Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2017, Lantamal V Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah Dilingkungan Mako | Lawu Post

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2017, Lantamal V Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah Dilingkungan Mako

Rabu, 01 Maret 20170 comments

Surabaya, Lantamal V (LawuPost) Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2017, prajurit Mako Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) melakukan aksi peduli sampah dan lingkungan dengan membersihkan samoah dilingkungan Mako Lantamal V,  Surabya,  Selasa (28/2).

Komandan Detasemen Markas Komando (Dandenmako) Lantamal V Letkol Mar Prasetyo Pinandito menyatakan bahwa Lantamal V turut memperingatan  HPSN 2017 ini,  yang bertujuan untuk mengingatkan kembali komitmen pemerintah, masyarakat dan stakeholder lainnya  untuk mewujudkan Indonesia, khususnya Kota Surabaya bebas sampah 2020.

 “Komitmen ini, kita laksanakan bersama dengan melakukan pengurangan sampah secara konsisten sejak di sumber Sampah dengan aktifitas Reduce, Reuse dan Recycle (3R),” tegas Dandenma.

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari. Kementerian Negara Lingkungan Hidup mencanangkan 21 Febuari 2006 sebagai Hari Peduli Sampah untuk pertama kalinya. Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005,  dimana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

Pada peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah.

Tragedi ini memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.

Pelaksanaan peringatan HPSN 2017 dilaksanakan pada  lokasi Sepanjang 2 KM dilingkungan komplek Mako Lantamal V, ratusan Prajurit dan PNS Lantamal V  ikut andil dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2017.

“Maksud diselenggarakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional adalah untuk mengingatkan kembali dampak yang di timbulkan sebagai akibat timbulan sampah yang tidak terkendalikan,” pungkasnya.(***)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost