Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Bakamla Dukung Pembinaan UMKM | Lawu Post

Bakamla Dukung Pembinaan UMKM

Jumat, 23 November 20180 komentar

Tarakan, Humas Bakamla RI (LawuPost.Com) Bakamla bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Tarakan serta Dinas Pangan, Peternakan dan Perikanan melaksanakan kegiatan pembinaan Kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKMK), di UKM Center kota Tarakan, Kalimantan Utara, kemarin.

Kegiatan yang dihadiri 30 peserta perwakilan dari berbagai jenis UKM Kota Tarakan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Tarakan. Drs. Tajuddin Tuwi, M.Si. Dalam sambutannya, Tajuddin menyampaikan ucapan selamat dan rasa terimakasihnya kepada Bakamla karena telah melaksanakan kegiatan hari ini, “Semoga inovasi dan motivasi yang kita dapat disini, dapat membuka peluang-peluang baru bagi para peserta UKM disini", ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri Bakamla Eli Susiyanti, S.H., M.H., M.M. memaparkan tentang Bakamla dan pengaruhnya terhadap UKM di daerah. Menurutnya, mindset masyarakat, dalam hal ini yaitu yang berkecimpung dalam UKM diharapkan bisa lebih aware terhadap kejahatan ilegal fishing yang merugikan UKM di daerah.

Bakamla sendiri telah memulai program binaan desa maritim dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap laut yang mempengaruhi ekonomi desa mereka.

"Bakamla RI terus berusaha dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. Salah satunya adalah pembentukan tiga Desa Maritim yang merupakan upaya Bakamla dalam  pemberdayaan masyarakat pesisir agar lebih waspada dan turut serta dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut", tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan paparan Sekretaris Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tarakan Ir. Solikhatin, M.Si., "Dinas Koperasi dan UKM selalu siap membantu para UKM untuk maju", pesannya.

Antusias peserta UKM untuk berinovasi sangat tinggi, itu semua terlihat saat Nurlina, S.ST.Pi., dari UKM Wina (Crispy Rumput Laut) yang juga merupakan perwakilan dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Tarakan melakukan demonstrasi pembuatan Bakso Ikan Rumput Laut.

Acara diwarnai pula dengan paparan peran penting digital marketing di masa kini dalam memasarkan dan menjual produk-produk UKM tidak hanya regional, tetapi bisa ke mancanegara, yang dibawakan oleh Mariyati, A.Md. dari Rumah Kreatif BUMN Telkom Tarakan.

Kegiatan diselingi pula dengan sesi promosi produk dari beberapa peserta UKM yang hadir, tanya jawab seputar kemasan produk, masalah perizinan dan pemasaran digital. Selain itu Bakamla juga menyerahkan alat pendukung kepada 10 UKM terpilih, diikuti demonstrasi cara penggunaan alat yang di antaranya yaitu electric meat grinder dan vacum sealer.

Kegiatan di tutup dengan berfoto bersama seluruh peserta perwakilan UKM di Kota Tarakan. Turut hadir yaitu Kasi Kerja Sama Non-Pemerintah Bakamla Ariana Listyawati, S.Pd. beserta staff dan personel SPKKL Tarakan,


Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla, Mardiono

_______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Krisna
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

KODAM III/ Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost