Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) 480 Siswa SMKN 1 Ciamis Lulus Memuaskan | Lawu Post

480 Siswa SMKN 1 Ciamis Lulus Memuaskan

Rabu, 08 Juni 20160 comments

Ciamis, (LawuPost) - Sebanyak  480siswa SMKN 1 Ciamis tahun ajaran 2015-2016 dinyatakan lulus 100% . 480 lulusan tersebut terdiri dari kompetensi keahlian multimedia 35 orang, kompetensi keahlian akomodasi perhotelan 47 orang, kompetensi keahlian jasa boga 29 orang, kompetensi keahlian akuntansi 154 orang, kompetensi keahlian administrasi perkantoran 119 orang serta kompetensi keahlian pemasaran 96 orang.

Untuk perolehan nilai terbaik gabungan nilari rata-rata raport, ujian sekolah, ujian nasional serta terbaik ujian nasional diraih oleh Estu Ayuning Kunasihdari Jurusan Multi Media dengan jumlah nilai 253.08, Reza Mustopa dari Jurusan Akomodasi Perkantoran dengan jumlah nilai 255.98, Amelia Gustiarizky dari Jurusan Jasa Boga dengan jumlah nilai 253.73, Widani dari jurusan Akuntansi dengan jumlah nilai 270.98, Aning Nurganah dari jurusan ADPER dengan jumlah nilai 268.40 dan AliaGina Oktaviani dari jurusan Pemasaran dengan jumlah nilai 245.25. Sedangkan peraih nilai Ujian Nasional tertinggi oleh Galuh Putra Perdana dari jurusan Akuntansi 2 dengan jumlah nilai 348.1 serta Sri Waesaroh dari jurusan Administrasi Perkantoran 3 dengan jumlah nilai 348.1

Kepala Sekolah SMKN 1 Ciamis, Dra. Hj. Ika Karniati Sardi, MM.Pd selepas prosesi acara pelepasan  siswa siswi tahun ajaran 2015/2016 kepada tim Jaya Pos menegaskan keunggulan SMKN 1 Ciamis memiliki sertifikat ISO untuk menjaga kualitas manajemen dan pendidikan, terakreditasi A untuk semua program keahlian, setiap lulusan  dibekali kemampuan sesuai dengan program kompetensi keahlian selama menimba ilmu di bangku sekolah sehingga lulusannya kelak bisa langsung terserap ke dunia kerja, hal itu tidak terlepas dari gemblengan para guru-guru di SMKN 1 Ciamis yang memiliki sertifikasi international dan berpengalaman. Selain itu, SMKN 1 Ciamis ditunjang sarana dan prasarana yang memadai.

Kabar menggembirakan, kata Ika dari 453 siswa lulusan tahun ajaran  2015/2016 berdasarkan informasi dari Ketua Program Penempatan Bursa Kerja Khusus SMKN 1 Ciamis, Drs. H. Asep Andhika Gantina, dari data sebelum dibuka kelulusan sebanyak 40%  lulusannya langsung diterima bekerja di perusahaan. Diantaranya, BTPN 15 orang, Jogja Depstore 60 orang, PT. Paragon 11 orang, PT. Kahatex 5 orang, Kepolisian 4 orang, Pringsewu 6 orang, Indomarco 7 orang, PT. Indorama 3 orang, Matahari 5 orang serta Mega Baja 3 orang, “kata Hj. Ika.

Prestasi menggembirakan yang diraih siswa siswi SMKN 1 Ciamis baik di bidang akademik maupun non akademik. Dibidang non akademik di tahun ajaran 2015/2016 diantaranya Juara I O2SN Bola Volly Putra, Juara I Tingkat Kabupaten O2SN Bola Volly Putri, Juara I Tingkat Kabupaten Bola Basket Putri, Juara I Tingkat Kabupaten O2SN Catur yang diraih Dewi Siti Aisyah, Juara I Tingkat Priangan Timur O2SN Volly Putra serta lainnya.

Sedangkan untuk bidang akademik diantaranya, Juara II Tingkat Provinsi Olimpiade Sain Nasional SMK yang diraih Desi Rosmayati, Juara I Tingkat Provinsi Lomba Pidato PAI Putri yang diraih Popi Ropikoh, Juara III Tingkat Provinsi LKS Akomodasi Perhotelan yang diraih Muhamad Ali, Juara II Tingkat Provinsi Lomba Debat Bahasa Siswa SMK (Bahasa Korea) yang diraih Anggi Novianti, Juara II Tingkat Provinsi Lomba Debat Bahasa Siswa SMK (Bahasa Indonesia) yang diraih Reza Mustofa, Juara I Tingkat Kabupaten LKS Cooking yang diraih Moch. Danial A, Juara I Tingkat I Tingkat Kabupaten LKS Marketing yang diraih Vina Agustin, Juara I Tingkat Kabupaten LKS Akuntansi yang diraih Widiani, Juara I Tingkat Kabupaten LKS Secretary yang diraih Anisa Nur Fujiawati, Juara I Tingkat Jawa Barat Accounting Competition 2015 atas nama Widani AK1, Galuh Putra Perdana AK 2, Tresna Ayu Fitriani AK 4, Juara I Tingkat Kabupaten LKS Matematika Non Teknologi yang diraih Anisa, Juara I Tingkat Kabupaten LKS Matematika Teknologi yang diraih Diky Nugraha dan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Ciamis, Drs. H. Toto Marwoto, MPd melalui Kasi Sarana SMK, Tamsis Bastaman, saat menghadiri prosesi pelepasan siswa siswi SMKN 1 Ciamis tahun ajaran 2015/2016 di GOR Kampus SMKN 1 Ciamis, beberapa waktu lalu dihadapan para tamu undangan dan orang tua murid serta siswa siswi lulusan, mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih para siswa/siswi tersebut. Meski begitu, Tamsis berharap prestasi tersebut agar lebih ditingkatkan lagi. Karena di Kabupaten Ciamis prosentase siswa yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi masih kalah jika dibandingkan dengan di Bandung dan kota lainnya meskipun diakuinya lulusan dari SMK diprogramkan untuk masuk langsung ke dunia kerja bukan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Menurutnya, keberadaan SMK di Kabupaten Ciamis saat ini masih kurang karena tidak sesuai dengan kebutuhan akan ruang belajar dibandingkan dengan jumlah lulusan dari jenjang SLTP yang setiap tahunnya selalu membludak. Lulusan-lulusan SMK di Kabupaten Ciamis seperti halnya SMKN 1 Ciamis, selalu mendominasi ketersediaan akan bursa lowongan kerja disetiap perusahaan dan industri. Hal tersebut tidak terlepas dari pembekalan yang diberikan sesuai program kompetensi keahlian yang digelutinya selama menimba ilmu di SMKN 1 Ciamis dari bapak dan ibu guru sehingga menghasilkan lulusan yang bisa bersaing tinggi dan berkualitas berlomba secara sehat dengan sekolah lainnya yang berada diluar Kabupaten Ciamis untuk mengisi kekosongan jobs pekerjaan yang ada.

Untuk itu, Tamsis  mengajak kepada para pemangku kepentingan pendidikan, terutama kepada kepala sekolah dan guru untuk dapat memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didik dalam membentuk dan menumbuhkan pola pikir dan perilaku yang berbasis kasih sayang dan toleran terhadap realitas keanekaragaman. Kepada siswa yang telah tamat, Tamsis meminta anak didik kiranya dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang selama ini dimiliki kepada kehidupan masyarakat. (Mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost