Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) 118 Siswa SMA Informatika Ciamis Diserap 25 Instansi dalam Kegiatan PAKK | Lawu Post

118 Siswa SMA Informatika Ciamis Diserap 25 Instansi dalam Kegiatan PAKK

Senin, 06 Februari 20170 comments

Ciamis, (LawuPost) SMA Informatika Ciamis adalah lembaga pendidikan yang berbasis keinformatikaan yang mencetak lulusan yang mampu bersaing dengan dunia kerja di era globalisasi, sehubungan dengan hal tesebut untuk mengemban tugas dan mencetak lulusan menjadi tenaga profesional yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap.

Sesuai dengan tugas tersebut salah satu komponen kegiatan pada kurikulum SMA Informatika Ciamis, yang harus mendapatkan penanganan khusus dan sungguh-sungguh adalah program pengalaman lapangan yang dinamakan Program Aplikasi Keinformatikaan dan Kewirausahaan (PAKK). Dengan adanya PAKK ini akan menjadikan dampak positif dikalangan masyarakat, dengan pengembangan pendidikan, keilmuan dan keterampilan, keahlian berkarya dan berperilaku, semuanya terpadu dalam kegiatan yang merupakan bagian dari aplikasi kurikulum SMA Informatika.

                Program aplikasi keinformatikaan dan kewirausahaan merupakan media bagi siswa untuk mengaplikasikan dasar aplikasi yang dipelajari di SMA Informatika Ciamis. Dalam aplikasi keinformatikaan dan kewirausahaan ini diaplikasikan dalam bentuk magang di instansi & perusahaan yang telah dipilih oleh siswa dan ditentukan oleh sekolah. Program aplikasi keinformatikaan dan kewirausahaan yang dilakukan siswa merupakan salah satu wadah agar siswa mendapatkan pengalaman kerja yang dapat diandalkan.

“Dalam PAKK siswa akan dihadapkan pada kondisi rill aplikasi bidang keinformatikaan, seperti kemampuan mengetik, kemampuan berbicara dan beragumen dan kemampuan lainnya yang berkaitan. Mengingat pentingnya kegiatan PAKK, perlu adanya rambu-rambu yang mengatur pelaksanaannya. Rambu-rambu ini dibuat bukan untuk membatasi kegiatan PAKK, tetapi sebagai pedoman agar tujuan PAKK benar-benar dapat dicapai dan tepat sasaran, ”hal tersebut dikemukakan Kepala SMA Informatika Ciamis Drs. H. Asep Dhana Kusyaman, M.Pd didampingi Ketua Yayasan Bina Nusantara Ciamis, Tatang Djauhari, selepas melepas 118 siswa SMA Informatika yang akan mengikuti kegiatan PAKK di 25 instansi & perusahaan swasta di wilayah Ciamis selama satu bulan.

Aplikasi keinformatikaan dan kewirausahaan (PAKK), kata H. Asep DK sebagai realisasi pendidikan plus informatika yang mempunyai tujuan memenuhi misi SMA Informatika Ciamis yaitu merepresentasikan keinformatikaan, kewirausahaan dan disiplin ilmunya dengan nyata di masyarakat. Meningkatkan proses pendidikan dan pelatihan menuju tenaga kerja yang profesional serta memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja yang merupakan bagian dari proses pendidikan.

Ketua pelaksana kegiatan PAKK SMA Informatika Ciamis sekaligus Wakasek Kesiswaan SMA Informatika, Dadi Rusyadi, S.Pd. kepada tim Lawu News menambahkan, dari 118 siswa yang dilepas untuk mengikuti kegiatan program PAKK dibekali dengan keinformatikaan yang meliputi kompetensi program keahlian teknik komputer dan jaringan, kompetensi program keahlian aplikasi perkantoran, microsoft office serta kompetensi program keahlian design.

Kompetensi program keahlian teknik komputer dan jaringan, kata Dadi, meliputi menginstal perangkat komputer (merakit komputer), melakukan perawatan dan perbaikan peripheral (hardware) dan instalasi software program dan aplikasi. Kompetensi program keahlian aplikasi perkantoran microsoft office, meliputi pengetikan surat, proposal, skripsi ms word, pembuatan mail merge, pembuatan table dan pengolahan angka di ms excel serta pembuatan persentasi di ms power point.

Kompetensi program keahlian design meliputi pembuatan e-mail dan pembuatan blog serta design grafis & multimedia meliputi editing foto, editing video serta pembuatan design logo & banner.  “Setiap siswa SMA Informatika dituntut untuk memiliki jiwa kewirausahaan sehingga siswa harus berkarakter untuk disiplin, bisa memimpin & dipimpin, jujur, tanggungjawab, beretika, mampu bekerja dan bekerjasama, mampu berkomunikasi, efektif dalam menjalankan tugas serta kreatif & ulet,” kata Susi. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost