Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Posyandu Permata Desa Kabupaten Ciamis Melaju Ke Tingkat Nasional | Lawu Post

Posyandu Permata Desa Kabupaten Ciamis Melaju Ke Tingkat Nasional

Sabtu, 10 Desember 20160 comments

Ciamis (LawuPost) - Berdasarkan penilaian tim lomba Posyandu Tingkat Jawa Barat dan surat dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kabupaten Ciamis masuk ke babak final enam besar lomba Posyandu tahap I tingkat Jabar bersama kabupaten/kota lain diantaranya Kabupaten Cirebon, Bogor, Bekasi, Bandung Barat, dan Kabupaten Kuningan.

Lomba Posyandu tahap I tingkat Jabar digelar di Hotel Avita Green Jalan Tuparev Kota Cirebon, mulai Jumat-Sabru (18-19 Nopember 2016). Grand Final Lomba Posyandu meliputi kegiatan pameran/display perkembangan kegiatan posyandu dengan stand berukuran 3 x 3 m2, presentase ketua pokjanal posyandu Kabupaten/Kota, presentase ketua posyandu Permata Desa Situmandala Kecamatan Rancah.

Olympiade kader posyandu meliputi pengetahuan tentang posyandu, keterampilan menjalankan pelayanan posyandu serta kemampuan menjalankan fungsi penyuluhan di posyandu. Hal tersebut dikemukakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Ciamis, H. Lili Romli sewaktu memberikan laporan kepada Wakil Bupati Ciamis, H. Oih Burhanudin di Gedung Pendopo Kabupaten Ciamis.

Kabupaten Ciamis sendiri, kata H. Lili mengirimkan 5 orang kader posyandu, 1 orang PKP Kecamatan Rancah, 1 orang Pokjanal Kecamatan Rancah, 2 orang unsur Pokjanal Kabupaten serta 1 orang koordinator PKB Kabupaten. Sedangkan untuk Olympiade Kader Berprestasi diwakili oleh Kader Posyandu Tulip (Eva Safariah) Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya.

Wakil Bupati Ciamis, H. Oih Burhanudin dalam amanatnya, tim yang mewakili Kabupaten Ciamis itu melaksanakan lomba dengan sebaiknya. Sehingga mampu memenangkan juara lomba Posyandu tahap I tingkat Jabar. “Kita juga harus mampu membuktikan kepada masyarakat luas, bahwa kita mempunyai sumberdaya manusia yang berkualitas. Ini adalah kesempatan bagi kita, Kabupaten Ciamis memperlihatkan kemampuan kita yang sesungguhnya,” katanya.

Lebih jauh, H. Oih menjelaskan kepada para awak media selepas memberangkatkan tim posyandu tahap I tingkat Jawa Barat. “Pelayanan masyarakat yang berbasis posyandu terus kita kembangkan melalui peran serta masyarakat dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. Hal ini terus kita bina sehingga pada akhirnya menjadi sikap dan perilaku serta budaya masyarakat untuk hidup sehat dan bersih, “ jelasnya.

Kiprah dan peran masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan semakin membuktikan hasilnya dari mulai pemeriksaan ibu hamil, penimbangan balita, pelayanan KB, penanganan gizi buruk, bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga  lanjut usia, pendidikan anak usia dini adalah upaya-upaya kongkrit yang merupakan wujud kepedulian masyarakat yang tidak ternilai. “Dan mudah-mudahan semua  jenis kegiatan ini sebagai salah bentuk usaha kesehatan berbasis masyarakat dapat mewujudkan peningkatan pembangunan dibidang kesehatan dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan IPM di Kabupaten Ciamis, “ kata H. Oih.

H. Oih juga menekankan kepada masyarakat agar memiliki kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan aktif mengambil bagian dalam penyelenggaraan peningkatan kesehatan masyarakat, sedangkan pihak pemerintah memberikan fasilitasi, membina, mendorong serta menggerakkan swadaya masyarakat dibidang kesehatan agar dapat lebih  berdaya guna dan berhasil guna. Untuk mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat yang berbasis posyandu, maka peran pokjanal posyandu di semua tingkatan sangatlah dibutuhkan untuk bersama-sama membina, mendorong dan menggerakkan partisipasi masyarakat  dalam menciptakan posyandu yang berkualitas. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost