Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) 55 Taruna AAL Tingkat IV Dilibatkan dalam Latopslagab 2020 | Lawu Post

55 Taruna AAL Tingkat IV Dilibatkan dalam Latopslagab 2020

Jumat, 11 September 20200 comments


Surabaya (LawuPost.Com)
Sebanyak 55 Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-66 Korps Pelaut dan Korps Elektronika dilibatkan dalam Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab 2020) yang digelar Komando Armada ll.

55 Taruna Taruni AAL yang terdiri dari 41 diantaranya Korps Pelaut dan 14 Korps Elektronika tersebut, pada hari Jumat (11/9) ini ditempatkan menyebar di unsur KRI yang terlibat latihan, yaitu di  KRI DPN, KRI REM, KRI AMY dan KRI MAKASSAR.

Pada sekenario latihan hari ini, saat unsur-unsur Kogaslagab sedang berlayar dalam Konvoi di Perairan Laut Bali, Radar udara KRI REM-331 mendeteksi 2 kontak udara bergerak dengan kecepatan tinggi menuju Konvoi.

Mengetahui hal tersebut, unsur konvoi segera melaksanakan interogasi menggunakan IFF dan dikenali sebagai 2 pesawat tempur musuh yang akan menyerang Konvoi Kogaslagab.

Situasi ini segera dilaporkan oleh Komandan KRI REM-331 Kolonel Laut (P) Lukman Kharis selaku Anti Air Warfare Commander (AAWC) kepada Pangkogaslagab.

Pangkogaslagab yang juga Danguspurla Koarmada ll, Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo segera  perintahkan semua unsur Kogaslagab yaitu KRI REM, KRI DPN, KRI YOS, KRI AMY, KRI KKP, KRI KPL, KRI SGG, KRI MKS dan KRI NPS untuk meningkatkan derajat ancaman bahaya udara dan melaksanakan Anti Ship Missile Defense.

2 jet tempur musuh bergerak semakin mendekat dan memasuki coverage Surface to Air Missile (SAM) VL-MICA KRI REM-331, maka dilaksanakan penembakkan
2 SAM terhadap sasaran dimana 1 Jet Fighter musuh terlihat meledak di udara.

Namun, 1 Jet berhasil menghindar dan bergerak kembali menyerang KRI REM-331 dengan menembakkan 1 rudal yang dapat dihancurkan oleh CIWS Millenium Gun 35mm,  2 SAM VL MICA ditembakkan kembali dan berhasil mengenai sasaran 1 jet tempur musuh dan hancur.

Menurur Pangkogaslagab, alut latihan diatas merupakan salah satu bagian dari skenario latihan Kogaslagab TA. 2020 yang bertujuan untuk melatih kerjasama taktis antara unsur kapal permukaan, kapal selam dan Pesud TNI AL.

Latihan ini juga kerjasama antara kapal permukaan dan Pesud TNI AU sesuai perintah Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M. selaku Dirlat Latopslagab 2020 pada upacara pemberangkatan gugus tugas latihan pada hari Rabu (9/9) lalu. ***



Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Dewi / Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost