Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Bebegig Raih Penghargaan ORI | Lawu Post

Bebegig Raih Penghargaan ORI

Selasa, 20 September 20160 comments

Ciamis (LawuPost) - Anugerah tersebut diberikan pada Rabu (17/8) berbarengan dengan pawai bertajuk ekspos Pariwisata dan Ketahanan Pangan dalam rangka memperingati HUT RI ke 71 di Kecamatan Sukamantri. Pada helaran tersebut sekitar 220 Bebegig Sukamantri dari tujuh dusun yakni dusun Sukamantri satu, Sukamantri dua, Sukamantri tiga, Cigeude, Sukamanah dan Ciacil tampil bersama kreasi seni tradisi khas Kecamatan Sukamantri lainnya seperti calung dan jaipong.

Kepala Seksi Pembinaan Kesenian dan Perfilman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ciamis, H. Dedi “Unay” Kusmana mengatakan, penghargaan yang diberikan Yayasan Original Rekor Indonesia (ORI) merupakan sebuah pengakuan bahwa kesenian Bebegig berasal dari Kecamatan Sukamantri. Penghargaan lain pun diberikan kepada Kepala Desa Sukamantri sebagai pihak yang dinilai peduli dalam melestarikan kesenian Bebegig.

Pihaknya bersama sanggar Baladewa Bebegig Sukamantri akan segera mengajukan hak paten atas Seni Hak Atas Kekayaan Itelektual (HAKI) Bebegig khas Sukamantri, sebagai salah atu Seni Budaya Indonesia yang berasal dari Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis. “Setelah mendapat legalitas dari pemerintah, eksistensi kesenian Bebegig ke depan semakin berkembang dan menjadi ikon parawisata Kabupaten Ciamis. Harapan kami lewat kesenian Bebegig ini dapat mengharumkan nama Kabupaten Ciamis di kancah nasional. Orang bisa mengenal Ciamis salah satunya lewat kesenian Bebegig ini,”jelasnya.

Ketua Umum Panitia Penyelenggara, Upung Purwata Wira Santana menyatakan, Seni Budaya Bebegig adalah jati diri masyarakat Sukamantri. Kata dia, filosofi Bebegig dimaknai dari pohon Kawung yang mana semua bagian dari pohon tersebut bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Sementara itu Ketua Sanggar Bebegig Baladewa Sukamantri, Cucu Panji Suherman mengaku bangga kesenian Bebegig mendapat penghargaan ORI. “Inti bukti bahwa kesenian kita terus eksis dan menjadi ikon Kabupaten Ciamis,”ujarnya.

Melalui eksistensi Sanggar Seni Baladewa Sukamantri yang dimotori oleh Cucu di bawah binaan Kepala Seksi Kesenian dan Perfilman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis H. Dedi Koesmana, Bebegig Sukamantri kerap menjadi langganan pementasan seni di sejumlah daerah seperti di Bali, Purwakarta, Bandung dan sejumlah daerah lainnya, Bebegig Sukamantri mendapat penghargaan ORI serta mewakili Jawa Barat sebagai salah satu seni yang akan dilombakan di tingkat Nasional. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost