Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) 5 Kabupaten/Kota Di Jatim Siap Ber-INOVASI dalam Pendidikan | Lawu Post

5 Kabupaten/Kota Di Jatim Siap Ber-INOVASI dalam Pendidikan

Kamis, 02 Agustus 20180 comments

SURABAYA (LawuPost.Com) Sebanyak 5 kabupaten / kota di Jawa Timur yakni Kab Pasuruan, Kab Probolinggo, Kab Sidoarjo, Kab Sumenep, dan Kota Batu siap untuk bermitra dengan Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI). INOVASI adalah sebuah program kemitraan pendidikan Australia-Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar khususnya dalam bidang literasi, numerasi, dan inklusi.

Hal ini disampaikan dalam finalisasi kesepakatan kerjasama yang dibahas bersama di Sekretariat Daerah Pemprov Jatim yang dipimpin oleh Ali Afandi, Kasubag Hubungan Kerjasama Dalam Negeri, Biro Humas dan Protokol, Sekretariat Daerah Pemprov Jatim.

Ali mengungkapkan, harapannya kesepakatan ini bisa segera selesai dan disosialisasikan dengan bupati / walikota di 5 kabupaten / kota.

“Saya berharap sosialisasi ini segera bisa dilakukan oleh 5 kabupaten / kota dan disetujui oleh pemimpin daerah masing-masing sehingga bisa ditandatangani bersama dengan Gubernur Jatim dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Tujuan yang akan dicapai dari seluruh program yang akan berlangsung di 5 kabupaten / kota ini adalah untuk anak-anak, sehingga harapan Ali kesepakatan ini bisa segera terlaksana dalam bentuk pelaksanaan program di daerah yang ditunjuk.

Dijelaskan oleh Ali, Program INOVASI diharapkan bisa memberikan penguatan guru, kepala sekolah, pengawas, dan stakeholder pendidikan di 5 kabupaten / kota yang terpilih sehingga kualitas pendidikan dasar di Jatim semakin meningkat.

Basillus Bongeteku selaku Senior Sub National Implementation Adviser mengungkapkan, Program INOVASI akan mendampingi para guru, kepala sekolah, dan pengawas di tingkat gugus melalui penguatan Kelompok Kerja Guru (KKG).

“Masing-masing kabupaten / kota akan memiliki fokus penguatan pendidikan sesuai dengan permasalahan kebutuhan di setiap kabupaten / kota,” terangnya.

Kab Sidoarjo akan dilakukan penguatan dalam bidang numerasi terutama pembelajaran Matematika untuk kelas awal (Kelas 1, 2, 3 SD). Kab Pasuruan dalam bidang literasi, dimana permasalahan yang terjadi di Kab Pasuruan dimana siswa kelas awal mengalami kesulitan dalam hal memahami bacaan meskipun mereka telah mahir membaca. Sedangkan di Kab Probolinggo selain penguatan juga di bidang literasi, Kab Probolinggo juga akan melakukan pilot dalam pembelajaran kelas rangkap (multigrade) untuk mengatasi kekurangan guru di wilayah terpencil. Sementara itu Kota Batu akan diberikan penguatan kepemimpinan kepala sekolah agar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Dan wilayah terakhir yakni Kab Sumenep akan diberikan penguatan dalam literasi.

“Khusus untuk Kab Sumenep kami juga akan bekerja di kepulauan yakni Pulau Talango, untuk menguatkan pendidikan dasar di kepulauan,” terangnya.

Selain melakukan penguatan di sekolah dasar (SD), Program INOVASI juga menyasar Madrasah Ibtidaiyah (MI) dibawah naungan Kementrian Agama.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan dukungannya pada pelaksanaan Program INOVASI ini di Jawa Timur. “Pemprov Jatim merekomendasikan sejumlah kabupaten / kota sebagai mitra awal INOVASI. INOVASI akan bermitra di Jawa Timur hingga 2019. Kabupaten / kota yang terpilih adalah kabupaten / kota yang kebijakannya berpihak pada mutu pembelajaran siswa serta peduli pada anak berkemampuan khusus,” ungkap Soekarwo.(***)


 ____________________________
Team Redaksi www.lawupost.com
Reporter/Editor : Yudi
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost