Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Lulusan SMAN I Ciamis Mendominasi PTN | Lawu Post

Lulusan SMAN I Ciamis Mendominasi PTN

Rabu, 27 Juni 20180 komentar

Ciamis (LawuPost.Com) - Senyum kebahagiaan terpancar dari wajah para siswa-siswi SMAN 1 Ciamis yang telah selesai menempuh pembelajaran selama di bangku sekolah dengan hasil yang patut membanggakan sekolah dan guru. Mengapa tidak, semua siswa yang menuntut ilmu di sekolah itu dinyatakan semuanya lulus, bahkan hampir 90 persen diantaranya telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia.

Dari 422 siswa yang diluluskan terdiri dari jurusan IPA 298 orang dan jurusan IPS 124 orang saat ini sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebanyak 95 orang diantaranya, Universitas Pajajaran (UNPAD) 25 orang, Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) 20 orang, Universitas Siliwangi (UNSIL) 13 orang, Institut Pertanian Bogor (IPB) 4 orang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 20 orang, Institut Teknologi Bandung (ITB) 1 orang, UIN Sunan Gunung Jati 1 orang dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 1 orang.

 “Jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Ini tentu prestasi yang patut dibanggakan mudah-mudahan prestasi tersebut tahun berikutnya bisa lebih ditingkatkan lagi. Kepada siswa yang belum lolos dari jalur SNMPTN, masih ada kesempatan untuk melalui jalur SBMPTN. Saat ini dari jumlah 422 siswa, 99% melanjutkan ke perguruan tinggi sebanyak 95 sudah diterima di PTN jalur SNMPTN. Sisanya di jalur SBMPTN sambil menunggu hasil pengumuman dari Polban  dan Perguruan Tinggi lainnya, ”kata Kepala SMAN 1 Ciamis,Drs. H. Wawan Haryawan, MPd disela-sela prosesi pelepasan siswa siswi tahun ajaran 2017/2018 di Gedung Islamic Centre beberapa waktu lalu. Melihat kemampuan yang dimiliki para siswa, H Wawan optimistis mereka bisa diterima di Perguruan Tinggi sesuai yang diharapkan, tambahnya.

Hasil menggembirakan juga diraih siswa-siswi SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2017/2018 diantaranya prestasi akademik berupa juara Essai Competetion KMC UNPAD Tingkat Jawa Barat atas nama Vina  Nurziani, Rudoku Bunkansai MGMP Bahasa Jepang Tingkat Jawa Barat atas nama Nadya Nurhamidah dan Alam Fauzi Gumilar, Penyusunan KTI & Presentasi Galaksi 2016 diraih Salma Nabila tingkat Provinsi Jawa Barat, OSN Matematika diraih Silviana Tingkat Kabupaten Ciamis, OSN Fisika diraih Adisti Tingkat Kabupaten Ciamis, OSN Ekonomi diraih Anisa Audia Tingkat Kabupaten Ciamis, OSN Geografi diraih Syahrun Agung Tingkat Kabupaten Ciamis, OSN Astronomi diraih Adzania Jihan Tingkat Kabupaten Ciamis, Lomba Cerdas Cermat Ekonomi atas nama Anisa, Gilang, Livia dan Lubanah tingkat Kabupaten Ciamis serta News Reading Contest STIS Suryalaya yang diraih Gina Lestari tingkat Kabupaten Ciamis.

Non akademik diantaranya Pencak Silat Pelajar Tunggal Tanding Putra yang diraih Dzatnika Kusuma Peringkat 1 Nasional, Pencak Silat Pelajar Tunggal Tanding Putri yang diraih Nur Aliyah peringkat 3 Nasional, Olimpiade Matematika Tingkat Jabar peringkat 2 yang diraih Raden Rifki R, Lomba Cepat Tanggap tingkat Jawa Barat peringkat 3 yang diraih Raden Rifki R, Livia, Leonardo, Bintang, LCT Ekonomi Unigal Jabar-Jateng peringkat 2 yang diraih Anisa Audia, Livia Alviani, Gilang Rizki, serta seabreg prestasi lainnya di tingkat Jawa Barat dan tingkat Kabupaten Ciamis.

 “Program yang dikembangkan di SMAN 1 Ciamis saat ini Eraport versi Direktorat yang sudah berjalan 3 tahun (online), Tes dan ulangan berbasis CBT, Perpustakaan berbasis E-Library dan berkat dukungan semua mulai tahun ajaran 2018/2019 SMAN 1 Ciamis sudah ditunjuk sebagai sekolah Rujukan yang menggunakan sistim SKS dengan kelebihan lulus bisa 2 tahun tapi bukan akselerasi  selain itu untuk tahun ajaran 2018/2019 SMAN 1 Ciamis membuka jurusan Bahasa setelah sebelumnya hanya 2 jurusan yaitu IPA dan IPS sudah diizinkan oleh Disdik Jawa Barat melalui KCD wilayah XIII, “ ungkap H. Wawan.

Kepala Cabang Dinas Wilayah XIII Provinsi Jawa Barat yang diwakili H. Yohamir yang menghadiri prosesi pelepasan siswa/siswi SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2017-2018 di Gedung Islamic Center Ciamis, beberapa waktu lalu dihadapan para tamu undangan dan orang tua murid serta siswa siswi lulusan, mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih para siswa/siswi tersebut. Meski begitu, H. Yohamir berharap prestasi tersebut agar lebih ditingkatkan lagi. Karena di Kabupaten Ciamis prosentase siswa yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi masih kalah jika dibandingkan dengan di Bandung dan kota lainnya.

Untuk itu, H. Yohamir mengajak kepada para pemangku kepentingan pendidikan, terutama kepada kepala sekolah dan guru untuk dapat memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didik dalam membentuk dan menumbuhkan pola pikir dan perilaku yang berbasis kasih sayang dan toleran terhadap realitas keanekaragaman. “Pembangunan bidang pendidikan kini menjadi salah satu pilar terpenting di Kabupaten Ciamis sehingga pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab yang besar, ”kata H. Yohamir.

Kepada siswa yang telah tamat, H. Yohamir mengucapkan selamat  dan merasa bangga atas pencapaian peningkatan pendidikan di SMAN 1 Ciamis yang grafiknya setiap tahun selalu naik. “Kepada para lulusan supaya dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang selama ini dimiliki dalam kehidupan bermasyarakat dan selalu menjaga nama baik almamater SMAN 1 Ciamis dimanapun berada, “ pungkas H. Yohamir. (mamay)

Admin : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost