Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Wayang Ajen Ajak Generasi Muda Berkarya untuk Negara | Lawu Post

Wayang Ajen Ajak Generasi Muda Berkarya untuk Negara

Selasa, 20 September 20160 comments

Ciamis (LawuPost) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Ciamis serta Kementerian Pariwisata menggelar pergelaran wayang ajen di Alun-alun Ciamis, Sabtu malam hingga Ahad dinihari, 20-21 Agustus 2016. Dalang Ki Wawan Ajen membawakan lakon Satria Panggaluh Nagari.

"Karena (digelar) di Galuh Ciamis, wayang ajen harus update, matching, maka lakonnya Satria Panggaluh Nagari," kata dalang Wawan Ajen, yang memiliki nama Wawan Gunawan, saat ditemui tim Lawu News sebelum pementasan di Taman Raflesia Kabupaten Ciamis, Sabtu (20/8). Menurutnya, wayang ajen diciptakan pada tahun 1999. Wayang ini menggunakan boneka kayu mirip wayang golek. Bedanya, pementasan wayang ajen tersebut kerap berisi lakon persoalan dan tren masa kini.

Contohnya, kata Wawan, lakon Satria Panggaluh Nagari menceritakan seorang kesatria dalam memposisikan dirinya berbakti kepada nusa dan bangsa melalui kinerja nyata dan karya nyata. Kesatria yang mewakili generasi muda itu berkomitmen dan punya kesadaran untuk berbakti dalam kesehariannya. "Bagaimana agar bermaslahat bagi masyarakat," kata Wawan.

Selain itu dalam pementasan, kata Wawan, dalang menyelipkan isu-isu terkini yang terjadi di Indonesia, di antaranya seputar vaksin palsu, Pokemon GO, politik, dan korupsi. Selain itu, disampaikan pula pesan pemerintah kepada masyarakat dan harapan masyarakat kepada pemerintah. "Wayang ajen posisinya di tengah, bisa akomodasi berbagai aspirasi dari masyarakat dan menyampaikan pesan-pesan moral dari pemerintah kepada masyarakat," tuturnya.

Sebelum pementasan wayang ajen, panitia menggelar workshop wayang kepada pelajar tingkat sekolah dasar hingga menengah atas Kabupaten Ciamis. Pelajar dikenalkan dengan wayang dan diperbolehkan memainkan wayang. "Ternyata anak-anak sangat suka wayang," ucap Wawan. Dia berharap pementasan wayang ajen ini bisa merangsang generasi muda Ciamis dalam menyukai wayang. "Ini jadi pancingan agar generasi muda Galuh (Ciamis) suka wayang," ujarnya.

“Saya asli Desa Jayagiri Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis, melalui penampilan wayang ajen ini, semoga dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terutama generasi muda terhadap seni tradisi dan budaya yang ada,”katanya. Menurutnya, wayang ajen diambil dari Bahasa Sunda yang artinya ngajenan. Ngajenan artinya menghargai atau sesuatu yang diberikan penghormatan atau penghargaan. Sehingga lahirnya Wayang Ajen dari proses kesadaran generasi muda pada wayang golek Sunda tradisi yang asli dengan eksplorasi kreatif.

Dari pantauan tim Lawu News pada gelaran acara yang dipersembahkan Disparekraf Kabupaten Ciamis tersebut tampak ribuan masyarakat galuh Ciamis memadati Alun-Alun Ciamis untuk menyaksikan penampilan Wayang Ajen. Saat pementasan, Ki Dalang Ajen, Wawan Gunawan menampilkan wayang bertema Panggaluh Nagari dengan mengangkat isu terkait kekerasan seksual dan tokoh Pamuda Panggaluh Nagari sebagai contoh karakter generasi muda yang menjunjung budaya sebagai landasan pengagas kerja nyata dan menjadi contoh baik yang berpengaruh bagi masyarakat.

Pementasan Wayang Ajen tersebut mendapat animo yang luar biasa dari masyarakat seperti salah satunya Toto (42) yang ditemui saat menyaksikan Ki dalang, Ajen Beraksi dengan wayang berbahan fiberglass tersebut. Kata dia, sudah sangat lama warga Ciamis tidak disajikan hiburan tradisi bernuansa budaya, pementasan ini merupakan hadiah bagi kami. “Antusiasme masyarakat yang hadir membuat pentas wayang masih menjadi salah satu sajian yang wajib untuk dipertahankan dan disajikan secara konsisten oleh pemerintah Ciamis,”ujar Toto. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost