Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) MTsN Ciamis Jaring Siswa SD/MI Berbakat & Berprestasi | Lawu Post

MTsN Ciamis Jaring Siswa SD/MI Berbakat & Berprestasi

Selasa, 16 Mei 20170 comments

Ciamis (LawuPost) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Ciamis Kabupaten Ciamis mengembangkan sistem pembelajaran yang mengintegrasikan semua pengetahuan umum dengan basis keagamaan, adanya keterpaduan pendidikan umum dengan pendidikan agama secara stimultan. Pembelajaran yang diterapkan sesuai  trend sistem pembelajaran modern, yaitu dengan menekankan pembelajaran aktif melalui pembelajaran konstektual teaching and learning dan berkarakter. Hal itu selaras dengan visi MTsN Ciamis mewujudkan madrasah bergenerasi islami, berprestasi, disiplin dan berbudi pekerti.

Hal itu diutarakan Kepala MTs Negeri Ciamis, Drs.H. Dadang Mulyana, M.Pd disela-sela kegiatan ajang pencarian bibit dan silaturahmi yang diikuti SD/MI disekitaran Kecamatan Ciamis. Diakuinya, pada masa sekarang ini kemajuan peradaban manusia ternyata telah banyak membawa problema besar, pengaruh budaya asing yang berdampak negatid terhadap akhlak generasi bangsa. Oleh karena itu, pendidik tidak hanya sekedar menyampaikan ilmu tetapi pendidikan berarti juga sebagai upaya membentuk karakter dan kepribadian yang baik.

Dengan kenyataan tersebut, kata H. Dadang, MTsN Ciamis terus berbenah baik dalam bidang sarana maupun prasarana. Saat ini MTsN Ciamis selain mengadopsi sistem pembelajaran yang menekankan keagamaan di MTsN Ciamis sendiri disediakan kegiatan ekstrakulikuler yang dikembangkan melalui potensi kecerdasan, kesholehan dan keterampilan meliputi olahraga volly ball, futsal, tennis meja, bulu tangkis, sepak bola dan seni beladiri. Pramuka, PMR, KIR, UKS, Paskibra, Pasus, komputer, kesenian, marching band, pembinaan remaja mesjid, dan club mata pelajaran didukung tenaga pendidik dan kependidikan terdiri dari tenaga-tenaga yang profesional di bidang pendidikan, tenaga pendidik berkualifikasi S1 dan S2 kependidikan, tenaga pendidik sudah bersertifikat pendidik sesuai latar belakang pendidikannya, tenaga pendidikan (Tata Usaha) terdiri dari tenaga profesional.

Kenyamanan bersekolah di MTsN Ciamis, tambah H. Dadang, ditunjang dengan fasilitas pendidikan berupa gedung sekolah yang representatif dan milik sendiri ditunjang Laboratorium IPA, Laboratorium bahasa, dan komputer, ruang keterampilan, perpustakaan, moving class dengan PBM berbasis ICT (multimedia), ruang rapat/pertemuan intern, ruang kegiatan kesiswaan (OSIS, Pramuka, BK dan UKS), dan mesjid yang memadai.

Jaring Siswa Berprestasi
Menjelang berakhirnya tahun pelajaran 2016/2017 dan memasuki tahun pelajaran 2017/2018 MTsN Ciamis kembali melakukan penjaring­an siswa berbakat dan ber­prestasi di bidang olahraga dan seni.  Penjaringan dilakukan mela­lui kegiatan berbagai aneka lomba yang diikuti oleh siswa SD/MI disekitaran Kecamatan Ciamis. Materi yang dilombakan pertandingan bola voli, futsal, pidato bahasa Indonesia, MTQ dan lomba Kaligrafi.

H. Dadang menyatakan, kegiatan berbagai lomba ini dilakukan untuk penjaringan bakat dan silaturahim dengan sejumlah Sekolah Dasar serta Madrasah Ibtidaiyah.  Menurutnya, di MTs Negeri Ciamis telah dilaksanakan kelas dengan berbagai program, ada kelas program bina olahraga, seni, bina prestasi serta reguler.  Nantinya, jika terdapat siswa baik dari SD maupun MI yang berprestasi dan melanjutkan ke MTsN Ciamis, tinggal memilih jenis program kelas tersebut. “Dan bagi yang berprestasi baik olahraga dan lainnya akan mendapat beasiswa,” ujarnya seusai pembukaan kegiatan aneka lomba di kampus MTs Negeri Ciamis beberapa waktu lalu. Dia berharap kegiatan ini bisa memotivasi semua siswa agar lebih meningkatkan minat dan bakatnya di berbagai bi­dang akademik maupun non akademik. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost