Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) PRAJURIT DAN PNS BESERTA KELUARGA LANAL YOGYAKARTA NYAKSIKAN LANGSUNG SIARAN VIRTUAL PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2020 | Lawu Post

PRAJURIT DAN PNS BESERTA KELUARGA LANAL YOGYAKARTA NYAKSIKAN LANGSUNG SIARAN VIRTUAL PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2020

Minggu, 31 Mei 20200 comments

YOGYAKARTA (LawuPost.Com)  Segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bersama keluarga besar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II, menyaksikan langsung siaran virtual rangkaian upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 dipimpin Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo pada Senin pagi (1/6).

Selaku penyelenggara upacara peringatan secara nasional oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan mengusung tema "Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju", dimana pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung di tengah wabah virus Corona atau Covid-19 pelaksanaan sangat terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19, untuk itu dilaksanakan melalui siaran virtual secara langsung atau online.

Pelaksanaan mengikuti jalannya upacara peringatan secara virtual dari siaran langsung TVRI oleh segenap prajurit, PNS beserta keluarga besar Lanal Yogyakarta berdasar telegram Panglima TNI No : B/1878-08/01/Spers tanggal 28 Mei 2020 dan telegram Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) No :121/Spers/0520 tanggal 29 Mei 2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020.

Secara langsung prajurit dan PNS beserta keluarga besar Lanal Yogyakarta menyaksikan siaran TVRI mulai pukul 07.50 sampai dengan pukul 08.20 Wib, dilaksanakan antara lain bertempat di Mako Sementara Lanal Yogyakarta Jl. Wiyoro 21 Banguntapan Bantul, Mako Lanal Yogyakarta Jl. Melati Wetan 62 Baciro Yogyakarta, Kantor Denpomal, Balai Kesehatan (BK) dan Mess Jalaputra Jl. Bintaran Kidul 14 Mergangsan Yogyakarta, Rumah Jabatan (Rumjab) Danlanal Yogyakarta Jl. Affandi 29 Gejayan Yogyakarta, Posal jajaran Lanal Yogyakarta yakni Posal Sadeng Kab. Gunungkidul, Posal Samas Kab. Bantul, Posal Karangwuni Kab. Kulonprogo serta di rumah masing-masing prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta dengan susunan acara peringatan adalah pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A, Pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani NK., S.I.Kom, Pidato Kenegaraan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo, Pembacaan Doa oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia Dan Budaya Prof. Dr. Muhajir Effendi, M.A.P dan penutup.

Beberapa hal pokok dalam pidato kenegaraan Presiden RI antara lain disampaikan bahwa upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 ini di tengah Pandemi Covid 19 menjadi uji daya juang, perjuangan, disiplin, patuh, dan ketenangan dalam mengambil kebijakan, Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menghadapi semua tantangan bangsa, nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan kita, seluruh elemen bangsa untuk memperkokoh persatuan, persaudaraan, saling tolong dan gotong royong dan tetap optimis menjadi bangsa yang kuat dan mandiri dalam menghadapi tantangan tahun ini dan tahun depan menghadapi masa sulit, kita sebagai bangsa besar harus tampil sebagai pemenang, harus berkreasi, inovasi ditengah pandemi Covid 19, dan mari perkokoh persatuan, berbagi kepada sesama, bersatu dan saling peduli.

Rangkaian mengikuti upacara peringatan tersebut merupakan keputusan pemerintah RI dan perintah Komando Atas (Kotas) untuk selanjutnya, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro memerintahkan kepada segenap prajurit dan PNS beserta keluarga besar Lanal Yogyakarta untuk wajib mengikuti jalannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020, baik melalui siaran langsung dari kanal Youtube BPIP, Instagram BPIP dan siaran langsung TVRI dimana berada baik saat kantor, ruang kerja, rumah atau tempat tinggal masing-masing dan pelaksanaan atas perintah tersebut akan dilaksanakan pengecekan serta pelaporan kegiatannya. ***


Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Dewi / Wahyudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost