Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) KRI Usman Harun-359 Latihan RAS Approaches dengan Kapal Perang Yunani | Lawu Post

KRI Usman Harun-359 Latihan RAS Approaches dengan Kapal Perang Yunani

Rabu, 08 Agustus 20180 comments

Pen Konga XXVIII-J/Unifil (LawuPost.Com) KRI Usman Harun-359 melaksanakan latihan Replenishment At Sea (RAS) Approaches dengan kapal perang Yunani HS (Hellenic Ship) Salamis-F455 di Laut Mediterania, Rabu (8/8/2018).

Hal tersebut dikatakan  Komandan KRI Usman Harun-359 yang sekaligus Komandan Satgas Maritime Task Force (MTF)  TNI XXVIII-J/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si., usai latihan di Laut Mediterania.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Satgas MTF TNI menyampaikan bahwa  KRI Usman Harun-359 dan HS Salamis-F455 adalah dua kapal perang unsur MTF yang bersama-sama melaksanakan operasi perdamaian dunia di perairan Lebanon di bawah bendera United Nations (UN).

Menurut Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, RAS Approaches merupakan salah satu bentuk bagian dari latihan Replenishment At Sea (Pembekalan di laut), dalam latihan ini kapal pemberi ataupun penerima tidak saling mengirimkan barang, hanya melaksanakan rangkaian pergerakan manuver kapal. “Latihan RAS Approaches dilaksanakan dua fase secara bergiliran, dimulai dengan pembentukan formasi satu dengan HS Salamis F-455 sebagai kapal penjuru (kapal pemberi) diikuti KRI Usman Harun-359 sebagai kapal penerima,” ujarnya.

“Setelah formasi ini terbentuk, KRI Usman Harun-359 bergerak ke arah buritan lambung kanan HS Salamis-F455 untuk melaksanakan pencocokan kompas dengan maksud untuk menyamakan gyrocompass antar kedua kapal sebagai acuan dalam mengolah gerakkan kapal,” kata Kolonel Laut (P) Alan Dahlan.

Lebih lanjut, Komandan Satgas MTF TNI  menyampaikan, setelah tahapan itu KRI Usman Harun-359 mulai bergerak mendekati HS Salamis-F455 untuk menempati stasiun RAS yaitu haluan lambung kanan dari HS Salamis F-455. Setelah menempati stasiun RAS, KRI Usman Harun-359 melaksanakan penghormatan dilanjutkan dengan peran parade personil. “Selesai melaksanakan prosedur pembekalan di laut, HS Salamis-F455 melaksanakan prosedur breakaway, sementara KRI Usman Harun-359 mempertahankan halu dan cepat kapal dengan tujuan untuk memulai fase kedua latihan ini dimana KRI Usman Harun-359 berperan menjadi kapal penjuru (kapal pemberi) sedangkan HS Salamis F-455 menjadi kapal penerima,” imbuhnya.

Selanjutnya setelah latihan selesai dilaksanakan, Komandan KRI Usman Harun-359 yang diwakili Palaksa KRI Usman Harun-359 Letkol Laut (P) Anang Setioko, S.H., M.Tr. Hanla beserta Kepala Departemen Operasi KRI Usman Harun-359 Letkol Laut (P) Ainul Muslimin, S.E., M.Tr. Hanla, Kepala Divisi Komunikasi KRI Usman Harun-359 Lettu Laut (P) M. Chandra Ramadhan, S.T. Han dan Perwira Penerangan KRI Usman Harun-359 Letda Laut (KH) Dharma Hartono, S.Hum. menghadiri undangan kunjungan ke kapal HS Salamis-F455 oleh Commanding Officer HS Salamis-F455.

Dalam kesempatan tersebut,  Palaksa KRI Usman Harun-359 mengucapkan terima kasih atas undangan Commanding Officer dari HS Salamis-F455. Melalui latihan dan operasi bersama dapat menciptakan perdamaian di perairan Lebanon dan meningkatkan hubungan diplomasi antara Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Yunani.

Pada kesempatan yang sama, Commanding Officer HS Salamis-455, Captain Vasileios Bouras mengucapkan selamat datang kepada 4 Perwira perwakilan dari KRI Usman Harun-359 di HS Salamis-455 dan mengharapkan hubungan diplomasi antara Angkatan Laut Indonesia dengan Yunani dapat meningkatkan hubungan persahabatan dan perdamaian dunia.

Autentikasi : Perwira Penerangan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil
Letda Laut (KH) Dharma Hartono, S.Hum.

 
 ____________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost