi dokumen-dokumen kantor dan menangani surat/dokumen kantor dan penggandaan dokumen serta memahami pelayanan kepada pelanggan dengan komunikasi yang baik. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost