Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Yonarhanud 14/PWY Ciptakan Signal Komando Alarm Steeling | Lawu Post

Yonarhanud 14/PWY Ciptakan Signal Komando Alarm Steeling

Kamis, 07 Januari 20210 comments

Bandung (LawuPost.Com) ,- Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yonarhanud) 14/Pratiti Wira Yudha merupakan Satuan Bantuan Tempur Organik langsung di bawah garis Komando Kodam III/Siliwangi yang bermarkas di Kota Cirebon. Saat ini Komandan Batalyon di jabat oleh Letkol Arh Haris Atmaja Adinata, S.E, Markas Batalyon, Baterai Markas, di Jalan Raya Pilang Kota Cirebon satu tempat dengan Baterai Q, sedangkan Baterai P berada di Plumbon dan Baterai R di Indramayu, Jawa Barat.

Dislokasi satuan yang terpisah sehingga menjadikan kendala. Hal ini merujuk kepada kesiapsiagaan, karena kesiapsiagaan adalah upaya yang dilaksanakan untuk mengantisipasi kemungkinan- kemungkinan  untuk bisa cepat untuk mengatisipasi apa yang harus dilakukan oleh seorang Komandan guna mengendalikan anggotanya, termasuk bila diperlukan untuk melaksanakan alarm steeling atau apel kesiapsiagaan.

Sedangkan Tugas Pokok Yonarhanud 14/PWY, diantaranya melaksanakan perlindungan udara aktif dengan menghancurkan, meniadakan atau mengurangi daya guna dan hasil guna serangan udara musuh serta mendukung stabilitas wilayah yang kondusif.

Menyikapi hal tersebut, Danyonarhanud 14/PWY Letkol Arh Haris Atmaja Adinata untuk mendukung tugas pokok dan juga untuk memonitoring aktifitas para anggotanya secara keseluruhan dengan pemanfaatan alat komunikasi yang ada yakni Hand Phone (HP). Ia melakukan inovasi teknologi Signal Komando berupa aplikasi alarm kesiapan satuan serta monitoring dan kontrol melalui HP prajurit.

Signal Komando, karya inovasi Danyonarhanud 14/PWY, suatu Sistim alarm steling kesiapsiagaan dengan platform android untuk mempercepat tersalurnya informasi tentang kesiapsiagaan kepada prajurit Yonarhanud 14/PWY secara real time dan online yang langsung terhubung milik HP seorang Komandan.

Selain itu, signal Komando juga sebagai agen eksekutif operasional untuk operasi dan keamanan jaringan ke seluruh personel Yonarhanud 14/PWY. Ini adalah satu titik kontak untuk pengembangan dan perlindungan jaringan personelnya untuk mendukung tugas pokok yang melalui perintah teknologi.

Ide dan inovasi teknologi yang dilakukan oleh Danyonarhanud 14/PWY ini mendapat acungan jempol dari Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto termasuk dari Kasdam III/Slw Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P, serta para Pejabat Utama Kodam III/Slw.

Mengembangkan, mengetes, menyediakan, dan mengelola komunikasi serta didukung dengan sistem informasi untuk komando dan kontrol pasukan itu sangat mutlak di perlukan di era ini, termasuk Yonarhanud 14/PWY telah membuat terobosan baru ini, harus ditumbuh kembangkan atau di tularkan kepada seluruh satuan jajaran Kodam III/Slw.

”Terma kasih dan terus kembangkan karya ini, jangan sampai di situ, lakukan penyempurnaan alat komunikasi tersebut, juga tularkan ilmu ini kepada seluruh satuan jajaran Kodam III/Slw,” puji Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. (Pendam III/Siliwangi).


Berita Foto





Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost