Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Lanal Malang Gelar Pelatihan Bela Negara Bagi PPG Universitas Muhammadiyah Malang | Lawu Post

Lanal Malang Gelar Pelatihan Bela Negara Bagi PPG Universitas Muhammadiyah Malang

Sabtu, 11 Agustus 20180 comments

Malang (LawuPost.Com) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Malang Lantamal V Kolonel Laut (P) Nanang Hariono   membukan Pelatihan Bela Negara  Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universirtas Muhammadiyah Malang (UMM) tahun  2018, di gedung Indoorsport Ontoro Soemarjo Mako Lanal Malang kemarin.

Kegiatan yang diikuti 70 orang peserta (19 pria dan 51 wanita) ini,  dihadiri Wakil Dekan Ur Sarana dan Prasarana UMam,  Drs. Marhan Taufik.

Pelatihan bela negara ini dilaksanakan dalam rangka prajabatan bersubsidi tahun 2018 Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan pelatihan ini direncanakan berlangsung selama lima hari.

Menurut Komandan Lanal Malang, pendidikan karakter ini sudah didapatkan sejak dari lingkungan keluarga, masyarakat, serta dalam lembaga pendidikan.

“pendidikan karakter ini telah didapatkan sejak dari kecil mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, serta dalam lembaga pendidikan, di sekolah misalnya siswa sudah dibekali dengan nilai nilai Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, yang didalamnya sudah mencangkup nilai nilai pendidikan karakter, namun ternyata itu semua belum cukup tanpa diprektekan dalam kehidupan sehari hari,” ujarnya.

Nanang -sapaan akrab Komandan Lanal Malang ini- juga menambahkan, lingkungan dan keluarga sangat berperan penting dalam pembentukan karakter, sudah semestinya kedua orang tua menanamkan pendidikan karakter pada anak sejak dini, baik dari perkataan maupun perilaku sehari hari, contohnya sejak kecil seorang anak dididik untuk selalu menghormati kedua orang tuanya, mengucapkan salam saat pulang ke rumah.

Maka selanjutnya akan menjadi kebiasaan yang baik dan disinilah terjadinya pembentukan karakter yang positif, yang senantiasa terus berkembang ditambah dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat seperti mengaji, kerjabakti dan berbagai bentuk pengembangan diri dalam lembaga pendidikan.

“Berbagai pembelajaran serta pengalaman pengalaman tersebut akan melekat pada jati diri seseorang sehingga terbentuklah suatu karakter dalam setiap individu sehingga tercipta sikap, perilaku, dan karakteristik yang mencerminkan kepribadiannya,” pungkasnya.

Usai melaksanakan upacara, seluruh peserta menerima pembekalan dan pengenalan lingkungan di gedung Graha Samodra oleh perwira  staf sesuai bidang pengajaran.

Pembekalan bela negara ini merupakan wujud dari penguatan karakter diri dalam berkepribadian, berbudaya dan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membekali para guru untuk meningkatkan mutu pendidikan Nasional.( Lantamal V)

 
 _________________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Erwin M
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost