Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Prajurit Satgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Gelar Posyandu di Pedalaman Papua | Lawu Post

Prajurit Satgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Gelar Posyandu di Pedalaman Papua

Selasa, 10 September 20190 comments

Merauke (LawuPost.Com) Rabu, 11 September 2019).  Sebagai wujud kepedulian kepada pertumbuhan dan gizi balita serta ibu hamil, Prajurit TNI Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) menggelar kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan pengobatan gratis di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (10/9/2019).

Wadansatgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang mengatakan bahwa Posyandu yang dilaksanakan di pedalaman Papua merupakan salah satu layanan kesehatan bagi ibu dan anak melalui penimbangan, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.  “Kegiatan seperti ini penting dilakukan bagi anak-anak agar asupan gizi dan nutrisinya terjamin, apalagi daerah pedalaman seperti di Papua,” ungkapnya.

Menurut Mayor Inf Ilham Datu Ramang, manfaat dari Posyandu yang digelar Pos Kout bekerjasama dengan Puskesmas Sota  dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Rawa Biru ini untuk memperkuat daya tahan tubuh bagi balita dari serangan virus maupun kuman, menjaga balita agar tetap sehat dan selalu ceria. Sementara bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan dan kesehatan fisik.

Ditambahkan oleh Wadansatgas bahwa dalam kegiatan ini juga ada pemberian makanan tambahan sebagai asupan gizi bagi balita. Pasalnya di RT 03 Yakyu masih banyak balita yang perlu di perhatikan gizinya, karena tempatnya cukup jauh dari kampung dan harus di tempuh menggunakan Ketinting (perahu tradisional) sekitar 2 jam perjalanan dengan melewati rawa-rawa.

“Kegiatan Posyandu dan pengobatan ini dipimpin Dantonkes Letda Ckm Iwan Debri Setiawan, dihadiri oleh 37 orang meliputi 10 balita dan 7 ibu hamil yang melaksanakan imunisasi, penimbangan berat badan serta penghitungan gizi balita termasuk 20 warga yang berobat,” ujarnya.

Selanjutnya Wadansatgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad mengatakan bahwa TNI hadir di tengah-tengah masyarakat selain menjalankan tugas pokok menjaga keutuhan wilayah NKRI, juga memiliki tanggung jawab moral menjaga generasi penerus bangsa agar tumbuh dan berkembang secara sehat.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sota Meria S. Gebze mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas atas kerja sama pada pelaksanaan kegiatan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu Kampung Rawabiru. “Dengan kehadiran tim kesehatan dari personel Satgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad, besar harapan kami dapat menjadikan masyarakat sadar akan hidup sehat dan peduli terhadap kesehatan diri maupun keluarga,” ungkapnya.

Autentikasi :
Pasi Intel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad, Lettu Inf Asep Saepudin

______________
Admin : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost