Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Universitas Jambi-Tanoto Foundation Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dasar | Lawu Post

Universitas Jambi-Tanoto Foundation Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dasar

Senin, 13 Agustus 20180 comments

Jambi (LawuPost.Com) Universitas Jambi (UNJA) dan Tanoto Foundation bekerja sama meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Kota Jambi. Para dosen UNJA akan dilibatkan dalam pelatihan dan pendampingan sekolah lab dan sekolah mitra UNJA untuk menerapkan praktik-praktik baik dalam pembelajaran aktif, manajemen berbasis sekolah, dan budaya baca.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor (Warek)  Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi UNJA Prof Dr Zulkifli Alamsyah dengan Direktur Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation, Stuart Weston, di Jambi, Senin (13/8/2018).
“Kerja sama ini juga dilakukan untuk memperkuat peran dari perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Pendidikan sebagai lembaga pencetak guru. Progam utamanya adalah mempersiapkan calon guru untuk menjadi pendidik yang profesional. Strateginya dengan mengintegrasikan antara teori dan praktik, memperbanyak praktik-praktik yang baik dalam kelembagaan maupun di sekolah mitra LPTK,” kata Stuart Weston.

Menurut Prof Zulkifli Alamsyah, kerjasama ini merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi yang bertujuan memperkuat peran perguruan tinggi yang sejalan dengan motto Unja yaitu Inovatif dan unggul dalam kompetisi menuju World Class Enterpreunership University 2020. “Unja mendukung penuh keberlangsungan peran pendidikan tinggi sebagai lembaga pencetak pendidik yang profesional yang berdaya saing di era revolusi industri 4.0,” tukasnya.

Ajar Budi Kuncoro, Head of Teacher Training Institute Development Tanoto Foundation mengatakan Tanoto Foundation sebagai organisasi filantropi memiliki sumber daya untuk memfasilitasi integrasi antara sekolah khususnya di pendidikan dasar dan perguruan tinggi pencetak guru secara komprehensif.

“Sekolah sebagai laboratorium dan pengguna lulusan dari lembaga pencetak calon guru setiap saat mengalami transformasi. Kerjasama ini akan mendorong lebih banyak praktik yang baik dari dosen sebagai contoh mengajar yang baik bagi mahasiswa. Selain itu, salah satu fokusnya adalah menyiapkan sekolah mitra LPTK untuk terus berinovasi dan bersinergi untuk mencetak calon guru yang kompetitif dan adaptif dengan transformasi tersebut,” tukasnya.

Budi menambahkan, indikator yang ingin dicapai dalam tiga tahun ke depan di antaranya dosen LPTK menjadi contoh dalam pembelajaran aktif untuk mahasiswa, diintegrasikannya bahan pelatihan Pelita Pendidikan dalam kurikulum pendidikan calon guru dan guru, LPTK melaksanakan pendidikan prajabatan yang lebih menekankan pada praktik, dan mahasiswa calon guru mempraktikkan cara mengajar dan belajar yang lebih baik.(***)

 
______________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost