Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Asisten Logistik Komandan Lantamal V Tinjau Simulasi Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Dan Evakuasi Korban Kebakaran | Lawu Post

Asisten Logistik Komandan Lantamal V Tinjau Simulasi Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Dan Evakuasi Korban Kebakaran

Kamis, 20 Juli 20170 comments

Lantamal V (LawuPost.Com) Asisten Logistik Komandan Lantamal V Kolonel Laut (T) Sugeng Priyono, S.E.,M.M. meninjau Simulasi Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Dan Evakuasi Korban Kebakaran yang digelar Rumah Sakit Dr. Oepomo Lantamal V, Kamis (20/7).

Kegiatan simulasi ini dilakukan 65 personel Rumkital dr.Oepomo yang mengikuti pelatihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran dan Evakuasi Korban yang dalam beberapa hari ini tengah di gembleng untuk cakap profesional di bidang penanggulangan dan evakuasi korban kebakaran.

Hal ini mereka tunjukkan dalam skenario latihan penanggulangan bahaya kebakaran dan evakuasi korban kebakaran yang dilaksanakan di depan Rumah sakit dr. Oepomo Lantamal V.

Hadir dalam simulasi latihan tersebut, Asisten Logistik Komandan Lantamal V Kolonel Laut (T) Sugeng Priono, S.E., M.M., Karumkit Dr. Oepomo Surabaya, Kadisminpers Lantamal V, Pabanwatpers Spers Lantamal V, dan tamu undangan lainnya.

Dari 65 personel Rumkital dr. Oepomo ini dibagi menjadi
beberapa kelompok, sehingga latihan bisa berjalan sedemikian rupa menyerupai dengan yang sesungguhnya.

Dalam latihan tersebut, diskenarionak telah terjadi kebakaran di area Rumkital dr. Oepomo tepatnya didapur. "Kebakaran,,,, kebakaran,,,, kebakaran,,,," teriak salah seorang yang melihat terjadinya kebakaran.

Mendengar teriakan kebakaran, PK langsung melaporkan ke PKU. Selanjutnya PKU memerintahkan untuk melaksanakan
pemadaman. PT-1 langsung beraksi, melaksanakan pemadaman dengan menggunakan alat pemadamringam, akan tetapi api semakin membesar sehingga PT-1 tidak bisa mengatasinya.

PT-2 melaporkan bahwa ada satu orang yang menjadi korban luka bakar sehingga harus dievakuasi. Dengan sigap, tim evakuasi segera melaksanakan tugasnya, akan tetapi kondisi korban terlihat semakin kritis sehingga minta bantuan ambulan untuk mengevakuasi ke UGD Rumkital dr. Oepomo.

Kebakaran semakin membesar sehingga PKU  meminta bantuan mobil pemadam kebakaran Lantamal V. Dengan sigap, tim pemadam kebakaran segera memadamkan kobaran api yang menghanguskan dapur Rumkital dr. Oepomo. Dalam tempo hitungan menit saja, api sudah berhasil ditaklukkan.

Setelah api berhasil dipadamkan, lagi-lagi tim evakuasi berhasil menemukan satu orang korban yang jatuh karena serangan jantung. Tim kesehatan Rumkital dr. Oepomo langsung melaksanakan pertolongan dengan segera menghubungi UGD Rumkital dr. Oepomo dan memberikan bantuan RJP alias resusitasi jantung paru.

RJP dari segi medis diperlukan untuk mengembalikan kembali fungsi jantung yang terhenti dengan cara melakukan tekanan pada jantung. Dengan cara tersebut, diharapkan jantung akan kembali berfungsi dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Setelah melaksanakan pertolongan pertama, korban langsung dievakuasi dengan menggunakan ambulan ke UGD Rumkital dr. Oepomo untuk dilaksanakan penanganan medis selanjutnya. Tim pemadam kebakaran Lantamal V selanjutnya melaksanakan pembasahan dan menempatkan satu orang personelnya untuk melaksanakan pengawasan.

Demikanlah rangkaian simulasi yang telah dilaksanakan oleh para peserta Gelar operasi dan latihan penanggulangan bahaya kebakaran dan evakuasi korban kebakaran Rumkital dr. Oepomo.

Selesai melaksanakan simulasi latihan, seluruh peserta melaksanakan upacara penutupan yang dilaksanakan di ruang rapat Rumkital dr. Oepomo.(Red)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost