Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Irigasi Dibersihkan, Dukung Swasembada Pangan | Lawu Post

Irigasi Dibersihkan, Dukung Swasembada Pangan

Minggu, 03 Januari 20160 comments

Cicalengka (LawuPost) Upaya mewujudkan swasembada pangan dan ketahanan Pangan terus dilakukan di wilayah Kodam III/Siliwangi. Hal tersebut diantaranya dilakukan di Koramil 0903/Cicalengka Kodim 0609/Kabupaten Bandung. Danramil 0903/Cicalengka Kapten Inf Aman Rohman bersama anggotanya bergabung dengan masyarakat melaksanakan karya bhakti membersihkan irigasi dan saluran Air Desa sepanjang 750 m yang mengairi sawah di Kampung Paslon Rt 04 Rw 01 Desa Ciherang Kecamatan Nagreg Kab.Bandung.  (2/1).

Irigasi ini adalah salah satu irigasi yang ada di Desa Ciherang untuk mengairi sawah, sehingga irigasi ini sangat dibutuhkan untuk pengairan sawah wilayah di Desa Ciherang Kecamatan Nagreg. “Saat sekarang waktunya para petani menggarap sawah karena musim penghujan sudah tiba” ujar Danramil Cicalengka. Kapten Inf Aman Rohman.

Menurut nya pembersihan irigasi sangat perlu untuk menperlancar air, dan diharapkan setelah irigasi di bersikan dan air lancar panen padi yang akan datang bisa lebih baik, sehingga d.pat mendukung upaya swasembada pangan.

Kapten Inf Aman Rohman selaku Danramil 0903/Cicalengka berharap kegiatan karyabakti dapat lebih menjalin Soliditas TNI –Rakyat “Semangat gotong royong membersihkan irigasi ini untuk membantu masyarakat dan harus terus dilakukan sehingga tercipta soliditas yang semakin kokoh antara TNI dan masyarakat.” harap Aman Rohman.

Menurutnya pembersihan irigasi tanpa adanya dukungan dari semua pihak tentunya tidak akan berjalan dengan lancar. Karya Bhakti menjadi salah satu sarana untuk terus membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan masyarakat sekaligus memberikan pengetahuan.

“Komunikasi yang baik dengan masyarakat harus terus dijalin sehingga bisa mempermudah dalam menjalankan tugas dan informasi juga akan dapat diterima dengan baik,” katanya.

Kegiatan ini di ikuti oleh 10 orang Anggota Koramil 0903/Cicalengka, Kepala Desa dan  10 orang perangkat Desa Ciherang, 5 orang Satpol PP Kecamatan Nagreg, 100 orang masyarakat sekitar dan 50 orang Anggota Yonif Linud 330. 

Sedangkan pada hari yang sama, di Koramil 0909/Pamempeuk  Kodim 0609/Kabupaten Bandung,  Serma Yoyo Sunaryo Anggota Babinsa Koramil 0909/Pamempeuk  melakukan pendampingan terhadap Kelompok Tani Sumber Rejeki 3,  diantaranya pengecekan lahan tanaman padi jenis ciherang  bertempat di Kampung Malakasari Desa Patrol Sari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung di lahan Sawah seluas 1 ha.

Kemudian, di Kampung Pasanggrahan Kelurahan Cibuni Geulis Kecamatan Bungur  Sari Kabupaten Tasikmalaya, Babinsa Koramil 1202/Indihiang Kodim 0612/Tasikmalaya Serma Ading, melakukan pendampingan penanaman padi terhadap Kelompok Tani Pasanggrahan, yang di Ketuai Bapak Abudin, pada Lahan Seluas lebih kurang 20 Hektar. Jenis Padi yang di tanam adalah Jenis Ciherang dengan mengunakan Pupuk Urea dan NPK .(Pendam III/Siliwangi/Rega)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost