Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Jangan Biarkan Masyarakat Apatis Terhadap Pemerintah | Lawu Post

Jangan Biarkan Masyarakat Apatis Terhadap Pemerintah

Jumat, 11 November 20160 comments

Ciamis (LawuPost) – Wakil  Bupati Ciamis H. Oih Burhanudin saat memberikan materi kepada peserta bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa (Sekdes dan operator desa) Selasa (27/9) di Aula DPPKAD Ciamis, menghimbau kepada setiap pemerintah Desa di Kabupaten Ciamis untuk melaksanakan prinsip transparansi dalam pengelolaan keuangan Desa.

Kata dia, Kades maupun Sekretaris Desa harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang berapa jumlah anggaran bantuan dari pemerintah dan penggunaannya untuk apa saja. Jangan sampai, muncul kecurigaan dari masyarakat akibat Desa yang tidak transparan. “Prinsip transparansi anggaran harus dilaksanakan melalui penyampaian informasi kepada masyarakat, agar tidak terjadi miskomunikasi dan fitnah dari masyarakat terhadap pemerintah Desa, “katanya

Jika muncul fitnah atau ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah Desa kata H. Oih, maka masyarakat bisa saja apatis terhadap pemerintah desa dan program-program pemerintah. Yang pada akhirnya bisa mempengaruhi terhadap jalannya pemerintahan mulai dari tidak mau bayar pajak atau sulit jika diajak gotong royong. “Maka dari itu saya minta sosialisasikan dengan benar setiap bantuan dari pemerintah kepada masyarakat, lewat rapat-rapat atau pengumuman di papan informasi, “jelasnya.

H. Oih pun menyebut, Bintek peningkatan kapasitas aparatur desa ini penting dilakukan, sebagai suatu terobosan untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa sebagai pelayan masyarakat. Pelayanan terhadap masyarakat bisa ditunjukan dengan mengadvokasi masyarakat tidak mampu yang dalam kesulitan misalnya sulit berobat karena tidak punya KIS.

Aparat desa wajib membantu masyarakat tersebut dengan mendaftarkan ke Layanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LTPKD) Ciamis agar bisa mendapat kartu Waluya sebagai jaminan kesehatan yang biayanya ditanggung Pemerintah Daerah. “Makanya aparat Desa juga mesti rutin mensosialisasikan program-program pemda Ciamis utamanya program LTPKD mulai adanya kartu waluya, walagri dan calakan untuk pendidikan, “katanya.

H. Oih juga meminta kepada Sekretaris Desa yang merupakan perangkat paling senior, agar bisa menjabarkan kebijakan kades dan mengkoordinasikan perangkat desa lainnya agar seirama dalam membangun Desa. “Laksanakan tugas dan fungsi sebagai perangkat desa dengan tulus ikhlas jangan bertindak macam-macam, karena sekarang animo masyarakat untuk menjadi perangkat desa sangat tinggi, “ucapnya. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost