Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Asah Skill Siswa SMK Taruna Bangsa Ciamis Menggelar Uji Kompetensi | Lawu Post

Asah Skill Siswa SMK Taruna Bangsa Ciamis Menggelar Uji Kompetensi

Minggu, 05 Maret 20170 comments

Ciamis (LawuPost) - Uji Kompetensi Keahlian pada siswa SMK merupakan bagian dari Ujian Nasional. Hasil uji kompetensi menjadi indikator atas ketercapaian standar kompetensi lulusan sebagaimana tertuang dalam Permendiknas Nomor 28 Tahun 2009. Sedangkan hasil uji kompetensi bagi para stakeholder adalah merupakan bahan yang akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki si calon tenaga kerja (siswa lulusan SMK). Uji kompetensi keahlian pada siswa SMK terdiri atas ujian Teori Kejuruan dan ujian Praktik Kejuruan.

Kurikulum SMK dikembangkan dan dilaksanakan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi (competency-based curriculum), oleh karena itu uji kompetensi keahlian harus menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi
(competency-based assessment). Pelaksanaan uji kompetensi berbasis kompetensi diarahkan untuk mengukur dan menilai performansi peserta uji meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Hal tersebut diungkapkan Kepala SMK Taruna Bangsa Ciamis, Agus Gusanto, S.Pd didampingi Kepala Program Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Sukmaya Winata, ST ketika diklarifikasi tim Lawu
News seputar kegiatan praktek uji kompetensi yang dilaksanakan selama satu minggu di Kampus SMK Taruna Bangsa Ciamis. Menurutnya, ujian Teori Kejuruan bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman peserta didik terhadap landasan keilmuan di samping menguji analisis, daya nalar dan penyelesaian masalah, sedangkan Ujian Praktik Kejuruan mengukur kemampuan atau performansi peserta uji dalam mengerjakan sebuah penugasan atau membuat suatu produk sesuai tuntutan standar kompetensi.

Pelaksanaan uji kompetensi di SMK Taruna Bangsa Ciamis untuk tahun pelajaran 2016-2017, kata Agus, diikuti sebanyak 272 siswa terdiri dari 89 siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), 110 siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), 56 siswa jurusan Keperawatan dan 17 siswa jurusan Farmasi. “Kegiatan uji kompetensi di SMK Taruna Bangsa Ciamis melibatkan tim penguji eksternal dan internal diantaranya untuk TKR dari Suzuki, TKJ dari Axio, Keperawatan dari PPNI dan Farmasi dari LSP.

Salah satu penguji untuk program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang merupakan perwakilan dari Axio, Cecep mengungkapkan bahwa aspek pengujian meliputi hardware, software dan jaringan. “Dari hasil penilaian 90% siswa ternyata cukup mumpuni dalam penguasaan hardware, software dan jaringan. Kami optimis bahwa lulusan dari SMK Taruna Bangsa ini bisa mengimplementasikan ilmunya di masyarakat setelah lulus nanti. Sedangkan kerjasama dengan Axio sendiri sudah memasuki ke 4 tahun dalam program kelas industri yang secara bertahap setiap lulusannya bisa ikut magang di Axio dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi karyawan tetap, “kata Cecep. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost