Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Dilepas Presiden Jokowi, Komandan Lanal Denpasar Hadiri Pembukaan Pawai Pesta Kesenian Bali 2018 | Lawu Post

Dilepas Presiden Jokowi, Komandan Lanal Denpasar Hadiri Pembukaan Pawai Pesta Kesenian Bali 2018

Senin, 25 Juni 20180 komentar

Denpasar (LawuPost.Com) Dilepas dan dibuka Presiden Joko Widodo, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) GB.Oka menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-40 yang digelar di Jalan Raya Puputan Renon Denpasar, Sabtu peltang lalu.

Presiden membuka dan melepas peserta pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 dari depan Monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar, didampingi oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Ngurah Puspayoga, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi , dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dengan memukul gong sebanyak tiga kali yang secara simbolis melepas para peserta pawai dimulai pukul 15.00 Wita.

Usai Kepala Negara memukul gong disambut tabuh "ketug bumi" persembahan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar sekaligus mengiringi tari Siwa Nataraja sebagai tanda pelepasan pawai PKB yang ke-40.

Presiden yang hadir didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Kerja, melepas Pawai PKB dengan mengenakan pakaian adat Bali atasan safari berwarna putih dan kain songket dengan dominasi berwarna hijau serta "udeng" atau ikat kepala khas Bali berwarna hijau.

Dalam sambutannya, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan tema PKB tahun ini adalah "Teja Dharmaning Kauripan, Api Spirit Penciptaan". PKB, ujar Pastika, merupakan agenda seni tahunan yang menampilkan puncak-puncak apresiasi seni dari para seniman di sembilan kabupaten/kota di Pulau Dewata.

Dengan kehadiran Presiden, menurut Pastika akan menjadi dorongan moral pada masyarakat Bali, khususnya para seniman untuk terus berkarya dan berkreasi mengembangkan kebudayaan Bali yang adiluhung.

Selain penampilan dari ISI Denpasar, ada 17 peserta pawai yakni perwakilan Pemerintah Provinsi Bali, sembilan kabupaten/kota di Bali, marching band Universitas Udayana, dan marching band Universitas Warmadewa.

Ikut memeriahkan dalam acara pembukaan PKB delegasi Pemerintah Provinsi Guangxi China, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Papua, Sanggar Basundari Jepang, Konsulat Jepang, dan Forum Kerja Sama Sunda Kecil.

Selain membuka PKB, Presiden Jokowi akan melakukan sosialisasi peluncuran aturan baru tentang pajak UMKM. Aturan tersebut sebelumnya diluncurkan di Surabaya. Di mana, pemerintah memberlakukan tarif PPh final menjadi 0,5% dari sebelumnya 1%. Aturan ini juga berlaku pada 1 Juli 2018. Dan juga Jokowi memberikan kuliah umum di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Turut hadir dalam acara tersebut beberapa menteri Kabinet Kerja, Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Ketua DPRD Provinsi Bali, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus R. Golose, KS Kodam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan, Danrem 163/Wsa Kolonel Arh. AM Suryadi, Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) GB. Oka, Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb. Wayan Superman, Bupati se-Provinsi Bali, serta sejumlah tamu undangan di antaranya sejumlah perwakilan konsul negara-negara sahabat dan jajaran Muspida Bali.

Pada bagian akhir pawai duta Pemerintah Provinsi Bali mempersembahkan karya fragmentari "Smaradahana" yang diangkat dari kakawin Smaradahana karya Mpu Dharmadja. Setelah pawai persembahan Pemprov Bali, selanjutnya diikuti pawai dari sembilan kabupaten/kota di Provinsi Bali.(Lantamal V /Red)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost