Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Peringati Harkesal 2019, Rumkital dr. Oepomo Berikan Penyuluhan Penyakit HIV/Aids | Lawu Post

Peringati Harkesal 2019, Rumkital dr. Oepomo Berikan Penyuluhan Penyakit HIV/Aids

Senin, 14 Oktober 20190 komentar

Surabaya (LawuPost.Com) Rumkital dr. Oepomo  mengelar penyuluhan kesehatan tentang Penyakit HIV/Aids kepada prajurit dan PNS yang digelar di Aula Rumkital dr. Oepomo Lantamal V,  Jl.  Laksda M. Nazir No. 56, Surabaya, Senin (14/10).

Penyuluhan kesehatan dalam rangka dalam peringatan Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut (Harkesal) yang diperingatai setiap tabggal 9 Oktober ini,  menghadirkan dr. Tri Yanti, Sp.PD. sebagai Narasumber.

Hadir dalam Penyuluhan tersebut Karukital dr. Oepomo Letkol Laut (K/W) Trisna Rini, perwiras Staf Rumkit Oepomo, prajurit dan PNS Mako Lantamal V lainnya.

Menurut Narasumber,  HIV AIDS merupakan salah satu penyakit mematikan yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ganas ini.

Menurut WHO lanjutnya, pada akhir 2015 terdapat 36.7 juta penderita HIV di seluruh dunia dan di akhir 2015 juga terdapat pertumbuhan pengidap baru mencapai 2.1 juta orang.

Sementara menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah penderita yang terinfeksi HIV dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2017 dilaporkan sebanyak 242.699 orang.

Menurutnya,  banyak penderita yang tidak menyadari gejala awal HIV AIDS hingga berlanjut pada tahap kerusakan sistem tubuh yang fatal. Hal ini karena gejala awal HIV AIDS mirip dengan gejala akibat serangan virus lainnya seperti flu.

Maka dari itu penting untuk mengetahui gejala awal HIV AIDS terlebih jika orang tersebut memiliki tingkat resiko penularan HIV AIDS yang besar.

HIV merupakan singkatan dari “Human Immunodeficiency Virus”. Virus ini merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS. Jika seseorang terinfeksi HIV, Ia akan dikatakan sebagai HIV positif.

"HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, yang mana adalah pertahanan tubuh terhadap penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang telah dirusak oleh virus, maka akan mengembangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Ini berarti mereka akan mendapatkan infeksi dan penyakit yang mana tubuh mereka biasanya bisa melawan," jelas Sri. 

HIV-AIDS lanjutnya merupakan salah satu penyakit menular yang banyak dikenal masyarakat. Penyakit ini dikenal luas karena penyebarannya yang sangat cepat. Sejak ditemukannya penyakit ini 30 tahun yang lalu, ada sekitar 40 juta orang yang mengidap HIV-AIDS. Bahkan, karena penyebarannya yang sangat cepat, tanggal 1 Desember dijadikan sebagai hari AIDS sedunia.

HIV-AIDS merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Namun, walaupun disebabkan oleh virus, penyebaran penyakit ini tidak seperti penyebaran influenza atau batuk. Anda dapat terjangkit penyakit ini jika melakukan kontak dengan cairan tubuh seseorang yang positif mengidap HIV-AIDS.(Lantamal V)

_______________________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Ucu S/Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost