Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Jumlah Penerima PIP Bertambah di Tahun 2018 | Lawu Post

Jumlah Penerima PIP Bertambah di Tahun 2018

Minggu, 23 April 20170 comments

Ciamis (LawuPost) - Sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP) yang dilaksanakan di Gedung Dakwah Islam Kecamatan Sadananya, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ciamis, H. Oih Burhanudin yang dihadiri oleh orang tua siswa tingkat SD, SMP, SMA se-Kecamatan Sadananya.

H. Oih mengatakan,  program PIP bertujuan untuk membantu peningkatan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu. Pemerintah telah membuat Program Indonesia Pintar sebagaimana yang tertuang dalam Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2014. Menurutnya, bahwa Program Indonesia Pintar adalah pemberian bantuan tunai kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu ditandai dengan pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai lanjutan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

KIP diberikan kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dengan maksud untuk menjamin seluruh anak usia sekolah dapat menempuh pendidikan sampai lulus ke jenjang pendidikan menengah.  “Para orang tua yang hadir saat itu merupakan para orang tua siswa yang beruntung karena dari 2500 siswa, hanya 196 orang siswa saja yang diprioritaskan mendapatkan bantuan fasilitas pendidikan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Program Indonesia Pintar. Sehingga para orang tua diharapkan dapat memperhatikan pendidikan anak-anaknya dengan baik, mendorong anak untuk meningkatkan semangat belajar, serta rajin masuk sekolah demi mendapatkan ilmu pengetahuan yang kelak akan berguna dalam kehidupannya di masa yang akan datang”, kata H. Oih.

Penerima PIP usulan tahun 2016 di Kecamatan Sadananya sebanyak 196 orang, yang terdiri dari siswa tingkat SD 118 orang, SMP 68 orang, dan SMA sebanyak 5 orang. Program Indonesia Pintar ini, tandas H. Oih, merupakan bentuk support dari Pemerintah Kabupaten Ciamis kepada siswa yang terancam Drop Out (DO) atau untuk siswa yang berasal dari golongan keluarga yang kurang mampu, sehingga mampu mendorong dan memacu siswa agar terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi, untuk kemudian dapat menjadi sumber daya manusia yang hebat dan berkualitas demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Program ini tidak hanya sampai saat ini saja, kami Pemerintah Kabupaten Ciamis akan terus mengusulkan PIP ini untuk para siswa yang belum mendapatkan bantuan, dan kedepannya kami akan memberikan 1000 Kartu Indonesia Pintar untuk siswa SD, SMP, SMP di Kecamatan Sadananya”, tegasnya.

Lebih jauh Wakil Bupati Ciamis tersebut menegaskan, bahwa tahun 2017 ini pihaknya telah memperjuangkan sebanyak 17.000 kartu PIP untuk disalurkan kepada seluruh siswa di Kabupaten Ciamis. “Insya Allah untuk tahun 2018, kuota kartu PIP yang disalurkan ke Kabupaten Ciamis bisa bertambah. Untuk tahun ini kami lebih mengutamakan siswa yang pada tahun sebelumnya belum mendapatkan kartu PIP. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost