Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) BKBPP Kabupaten Ciamis Menggelar LCC dan Permatasanda IMP | Lawu Post

BKBPP Kabupaten Ciamis Menggelar LCC dan Permatasanda IMP

Rabu, 08 Juni 20160 comments

Ciamis, (LawuPost) - Dalam rangka peringatan hari keluarga nasional ke 23 sekaligus memperingati dan memahami Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 374 Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Lomba Cerdas Cermat dan Permatasanda bagi Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) yang dipusatkan di halaman Pendopo dibuka secara resmi oleh Bapak Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifien dengan dihadiri ketua dan anggota DPRD Kabupaten Ciamis unsur Muspida plus para kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Ciamis, Ibu ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis, para Camat dan Ketua TP.PKK Kecamatan, GOW dan kemitraan.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifien menyambut baik kegiatan Lomba Cerdas Cermas dan Permatasanda bagi kader Institusi Masyarakat Pedesaan yang merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Ciamis ke 374. Menurutnya, karena disamping sebagai wahana silaturahmi juga upaya evaluasi para kader mengetahui pengetahuan dan wawasan program khususnya program kependudukan, keluarga berencana dan program pemberdayaan keluarga.

“Tugas seorang kader IMP tidaklah ringan, karena bersama-sama dengan para PLKB merupakan pengelola program KB terdepan dan yang paling dekat dengan keluarga. Bukan hanya pendamping PLKB lebih dari itu peran kader telah menjadi pembina, pengayom dan penggerak kelompok dan masyarakat yang paling depan dalam program KB. Oleh karenanya kader KB senantiasa perlu mendapatkan bekal dan pengetahuan yang cukup tentang program KB khususnya, dan program-program pembangunan lainnya,” kata H. Iing.

Oleh karena itu, lanjut H. Iing, untuk menyikapi perkembangan dan dinamika program KB yang terus berkembang, dukungan yang diperlukan bukan hanya pemenuhan secara fisik material semata melainkan kehandalan sumber daya manusia mengelola KB yang semakin kuat. Dan salah satunya melalui lomba cerdas cermas serta kegiatan yang dikemas dalam bentuk seni, tari dan nada yakni Permatasanda.

“Program keluarga berencana di Kabupaten Ciamis menunjukkan perkembangan yang menggembirakan diantaranya laju pertumbuhan penduduk (LPP) berdasarkan hasil sensus tahun 2010 menunjukan 0,47% yang merupakan tiga Kabupaten yang paling rendah di Jawa Barat. Begitu juga angka kelahiran cenderung menurun setiap tahun, hal ini merupakan hasil kerja keras dan kerjasama semua pemangku kebijakan termasuk para kader KB yang pada akhirnya akan turut meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat.” Katanya.

Dengan lomba cerdas cermas dan permatasanda ini, H. Iing berharap bukan hanya mencari kejuraan semata, tetapi juga proses pembekalan dan wadah sosialisasi program karena program KB setiap waktu mengalami perubahan paradigma sesuai dengan tuntutan jaman seperti slogan KB dari “Dua anak lebih baik” kembali menjadi “Dua anak cukup”.

“Melalui hari keluarga kita tingkatkan kualitas keluarga dalam mewujudkan Indonesia sejahtera, ini dimaksudkan sebagai wahana untuk membangkitkan kembali kemandirian nilai-nilai luhur suatu keluarga. Artinya, bahwa keluarga-keluarga di Indonesia khususnya di Kabupaten Ciamis mampu menjalankan fungsi-fungsi keluarganya secara optimal disamping itu momentum ini bisa meningkatkan kepedulian kita para anggota keluarga mampu berperan sesuai fungsinya masing-masing baik sebagai ayah, ibu ataupun anak sehingga tercipta keluarga kecil bahagia sejahtera dan berkualitas,” tutur H. Iing.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Ciamis, Drs. H. Dondon Rudiana, M.Si mengatakan lomba cerdas cermat institusi masyarakat pedesaan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Ciamis ke 374, dimana kegiatan ini menjadi agenda tahunan.

“Lomba LCC dan Permatasanda IMP tahun ini di kemas dengan label “Geder Simanis 2016” yaitu Gerakan Kader Silaturahim Masyarakat Ciamis tahun 2016 melalui kegiatan Kajar Jakamita (Kader diajar jagoan kampung midang ka kota) atau lomba cerdas cermat IMP dan Permatasanda (pertunjukan masyarakat melalui tari, pesan dan nada) dengan tujuan menyambungkan tali silaturahim bergembira dalam suasana cerita disamping bertukar informasi dan pengetahuan tentang program-program yang dilaksanakan di wilayahnya masih-masing,” tutur H. Dondon.

Dan yang paling utama bagi pihaknya adalah sebagai bahan evaluasi dan merupakan alat ukur keberhasilan pembinaan yang telah dilakukan oleh para UPTD, PLKB maupun TPD sebagai pembina lapangan. Dan pada hari ini pula dipadukan dengan peringatan hari keluarga nasional ke 22 tingkat Kabupaten Ciamis, dengan maksud untuk meningkatkan para mitra kerja program kependudukan dan keluarga berencana yang sampai saat ini makin banyak secara berkesinambungan dan berkelanjutan dengan harapan laju pertumbuhan dan pertambahan penduduk semakin dapat dikendalikan secara bermakna, kata H. Dondon.

“Disisi lain hari keluarga merupakan bentuk apresiasi bagi para pengelola program kependudukan dan KB mulai dari tingkat lapangan serta meningkatkan peran keluarga melalui pelaksanaan 8 fungsi keluarga sebagai dasar ketahanan keluarga yang tangguh dalam membangun ketahanan dan kesejahteraan keluarga,” bebernya.

Ketua panitia kegiatan LCC dan Permatasanda yang merupakan Kepala Bidang Analisa dan Pengembangan Data Program Keluarga Berencana BKBPP Kabupaten Ciamis, Wiwik Dwikoraningsih, SH, MSi seusai kegiatan mengatakan, hasil dari kejuaraan Lomba Cerdas Cermat tingkat Kabupaten Ciamis untuk tahun ini Juara 1 diraih oleh Kecamatan Panjalu, Juara II Kecamatan Cipaku dan Juara III KecamatanCiamis sedangkan untuk Lomba Permatasanda Juara I  diraih Kecamatan Cikoneng, Juara II Kecamatan Panumbangan dan Juara III Kecamatan Panjalu. “Rencananya untuk pembagian hadiah kepada para juara bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang dipusatkan di Taman Raflesia Alun-Alun Ciamis, “kata Wiwik. (Mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost