Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pemkab Ciamis Optimis Raih Penghargaan Kabupaten Sehat | Lawu Post

Pemkab Ciamis Optimis Raih Penghargaan Kabupaten Sehat

Minggu, 05 Maret 20170 comments

Ciamis (LawuPost) - Pemkab Ciamis menyatakan optimis memperoleh penghargaan penilaian Kabupaten Sehat (SWASTI SABA) di tahun 2017 ini. Penghargaan yang dibidik, yakni kategori PADAPA atau sebagai salah satu penghargaan Kabupaten Sehat untuk klasifikasi pemantapan.Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis, Drs. Ika Darmaiswara, mengungkapkan, pihaknya bersama dinas teknis sudah melakukan berbagai langkah untuk mewujudkan Kabupaten Ciamis sebagai kabupaten sehat. Bupati Ciamis pun, kata dia, sudah berkomitmen dengan berbagai kebijakannya guna mendorong mewujudkan target tersebut.

Menurut Ika, tatanan yang harus diikuti untuk memperoleh penghargaan PADAPA, diantaranya menyangkut kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum yang ditandai dengan meningkatnya kualitas permukiman serta meningkatnya cakupan pelayanan infrastruktur jaringan air bersih, persampahan, drainase dan trotoar.Selain itu, tambah dia, juga harus terbentuk kehidupan masyarakat sehat serta mandiri yang ditandai dengan meningkatnya akses dan layanan kesehatan.

Strategi dalam mewujudkan kabupaten sehat, tandas Ika, adalah membangun komitmen dan kerjasama antar pemangku kepentingan, optimalisasi program atau kegiatan Kabupaten menuju Kabupaten Sehat untuk mencapai  “PADAPA” Tahun 2017 dan memperluas pelaksanaan program, meningkatkan kualitas pelaksanaan dan memelihara kesinambungan kegiatan untuk mencapai indikator dampak yang sudah disepakati.Apabila melihat peluang untuk memperoleh penghargaan PADAPA, secara faktual Kabupaten Ciamis dinilai sudah memenuhi kriteria. Hal itu terbukti dengan diperolehnya beberapa penghargaan, diantaranya Adipura yang merupakan penghargaan Tingkat Nasional dan Wahana Tata Nugraha yang diperoleh secara berturut-turut sebagai bentuk penghargaan Nasional di bidang tertib lalu-lintas.

Beranjak dari hal ini, kata Ika, pihaknya optimis pada tahun 2017 akan memperoleh penghargaan PADAPA. Kata kunci untuk mewujudkan keoptimisan tersebut adalah meningkatnya partisipasi masyarakat secara aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan sebagai esensi penyelenggaraan kabupaten sehat.Indikator pokok meningkatnya derajat kesehatan di Kabupaten Ciamis, terlihat dari menurunnya angka kematian bayi, balita dan ibu melahirkan serta berjalannya program-program kesehatan dengan baik. “Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan Misi RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2014-2019, yaitu meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, ”katanya.

Ika menambahkan, kabupaten sehat adalah suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan berbagai tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dandisepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah. “Pencapaian Kabupaten Sehat merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial budaya, mengembangkan ekonomi masyarakat dan potensi wilayah secara optimal, ”terangnya.

Ika mengungkapkan, isu strategis pembangunan sektor kesehatan yang dihadapi di hampir setiap daerah, termasuk Kabupaten Ciamis, diantaranya menyangkut perilaku masyarakat, sanitasi dasar, pelayanan kesehatan dan sosial, sarana dan prasarana penunjang, ketersediaan pangan dan gizi, pengelolaan hutan dan tata kota serta pemukiman.Dalam upaya penanganan hal tersebut dan sesuai dengan arah penyelenggaraan Kabupaten Sehat, maka perlu adanya penataan kelembagaan dan aktivitas nyata yang memerlukan keterlibatan antara Pemerintah Daerah, masyarakat dan dunia usaha.

Langkah-langkah yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam mewujudkan Kabupaten Sehat, pertama, membentuk Forum Kabupaten Sehat melalui Keputusan Bupati Ciamis Nomor : 440/Kpts.167A-HUK/2015, yang merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dalam berpartisipasid alam proses perencanaan pembangunan wilayah dalam mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat.Kedua, membentuk Tim Pembina Kabupaten Ciamis Sehat dengan Keputusan Bupati Ciamis Nomor: 440/Kpts.168A-HUK/2015. Tim Pembina bertugas melaksanakan pembinaan dalam rangka penyelenggaraan Kabupaten Sehat di Kabupaten Ciamis.Ketiga, membentuk Forum Komunikasi Desa/Kelurahan dengan SK Camat di beberapa Kecamatan yang merupakan cakupan program dengan tugas mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mensinkronkan, dan mengklarifikasikan prioritas, perencanaan antar desa /kelurahan oleh PokjaDesa /Kelurahan Sehat.

Terakhir, membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Desa / Kelurahan Sehat dengan SK Kades/Lurah yang termasuk cakupan program. “Kepala Bappeda selaku Ketua Tim Pembina Kabupaten Ciamis Sehat telah melakukan pembinaan ke 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Cijeungjing dan Kecamatan Ciamis yang akan diajukan untuk calon lokasi penilaian, ”pungkasnya.

RSUD Ciamis
Di tempat terpis
ah, Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien didampingi direktur RSUD Ciamis, dr. H. Aceng Solahudin Ahmad saat meninjau pembangunan RSUD Ciamis mengatakan, saat ini Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menambah ruangan baru. Hanya saja, Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada masih belum mencukupi. Kalau kualitas SDM yang ada sudah memadai, tetapi jumlahnya masih kurang. Karena RSUD terus menambah ruangan baru.

Menurut H. Iing, untuk menambah jumlah pegawai di lingkungan pemerintah Kabupaten Ciamis adalah kewenangan dari pemerintah pusat. Meski setiap tahun Kabupaten Ciamis selalu mengajukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khususnya untuk tenaga kesehatan. “Saya harap dengan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)nya RSUD ini bisa disiasati untuk menambah tenaga kesehatan. Saat ini RSUD Kabupaten Ciamis sudah merampungkan pembangunan 106 kamar baru, tetapi belum bisa dipakai pasien, karena fasilitas ruangan belum kumplit. “Sudah ada 42 ruang VIP dan 64 ruangan lainnya belum bisa dipakai dan belum kita resmikan, “kata H. Iing. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost