Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) “UINSA Siapkan Calon Guru Berkualitas” | Lawu Post

“UINSA Siapkan Calon Guru Berkualitas”

Jumat, 07 Oktober 20160 comments

Surabaya (LawuPost) Direktur Perencanaan Strategis dan Operasi USAID Biro Asia, Jeff Cohen, mengunjungi UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya untuk melihat perkuliahan dengan pendekatan pembelajaran aktif di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terkait implementasi program kemitraan USAID dan UINSA, Jumat  (7/10/2016). UINSA dan USAID melalui program PRIORITAS (Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students) sejak tahun 2014 telah bekerja sama untuk meningkatkan kualitas perkuliahan calon guru dan pelatihan guru melalui program yang berbasis praktik.

“Saya melihat perkuliahan bagi mahasiswa calon guru di UINSA memperlihatkan model yang baik bagi mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran aktif. Para mahasiswa tampak terbiasa melakukan kegiatan di kelompok-kelompok kecil, lebih banyak berdiskusi, praktik, mengembangkan hasil karya kreatif, dan universitas ini juga mengembangkan program untuk meningkatkan pengajaran membaca di sekolah-sekolah,” kata Jeff Cohen di sela-sela kunjungannya.

“UINSA berada di jalur yang benar untuk mempersiapkan guru berkualitas di masa depan. Mahasiswa calon guru akan lebih siap untuk menerapkan pembelajaran aktif dan mengoptimalkan potensi murid mereka,” tambahnya.

Sejak kemitraan dengan USAID, UINSA telah melatih lebih dari 50 dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dalam menerapkan perkuliahan dengan pendekatan aktif. Beberapa dosen UINSA juga mengambil bagian dalam kegiatan penelitian dua bulan pada Januari-Februari 2016 untuk belajar tentang pengembangan program praktik mengajar bagi mahasiswa calon guru di Michigan State University (MSU) di Amerika.

Rektor UINSA, Prof Dr H Abd MAg, mengatakan bahwa kerja sama antara UINSA dan USAID telah membantu para dosen untuk meningkatkan kualitas perkuliahan mereka dalam mempersiapkan calon guru yang profesional. “Kami optimis bahwa pendekatan perkuliahan yang kreatif, inovatif, dan lebih banyak praktik dapat memenuhi pendidikan yang berkualitas dan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa di universitas ini,” katanya. (***)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost