Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi | Lawu Post

Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi

Sabtu, 02 November 20190 komentar

Resensi buku 

Judul buku : Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi
Penulis : M. Taufik, S.H., M.H. dan tim
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
Penerbit : Baskara Media 
Cetakan : Pertama, Juli 2018 
Tebal buku : 382 halaman
Peresensi : Ainun Nabila 

Buku ini membahas banyak hal tidak hanya tentang nilai-nilai dasar Pancasila namun juga  hal- hal yang lainnya, seperti contoh : hubungan pancasila dengan UUD 1945,pancasila sebagai sistem filsafat,peran tokoh ulama dalam sejarah perjuangan pancasila dan sebagainya.  

Dengan dilengkapi dengan 11 bab, pembaca bisa mengetahui, memahami dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari – hari . 

Buku ini sangat cocok untuk pemula maupun pemuda yang mana pemuda saat ini mempunyai kesadaran yang rendah untuk mengamalkan nilai- nilai pancasila. Di dalam bab buku ini juga menjabarkan hubungan Agama dan Pancasila. Pada bab ini dijelaskan bahwa Pancasila telah memberikan guidance soal relasi Agama dan Negara secara universal yang berarti Pancasila memang telah dirancang untuk mengakomodir segala problematika dan keberlangsungan hidup agama-agama di Indonesia dalam kaitannya dengan kebangsaan dan kenegaraan. Maka dari itu Pancasila itu sangat berarti dalam kehidupan social maupun kehidupan beragama. 

Buku ini mampu memberikan pelajaran positif bagi masyarakat maupun mahasiswa / pemuda masa kini yang mana pemuda masa kini lah yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Tidak hanya itu pada buku ini terdapat bab yang membahas kehidupan islam dan toleransi beragama. Bab ini menjelaskan bahwa Islam itu menghargai dan menghormati semua manusia sebagai hamba Allah, baik mereka muslim maupun non-muslim. Di hadapan Allah semua manusia itu sama ,yang membedakan hanyalah ketaqwaannya. Di bab ini juga dilengkapi dengan hadist dan surat- surat Al- Qur’an yang membuat pembaca menjadi semakin yakin. Di dalam buku ini juga dijelaskan mengenai pancasila sebagai etika politik yang bertujuan untuk menjelaskan mana etika politik yang benar dan salah.

Kekurangan buku ini terletak pada pemilihan kata yang kurang pas sehingga terkadang membuat bingung para pembaca untuk memahami secara penuh terutama pembaca pemula. Namun buku ini memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan dari buku ini yaitu pada bab tertentu terdapat penambahan Hadist dan ayat-ayat Al – Qur’an yang menyangkut dengan Pancasila lingkup agama dan membuat pembaca yakin bahwa pancasila itu tidak hanya berhubungan dengan hukum saja namun pancasila juga berhubungan dengan agama. Disetiap bab yang ada di dalam buku ini memiliki informasi yang rinci dan detail.

___________________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Artikel Kiriman : Ainun Nabila 
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost