Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) SMPN 1 Cimaragas Siap Mensukseskan Program Adiwiyata | Lawu Post

SMPN 1 Cimaragas Siap Mensukseskan Program Adiwiyata

Jumat, 01 Januari 20160 comments

Ciamis (LawuPost) – Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Dalam pelaksanaannya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bekerjasama dengan para stakeholders, menggulirkan program Adiwiyata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya. Tujuan program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan utama program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Ciamis, Hj. Titin, SH melalui Kepala Bidang Tata Kelola Lingkungan BPLH, Dra. Hj. Endah Anita ketika disambangi tim Lawu News seputar program Adiwiyata di Kabupaten Ciamis.

Keuntungan mengikuti program Adiwiyata, kata Hj. Endah, diantaranya meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya, meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya dan energi, meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah. Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah, meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif di masa yang akan datang, menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar serta mendapat penghargaan Adiwiyata.

Beberapa waktu lalu pihaknya,kata Hj. Endah, dari 5 sekolah yang dikirimkan untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional tersebut diantaranya SMPN 1 Cimaragas, SMPN 1 Cipaku,  SMPN 5 Ciamis, MTs N Cijeungjing dan SDN 3 Cigembor. Dan berita gembiranya dari 5 sekolah tersebut keluar mendapat nominasi Adiwiyata nasional sebanyak 4 sekolah. Ke 4 sekolah tersebut di jenjang SD diraih oleh SDN 3 Cigembor, jenjang SMP diraih oleh SMPN 1 Cimaragas, SMPN 5 Ciamis dan MTs N Cijeungjing.



Salah satu sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata tingkat nasional, SMPN 1 Cimaragas yang terletak di Jl. Raya Cimaragas No.262 Ciamis Kabupaten Ciamis ketika dihubungi tim Lawu News, Kepala SMPN 1 Cimaragas, Asep Iskandar, S.Pd melalui Koordinator Adiwiyata SMPN 1 Cimaragas Didin Saepudin, S.Pd membenarkan bahwa pihaknya berhasil keluar sebagai penerima penghargaan Adiwiyata tingkat nasional bersama-sama empat sekolah lainnya di Kabupaten Ciamis.

Program Adiwiyata di SMPN 1 Cimaragas, kata Didin sangat berguna dalam mendorong para siswa untuk lebih memahami kondisi lingkungan dan pentingnya lingkungan yang sehat serta nyaman baik di sekolah maupun dirumahnya karena dengan lingkungan yang sehat, lingkungan yang nyaman minimal warga sekolah bisa tenang dan nyaman dalam proses belajar dan mengajar. ”Kebiasaan untuk menjaga lingkungan menyayangi tanaman serta berpola hidup sehat sudah tertanam dan menjadi budaya warga SMPN 1 Cimaragas,” kata Didin.

Dengan Adiwiyata diharapkan bisa menjadi suatu media bagaimana menerapkan pendidikan lingkungan hidup kepada para siswa. Sehingga anak-anak dengan dibekali pendidikan lingkungan hidup mereka bisa menyebarluaskan kepada masyarakat maupun kepada keluarganya dirumah, kata Didin.

Didin menambahkan, indikator penilaian dari pemerintah terhadap SMPN 1 Cimaragas tentang keberhasilan bagaimana cara mengelola bank sampah dari yang tidak berguna menjadi suatu hal yang sangat berguna dan bermanfaat. Selain itu didukung pekarangan yang luas ditanami pepohonan yang membuat udara di sekitar kampus SMPN 1 Cimaragas menjadi sejuk sehingga menambah kenyamanan warga sekolah dan utamanya kesadaran warga sekolah sendiri untuk berperilaku hidup sehat. (mamay/dian/tika)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost