Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) 833 Siswa SMK Negeri 2 Surabaya Jalani Pelatihan Karakter di Lantamal V | Lawu Post

833 Siswa SMK Negeri 2 Surabaya Jalani Pelatihan Karakter di Lantamal V

Senin, 30 Juli 20180 comments

Surabaya (LawuPost.Com) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Surabaya mempercayakan pelatihan dan pendidikan karakter 833 siswa-siswi baru tahun ajaran 2018 kepada Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  V (Lantamal V).

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlatamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., membuka langsung Pelatihan Pendidikan Karakter Tahun 2018 bagi siswa-siswi SMK Negeri 2 Surabaya yang digelar di lapangan upacara Balai Prajurit Ahmad Ichsan, Komplek TNI AL Tonny Soekaton Lantamal V,  Jl. Kalianak Timur Pesapen Surabaya, Senin (30/7).


Hadir dalam acara tersebut Wadan Lantamal V Kolonel Marinir CTO Sinaga, Para Asisten Danlantamal V, Para Kasatker Lantamal V, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah
Kota Surabaya, Kepala Sekolah SMKN 2 Surabaya, Camat Krembangan, Wakapolsek Krembangan serta para guru SMKN 2 Surabaya lainnya.

Komandan Lantamal V dalam amanatnya mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan puji syukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Menurut Danlantamal V,  pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. UU Sisdiknas tahun
2003 pasal 1 menyatakan bahwa diantara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia.

Hal ini dimaksudkan agar pendidikan tidak hanya membentuk insan Indonesia yang cerdas saja,  tetapi juga berkepribadian atau berkarakter (intelligence plus character).

“Ada 18 nilai pendidikan karaker bangsa yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab,” terangnya.

Dengan pendidikan karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan lanjutnya, seorang anak diharapkan tidak hanya memiliki kecerdasan IQ (intelligence quotient), tetapi juga kecerdasan emosional (emotional quotient). kecerdasan emosi ini adalah bekal penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan agar lebih mudah dan berhasil menghadapi segala macam tantangan kehidupan, termasuk tantangan untuk berhasil secara akademis.

"Kami berharap kepada seluruh siswa-siswi yang telah mengikuti pendidikan karakter ini nantinya agar lebih disiplin, bertanggung jawab, mandiri dan berprilaku baik, serta untuk menunjang kompetensi akademis," harap Edwin sapaan akrab Danlantamal V ini.

Sementara itu Koordinator kegiatan Pelatihan Pendidikan Karakter Tahun 2018 Siswa-Siswi SMK Negeri 2 Surabaya Letkol Laut (P) Roni Sutadi yang juga sebagai pgs Kadispotmar menyampaikan bahwa kegiatan tersebut akan dilaksanakan dari  tanggal 30 Juli sampai dengan 04 agustus 2018.

Di setiap kegiatan selalu ditanamkan kedisiplinan, sikap mental positif, dan lain-lain sesuai jadwal kegitan.

Sedangkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Surabaya Dr. Sukaryantho, M. Si, berharap semoga dengan penerapan program ini siswa siswi SMK Negeri 2  Surabaya nantinya akan menjadi generasi bangsa yang selain cerdas juga berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan agama.(Lantamal V)

 

Editor : Krisna S
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost