Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Keberadaan PKK ditengah-tengah masyarakat sangat besar peranannya | Lawu Post

Keberadaan PKK ditengah-tengah masyarakat sangat besar peranannya

Selasa, 30 Juni 20150 comments

Simalungun (Lawu Post) Keberadaan PKK ditengah-tengah masyarakat, sangat besar peranannya dalam membantu mensukseskan program pemerintah, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui 10 program pokok PKK. Hal itu dikatakan Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Drs Gidion Purba MSi di acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Latihan Pengelolaan dan Penyusunan Program (LP3) PKK, bertempat di balei Harungguan Djabanten Damanik, Jum’at 19/06/2015.

Bupati berharap Tim Penggerak (TP) PKK dalam melaksanakan gerak pengabdiannya kedepan agar terus meningkatkan peranan yang lebih konstruktif kepada anggotanya terlebih kepada keluarganya sendiri dan dapat berkontribusi dalam melindungi, memberdayakan dan memajukan perempuan.
TP PKK merupakan mitra pemerintah yang langsung keakar rumput yaitu sampai ke nagori/kelurahan, oleh karena itu Bupati berharap, program-program yang ada dalam PKK harus lebih dioptimalkan hingga ke nagori-nagori seperti dasa wisma. Program ini dinilai sangat baik terutama dalam mengidentifikasi berbagai permasalahan ditengah-tengah masyarakat.

Bagi peserta yang telah mengikuti seluruh pelatihan dan seluruh rangkaian kegiatan, Bupati mengharapkan dapat meningkat wawasan dan pengetahuannya, sehingga kaum perempuan dapat menjadi bagian dari pembangunan dan bagian dari solusi bukan bagian dari masalah.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ny Erunita JR Saragih dalam sambutannya mengatakan bahwa, pelatihan yang dilaksanakan bagi para pengurus TP PKK Kabupaten, kecamatan, nagori maupun kelurahan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi para ibu-ibu PKK sebagai kesiapan dan penguasaan dalam memberhasilkan gerakan PKK di wilayahnya masing-masing, sehingga keberadaan PKK dapat lebih bermanfaat di tengah-tengah masyarakat.

Erunita mengatakan bahwa, di tahun 2015 program kerja TP PKK salah satunya melaksanakan kunjungan kerja ke nagori. Hal tersebut untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di nagori. Hasil dari kunjungan tersebut direkafitulasi dan diserahkan kepada Bupati Simalungun dan kepada Ketua DPRD agar dapat ditindak lanjuti dan diprogramkan pada tahun 2016 mendatang.

Disamping itu, Erunita juga mengharapkan kepada kader PKK di kecamatan dan nagori untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015 mendatang, mari kita membantu menghayo-hayokan masyarakat untuk dating ke TPS dan tidak golput agar pelaksanaan pesta demokrasi tersebut berjalan dengan baik, lancer dan kondusif.

Sebelumnya, Dra Misliani Saragih selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan bahwa dalam rangka HKG PKK ke 43, TP PKK Kabupaten Simalungun telah melaksanakan kegiatan di berbagai kecamatan pada bulan Mei 2015 lalu dan melaksanakan LP3PKK bagi  pengurus TP PKK kabupaten, kecamatan, nagori/kelurahan dengan peserta sebanyak 677 orang.

Materi yang disajikan kepada peserta LP3PKK adalah hasil rapat konsolidasi PKK tahun 2014 dan prioritas program nasional yang terdiri dari bidang kesekretariat dan bidang kelompo kerja (pokja) I s/d IV. Nara sumber berasal dari TP PKK Kabupaten Simalungun yang telah mendapat pembekalan sebelumnya dari TP PKK Sumut.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Ny Erunita JR Saragih menyerahkan hasil rekapitulasi indentifikasi permasalahan yang ada di nagori saat melakukan kunjungan pada bulan Mei lalu kepada Bupati yang diterima oleh Sekda dan kepada Ketua DPRD yang diterima oleh Sekretaris Dewan Eka Hendra SSos. Pemberian piagam penghargaan kepada dua orang kader PKK yang telah mengabdi selama 30 tahun sebagai kader posyandu yaitu Kartian Purba dan Romli Damanik, keduanya dari Nagori Dolok Saribu Kecamatan Silimakuta.

Ketua TP PKK didampingi Sekda, Sekwan, wakil ketua TP PKK Ny Rut Gidion Purba juga menyerahkan bantuan kepada kelompok PKK hasil identifikasi permasalahan yang dilakukan TP PKK Kabupaten Simalungun pada bulan Mei lalu yaitu Bola Volly, Alat Pemainan Edukasi (APE) peralatan pembuatan dan memasak keripik, Tampah dan alat pemotong keripik, tikar, mobile PAUD dan mixer.(M.Parulian Doloksaribu/Hotbi Sianturi)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost