Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Bakamla RI Gelar Operasi Bersama ABF di Perbatasan Indonesia-Australia | Lawu Post

Bakamla RI Gelar Operasi Bersama ABF di Perbatasan Indonesia-Australia

Rabu, 21 September 20220 comments

Kupang (LawuPost.Com) Bakamla RI/Indonesia Coast Guard. Bakamla RI melalui unsur KN Pulau Dana-323 laksanakan operasi Gannet 6/22 di perairan perbatasan Indonesia-Australia, Rabu (21/9/2022) 

Operasi Gannet 6/22 ini merupakan salah satu bentuk dari komitmen Indonesia dan Australia dalam melindungi masing-masing wilayah perairannya. Selain Bakamla turut terlibat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) bersama The Australian Border Force (ABF), dan Australian Fisheries Management Authority (AFMA). 

Adapun tujuan utama dari operasi Gannet 6/22 ini adalah mendeteksi, menangkal dan menangani berbagai aktivitas ilegal di perairan perbatasan Indonesia Australia, serta mengembangkan kerja sama lebih lanjut antar instansi terkait dari Indonesia dan Australia.

Fokus utama pada operasi kali ini adalah IUU Fishing, perlindungan lingkungan, serta kejahatan antar negara yang terorganisir lainnya yang terjadi pada wilayah operasi bersama. 

Selain itu, daerah operasi juga diketahui sebagai jalur penyelundupan manusia dengan rute pantai Selatan Pulau Saumlaki, dan penyelundupan barang-barang terlarang seperti narkoba, ballpress, dan minuman keras. 

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melalui Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Bambang Irawan, S.E., M.Tr.Opsla pada (20/9) secara resmi melepas keberangkatan KN Pulau Dana-323 dari Pondok Dayung Jakarta menuju titik Rendezvous (RV) yang telah disepakati bersama.

Operasi akan berlangsung selama beberapa minggu kedepan. Dan kapal ini dilengkapi dengan meriam 30 mm, senjata mesin berat kaliber 12,7 mm dan senjata ringan personel DSAR-15P kaliber 5,56. Sebagai Komandan kapal adalah Letkol Bakamla Hananto Widhi Nugroho. S.E.,M.Si.


Autentikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost