Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) 5 Kabupaten/Kota Semarakan Kegiatan SMANTIC CUP 2018 | Lawu Post

5 Kabupaten/Kota Semarakan Kegiatan SMANTIC CUP 2018

Selasa, 17 April 20180 komentar

Ciamis (LawuPost.Com) – Semangat Olahraga tidak pernah padam di tataran bumi Galuh Kabupaten Ciamis. Berbagai cabang olahraga tahunan terselenggara sebagai mana mestinya, salah satunya pada kejuaraan Cabor Bola Basket, Bola Volly dan Tenis Meja dan Parade Seni yang digelar SMAN 3 Ciamis dengan nama SMANTIC CUP 2018.

Kegiatan yang digelar selama 5 hari mulai Senin-Sabtu (12-17/3) digelar di kampus SMAN 3 Ciamis dengan melibatkan peserta dari pelajar putra-putri jenjang SMP/MTs sederajat dari 5 Kabupaten/Kota diantaranya Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Kepala SMAN 3 Ciamis, H. Dede Hidayat, S.Pd, M.M.Pd melalui Wakasek Kesiswaan, Dhani Andrian, S.Pd kepada tim Lawu News mengungkapkan bahwa tujuan digelarnya kegiatan SMANTIC CUP 2018 dalam rangka meningkatkan prestasi dan kreatifitas siswa-siswi khususnya dalam bidang olahraga dan seni. Meningkatkan sportifitas antar pelajar SMP/MTs dan sederajat Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Menjaring siswa yang berprestasi dalam bidang olah raga dan seni, menjalin hubungan persahabatan antar pelajar SMP/MTs dan sederajat serta menunjukkan keberadaan SMAN 3 Ciamis sebagai sekolah yang memiliki segudang prestasi. Kegiatan ini, tandas Dhani, sebagai agenda tahunan SMAN 3 Ciamis dalam menjaring siswa-siswi berprestasi di jenjang SMP/MTs sederajat untuk menimba ilmu di SMAN 3 Ciamis ketika lulus sekolah, sebagaimana diketahui SMAN 3 Ciamis sendiri ditunjuk oleh pemerintah menjadi sekolah olahraga.
 
Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga     (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, Max Sofyan, S.E, MM berkesempatan membuka secara langsung event SMANTIC CUP 2018 dengan tema “Gali Potensi Diri Untuk Berprestasi dengan Semangat Jiwa Sportifitas”. Pada sambutannya mengungkapkan bahwa dengan diadakannya beragam kejuaraan olahraga di Kabupaten Ciamis salah satunya yang digelar SMAN 3 Ciamis ini diharapkan dapat terciptanya Atlet-atlet muda berprestasi lahir dari sekolah ini. ”Sudah tentu jika masyarakatnya gemar berolahraga dengan baik, jiwanya akan sehat sehingga akan bersatu bahu membahu membangun daerah lewat prestasi olahraga yang bisa mengharumkan bukan hanya Kabupaten Ciamis saja bahkan tingkat provinsi, lebih jauhnya sampai tingkat Nasional, “ kata Max Sofyan.

Kepala SMAN 3 Ciamis, H. Dede Hidayat, S.Pd.,M.M.Pd. lebih jauh menjelaskan bahwa SMAN 3 Ciamis yang beralamat di Jalan Bojonghuni No. 87 Ciamis 46214 selain sebagai pilot project sekolah olah raga juga menyediakan lembaga pendidikan formal yang dipadukan dengan pendidikan kepesantrenan, bertujuan guna mencetak siswa berkeahlian, berbudi luhur, akhlaqulkarimah dan mampu mencetak atlet-atlet handal yang bisa membanggakan tingkat Kabupaten saja tetapi tingkat Provinsi bahkan tingkat Nasional dengan dukungan fasilitas pendidikan, ruang belajar lengkap, laboratorium komputer dengan jaringan lengkap, ruang perpustakaan, sarana ibadah/mesjid, jaringan internet, sarana olahraga serta asrama pemondokan berdiri di atas lahan hampir 3,5 hektare.
 
Menurut H. Dede, SMAN 3 Ciamis satu-satunya sekolah negeri di Kabupaten Ciamis yang menyelenggarakan pendidikan Boarding School System dengan pola inovatif yang didasarkan kepada prinsip keterpaduan sistematik antara pengetahuan, keahlian/keterampilan dan ilmu agama. “Keterpaduan pendidikan yang berorientasi pada kecakapan, keterampilan, keahlian dan pembiasaan yang berbasis pada kekuatan akhlaqulkarimah dengan disediakan asrama pemondokan, “ jelas H. Dede.

Keunggulan-keunggulan bersekolah di SMAN 3 Ciamis, papar H. Dede, disediakan macam-macam beasiswa diantaranya, beasiswa berprestasi dari sekolah asal (SMP/MTs), beasiswa berprestasi berkelanjutan tiap semester dan beasiswa tidak mampu dengan keterangan SKTM. “Untuk tahun ajaran 2017/2018 SMAN 3 Ciamis selain menjadi tujuan program ADEM dari Papua juga menyelenggarakan pendidikan Boarding School yang saat ini baru membina 30 siswa-siswi yang ditempatkan di Asrama Pemondokan, hal ini dilatarbelakangi banyaknya siswa-siswi dari luar daerah ditambah kurangnya sarana transportasi umum menuju ke arah SMAN 3 Ciamis sehingga kedepannya hasil dari pendidikan Boarding School ini tidak ada atlet-atlet yang ketika berprestasi menjadi jumawa begitu pula ketika gagal tidak stress,” papar H. Dede. 

Keluar pada gelaran kejuaraan SMANTIC CUP 2018 untuk Basket Ball Putra diraih oleh SMPN I Lakbok sedangkan Putri nya diraih oleh SMPN I Cisaga. Bola Volly Putra juara satunya diraih SMPN 1 Panjalu sedangkan Putrinya diraih SMPN I Cisaga. Untuk pemain terbaik Basket Putra diraih  Teguh Prianto dari SMPN I Lakbok, sedangkan pemain terbaik Putri diraih Alinda Marselia P dari SMPN I Cisaga. Di ajang kejuaraan Tenis Meja Putra untuk juara satu diraih Ichsan Laksmana dari SMPN I Pangandaran sedangkan dibagian putri juara I diraih Syifa Nurfadillah dari SMPN I Manonjaya. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

KODAM III/ Siliwangi

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost