Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Lulusan SMKN 2 Ciamis Diminati Perusahaan dan Pelaku Industri | Lawu Post

Lulusan SMKN 2 Ciamis Diminati Perusahaan dan Pelaku Industri

Selasa, 09 Juni 20150 comments

Ciamis (Lawu Post) Senyum kebahagiaan terpancar dari wajah para siswa siswi SMKN  2 Ciamis yang telah selesai menempuh pembelajaran selama di bangku sekolah dengan hasil yang patut membanggakan sekolah dan guru. Mengapa tidak, semua siswa yang menuntut ilmu di sekolah itu dinyatakan semuanya lulus, bahkan beberapa diantaranya telah diterima di berbagai perusahaan dan industri, meskipun kelulusan belum dibuka. Dari 416 siswa yang diluluskan terdiri dari program kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan 59 siswa, Kompetensi Keahlian Teknik Kontruksi Batu dan Beton 23 siswa, Kompetensi Keahlian Teknik Furniture 26 siswa, Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan 126 siswa, Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan 121 siswa da Kompetensi Kehalian Teknik Komputer dan Jaringan 61 siswa.

Pihak SMKN 2 Ciamis melalui Ketua Koordinator BKK SMKN 2 Ciamis, Ugi Sugianto mengklaim bahwa 60 persen lulusannya sudah terserap ke berbagai perusahaan dan industri. SMKN 2 Ciamis yang beralamat di Jalan Sadananya Kabupaten Ciamis  dalam rangka menyerap setiap lulusannya di dunia kerja baru-baru ini selesai menggelar seleksi seputar informasi lowongan kerja yang menghadirkan beberapa perusahaan diantaranya dari  PT Astra Daihatsu Motor, PT JIAEC (program magang di Jepang), PT Denso, PT Suzuki Indomobil Motor, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT GS Battery, PT Adhimix Precast Indonesia, PT OTICK Indonesia, BTPN Syariah dan PT Wester Digital Malaysia, PT Paragon Technology dan Inovation, PT Inti Ganda Perdana dan PT Takaci Sari Mulia Motor.

Kepala SMKN 2 Ciamis, Drs. Asep Agus, MM membenarkan adanya kegiatan seleksi penerimaan calon pegawai yang datang dari beberapa perusahaan untuk menggelar seleksi di SMKN 2 Ciamis. Menurutnya program penjaringan dari beberapa perusahaan ini merupakan agenda tahunan BKK SMKN 2 Ciamis yang sudah terjalin dengan mitra-mitra perusahaan yang memanfaatkan setiap lulusan dari SMKN 2 Ciamis. Baru-baru ini seleksi diadakan oleh PT Astra Daihatsu Motor, PT JIAEC (program magang di Jepang), PT Denso, PT Suzuki Indomobil Motor, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT GS Battery, PT Adhimix Precast Indonesia, PT OTICK Indonesia, BTPN Syariah dan PT Wester Digital Malaysia diikuti kelas XII dan alhamdulillah sekitar 60% dari total seleksi tersebut sudah diminta oleh pihak perusahaan untuk ditempatkan di perusahaannya. “Kepercayaan perusahaan terhadap lulusan SMKN 2 Ciamis dengan setiap tahunnya menggunakan jasa dari setiap lulusan untuk ditempatkan diperusahaannya, padahal anak-anak tersebut masih menempuh jenjang pendidikan yang tinggal tersisa beberapa bulan lagi, jadi memang anaknya belum lulus tapi sudah diminati oleh dunia usaha dan industri. Dan informasi saat ini 60% siswa tahun ajaran 2014/2015 sudah diterima bekerja diberbagai perusahaan dan industri, “kata Asep Agus.

Lulusan SMK, kata Asep Agus, memang disiapkan untuk terjun ke dunia kerja, berwiraswasta dan selebihnya melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Sehingga dalam prosesnya tidak hanya dalam kemampuan akademik dan keterampilan saja melainkan segi kedisiplinan pun jadi perhatian utama sekolah. Hal ini untuk mengimbangi tuntutan dunia kerja yang membutuhkan tenaga kerja terampil dan disiplin. “Alhamdulillah lulusan-lulusan dari SMKN 2 Ciamis bisa bersaing di dunia kerja dan bisa diandalkan di perusahaannya bahkan diantaranya sudah menjabati posisi-posisi strategis di perusahaannya dan sebagian lagi ada yang berwiraswasta sesuai dengan kompetensi keahlian yang digelutinya selama dia menimba ilmu pendidikan di SMKN 2 Ciamis, ”kata Asep Agus.

Saat ini SMKN 2 Ciamis tersedia program kompetensi keahlian diantaranya Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Kontruksi Batu (TKB), Teknik Gambar Bangunan (TGB), Teknik Permesinan dan Teknik Furniture. Diakuinya, manajemen yang dilaksanakan di SMKN 2 Ciamis mengacu kepada sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 yang senantiasa setiap tahun di audit lembaga sertifikasi profesi, hal ini dilakukan sebagai pengakuan dari pihak eksternal terhadap mutu pendidikan disekolah. Ini artinya bahwa seluruh kegiatan senantiasa dievaluasi diperbaiki secara terus menerus dan dikendalikan.

Untuk itu pihaknya menggandeng mitra-mitra sekolah dalam penyaluran setiap lulusannya untuk ditempatkan diberbagai perusahaan dan industri. Mitra-mitra sekolah itu diantaranya PT Astra, Honda Motor, Daihatsu Motor, PT Paragon, PT. Denso Indonesia, PT Lucky Print Textile Abadi dan PT Mahameru.  “Produk dan jasa yang dihasilkan SMKN 2 Ciamis meliputi pelayanan penyediaan barang jasa diantaranya tekhnik furniture yang saat ini setiap tahunnya selalu kebanjiran pesanan untuk pengadaan sarana meja kursi selain mesin pencacah limbah hasil kreasi dari anak-anak permesinan, “kata Asep. 

Salah satu orang tua murid, Apud Saripudin (46)  warga Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis ketika ditanya tim Lawu News, perihal motivasi menyekolahkan anaknya di SMKN 2 Ciamis, mengatakan bahwa kepercayaan dirinya untuk menyekolahkan anaknya di SMKN 2 Ciamis didasari atas kemauan dari anaknya sendiri,  dan diakuinya anak pertama Apud Saripudin sendiri (Imas) (19)  merupakan salah satu alumni dari SMKN 2 Ciamis jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Menurut Apud, berbekal keterampilan yang dimiliki anaknya ketika menimba ilmu di SMKN 2 Ciamis saat ini (Imas) dirumahnya bisa memberikan kursus komputer kepada anak-anak SD. “Hal tersebut tentu sangat menggembirakan bagi kami kedua orangtuanya dan tentu saja selain itu Imas bisa  mempunyai bekal, “kata Apud. 

Hal yang sama diutarakan salah satu peserta seleksi recrutmen tenaga kerja PT JIAEC selepas mengikuti test beberapa waktu lalu, Dadang (18), merasa bersyukur dengan digelarnya seleksi dari beberapa perusahaan yang bertempat di kampus SMKN 2 Ciamis. Dirinya berharap, bisa lolos dalam ajang seleksi ini untuk menjadi karyawan di PT JIAEC dan dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada koordinator BKK SMKN 2 Ciamis dalam hal ini Ugi Sugianto yang telah memberikan informasi terus menerus tentang peluang-peluang kesempatan kerja dari beberapa perusahaan dan industri yang bekerjasama dengan pihak SMKN 2 Ciamis. Hal senada diungkapkan Asep (18). Menurutnya, informasi seputar adannya seleksi ini tidak lepas dari peran BKK SMKN 2 Ciamis. 

Selain keterserapan lulusannya ke bursa kerja berbagai prestasi akademik maupun non akademik ditorehkan SMKN 2 Ciamis. Prestasi tersebut diantaranya, Lomba Cerdas Cermat Polres Ciamis SMA/Sederajat Se-Kabupaten Ciamis Juara Ke-1 Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2015. Fighting Ability Among Club Memeber KS Hig School Futsal Seri 5 Juara Ke-1 Tingkat Kabupaten Tahun 2015 dan lainnya.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Ciamis, Drs. H. Toto Marwoto, MPd mengapresiasi keberhasilan yang diraih SMKN 2 Ciamis. H. Toto mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih para siswa/siswi tersebut. Meski begitu, dirinya berharap prestasi tersebut agar lebih ditingkatkan lagi. Diakuinya lulusan dari SMK diprogramkan untuk masuk langsung ke dunia kerja bukan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi meskipun sekarang banyak anak-anak lulusan SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Menurutnya, Lulusan-lulusan SMK di Kabupaten Ciamis seperti halnya SMKN 2 Ciamis, selalu mendominasi ketersediaan akan bursa lowongan kerja disetiap perusahaan dan industri. Hal tersebut tidak terlepas dari pembekalan yang diberikan sesuai program kompetensi keahlian yang digelutinya selama menimba ilmu di SMKN 1 Ciamis dari bapak dan ibu guru sehingga menghasilkan lulusan yang bisa bersaing tinggi dan berkualitas berlomba secara sehat dengan sekolah lainnya yang berada diluar Kabupaten Ciamis untuk mengisi kekosongan jobs pekerjaan yang ada.

Untuk itu, H. Toto mengajak kepada para pemangku kepentingan pendidikan, terutama kepada kepala sekolah dan guru untuk dapat memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didik dalam membentuk dan menumbuhkan pola pikir dan perilaku yang berbasis kasih sayang dan toleran terhadap realitas keanekaragaman. “Pembangunan bidang pendidikan kini menjadi salah satu pilar terpenting di Kabupaten Ciamis sehingga pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab yang besar. Maka itu mari kita dukung bersama seraya mewujudkan Kabupaten Ciamis yang religius sehat cerdas dan mandiri, ”kata H. Toto. Kepada siswa yang telah tamat, H. Toto meminta anak didik kiranya dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang selama ini dimiliki kepada kehidupan masyarakat. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost