Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Taruna AAL Korps Pelaut Lattek Pengendalian Kapal dan Navigasi Astronomi | Lawu Post

Taruna AAL Korps Pelaut Lattek Pengendalian Kapal dan Navigasi Astronomi

Senin, 08 Juni 20200 komentar

Surabaya (LawuPost.Com) Departeman Pelaut (Deppel) Akademi Angkatan Laut (AAL) menggelar dua Latihan Praktek (Lattek) berbeda bagi Taruna Korps Pelaut Tingkat lll dan tingkat ll yang dibuka bersamaan oleh Kepala Departemen Pelaut yang juga Kepala Program Studi Manajeman Pertahanan Matra Laut, AAL, Kolonel Laut (P) Awang Bawono, S.E., M.M., M.A.P, Senin (8/6).

Sebanyak 42 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat ll Angkatan ke-67 Korps Pelaut, selama 10 hari kedepan akan menjalani Lattek Navigasi Astronomi, sedangkan 42 Taruna Tingkat lll Angkatan ke-66 akan melaksanakan Lattek Pengendalian Kapal.

Latihan Praktek Navigasi Astronomi dan Pengendalian Kapal ini, digelar di Auditorium Gedung Bawean, Deppel AAL, Kesatrian Bumimoro, Surabaya dihadiri perwira dijajaran Deppel AAL, para Dosen dan staf lainnya.

Menurut Kadeppel AAL, tujuan dari Lattek Navigasi Astronomi ini agar Taruna memiliki keterampilan menerapkan teori dan mengoperasikan peralatan navigasi astronomi dengan tepat dan teliti menentukan posisi kapal saat berlayar, sehingga dapat mengaplikasinya nanti sebagai Padiv Navigasi, Komunikasi, Senjata Bawah Air, Senjata Atas Air dan PIT atau jabatan setingkat di KAL serta sebagai calon pemimpin TNI/TNI AL.

Dalam Lattek ini, mereka akan mempraktekan materi membaca peta bintang, mengidentifikasi benda angkasa, pengoperasian sextant dan perhitingan astronomi (terbit tenggelam matahari, terbit dan tenggelam bulan, gyro kompas, dan bestek benda angkasa) yang dilaksanakan di Brigde Simulator Gedung Andromeda dan KAL Kadet.

Sementara itu Lattek Pengendalian Kapal bagi Taruna Tingkat lll Angkatan ke-66, bertujuan membekali taruna agar memiliki pengetahuan dan kecakapan dalam mengolahgerakkan kapal, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan di Kapal Perang serta seabgai kader pemimpin TNI/TNIAL kedepan.

Lattek yang digelar di Brigde Simulator Gedung Andromeda ini, akan mengacu pada oleh gerak kapal lepas sandar lego jangkar di laut meliputi, penggunaan alat labuh, sistem kemudi, pengaruh luar dalam pada olah gerak kapal, prodesur lepas sandar di dirmaga, pengenalan olah gerak di alur sempit, menghitung pengaruh angina dan arus, prosedur lego jangkar, mengepil, MOB dan proses menunda kapal.
.
Kadeppel juga mengulang penekanan Gubernur AAL, Laksda TNI Adi Sucipto, S.E.,M.M. agar melaksanakan Lattek secara efektif dan efisien demi tercapainya peningkatan kualitas dan keterampilan dasar Taruna.
.
Selain itu agar para taruna terus disiplin terapkan protocol kesehatan, pola hidup sehat sebagai modal dasar dalam mencegah penyebaran covid-19, dengan cukup istirahat cukup, makan cukup olahraga, hindari stress, selalu jaga jarak, gunakan masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas.

Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Dewi  / Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

Batalyon Artileri Medan 4/105 GS Parahyangan Kodam III/Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost