Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Lulusan SMAN 2 Ciamis Siap Menghadapi MEA | Lawu Post

Lulusan SMAN 2 Ciamis Siap Menghadapi MEA

Minggu, 29 Mei 20160 comments

Ciamis (Lawu News) - Senyum kebahagiaan terpancar dari wajah para siswa di SMAN 2 Ciamis yang telah selesai menempuh pembelajaran selama di bangku sekolah dengan hasil yang patut membanggakan sekolah dan guru. Mengapa tidak, semua siswa yang menuntut ilmu di sekolah itu dinyatakan semuanya lulus, bahkan beberapa diantaranya telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia.

Dari 336 siswa yang terdiri dari 233 siswa jurusan MIPA  dan 103 siswa jurusan IPS yang diluluskan saat ini sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN sebanyak 81 orang. Dari jurusan MIPA diantaranya, Tomi Taryana XII MIPA 1 diterima di D3 IPB Prodi Ekowisata, Wily Widya Komara XII MIPA 1 diterima di D3 IPB Prodi Paramedik Veteriner, Nazhira Disyacitta XII MIPA 2 diterima di D3 IPB Prodi Analis Kimia, Aan alip hudin XII MIPA 4 diterima di D3 IPB Prodi Teknologi Industri Benih, Finna Fazriani Purnama XII MIPA 5 diterima di D3 IPB prodi Ekowisata, Nadiya Ulfa Permana XII MIPA 5 diterima di D3 IPB prodi Managemen Agrobisnis, Regita Nurfitriani Dewi XII MIPA 1 diterima di IPB prodi Komunikasi, Praditha Rhesthy Fhauzi XII MIPA 3 diterima di IPB prodi Managemen Sumber Daya Lahan, Rahmalia Dini Hanifa XII MIPA 6 diterima di IPB prodi PKH, Siska Tifani Hidayat XII MIPA 6 diterima di IPB prodi peternakan, Regina Maulidina Sepriana XII MIPA 6 diterima di IPB prodi Holtikultura, Firdha Annisa Syafitri XII MIPA 6 diterima di UMP prodi pendidikan dokter, Aini Nurachmani Bahari XII MIPA 2 diterima di Universitas Brawijaya prodi teknologi pertanian, Nofal Agnia Dendy XII MIPA 3 diterima di UNISBA prodi pendidikan dokter, Fitri Ayu Azhari XII MIPA 1 diterima di UNPAD prodi Kehutanan, Rizkia Mutiara XII MIPA 2 diterima di UNPAD prodi Fisika, Indriyani Rahayu XII MIPA  4 diterima di UNPAD prodi perikanan, Ira Raniati XII MIPA 5 diterima di UNPAD prodi peternakan dan lainnya.

Dari Jurusan IPS diantaranya, Siti Jenab XII IPS 1 diterima di D3 IPB prodi Akuntansi, Muhamad Dikri Khofiyana XII IPS 3 diterima di UI prodi Kriminologi, Lia Shesha Amalia XII IPS 1 diterima di UNJANI prodi BLB, Hanif Ikbaar Frestriawan XII IPS 1 diterima di UNPAD prodi ilmu komunikasi, Ridha lestari XII IPS 1 diterima di UNSIL prodi ilmu politik, Asep Syamsul Ma'arif XII IPS 2 diterima di UNSIL prodi ekonomi pembangunan, Desti Sagita XII IPS 2 diterima di UNSIL prodi ekonomi pembangunan, Nida Rismawati XII IPS 1 diterima di UPI prodi Bahasa Daerah, Resti Rizky Nugraha XII IPS 1 diterima di UPI prodi PLB, Dhea Nahdyawaty XII IPS 3 diterima di UPI prodi PG PAUD dan lainnya.

 “Jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Ini tentu prestasi yang patut dibanggakan mudah-mudahan prestasi tersebut tahun berikutnya bisa lebih ditingkatkan lagi. Kepada siswa yang belum lolos dari jalur SNMPTN, masih ada kesempatan untuk melalui jalur SBMPTN. Saat ini dari jumlah 336 siswa, 60 persen melanjutkan ke perguruan tinggi sebanyak 81 sudah diterima di PTN jalur SNMPTN. Sisanya di jalur SBMPTN sambil menunggu hasil pengumuman Perguruan Tinggi lainnya, ”kata Kepala SMAN 2 Ciamis, DR. H. Endang Rahmat, M.Pd. disela-sela prosesi pelepasan siswa siswi tahun ajaran 2015/2016 di Gedung Islamic Centre beberapa waktu lalu. Melihat kemampuan yang dimiliki para siswa, H. Endang optimistis mereka bisa diterima di Perguruan Tinggi sesuai yang diharapkan.

Selama tahun ajaran 2015/2016, kata H. Endang berbagai prestasi ditorehkan siswa siswi SMAN 2 Ciamis baik prestasi akademik maupun non akademik. Dibidang prestasi akademik diantaranya juara 1 tingkat Jawa Barat jenis kejuaraan pembicara terbaik debat Bahasa Indonesia yang diraih oleh Arif Rahman Fauzi XI  MIPA 4, juara 1 tingkat Jawa Barat jenis kejuaraan lomba video film pendek yang diraih oleh Fairuz N XI MIPA 5, Perwakilan calon Paskibra Tk Provinsi Jawa Barat atas nama Intan Amalia X IPS 1, juara 1 tingkat Jawa Barat jenis kejuaraan Solo Vokal Sapta Lomba Pramuka atas nama Winny Puja Astuti X MIPA 1.

Sedangkan prestasi Bidang non akademik diantaranya, juara 1 tingkat Priangan Timur jenis kejuaraan Lomba Upacara Bendera, juara 1 tingkat Priangan Timur jenis kejuaraan LKBB, juara 1 tingkat Priangan Timur jenis kejuaraan LKBBT pramuka (Pa), juara 1 tingkat Priangan Timur jenis kejuaraan Futsal PJKR Cup, juara 1 tingkat Priangan Timur jenis kejuaraan Basket Fakultas Teknik, juara 2 tingkat Kabupaten jenis kejuaraan O2SN bulu tangkis atas nama Fanny Nurpadilah X MIPA 6, juara 2 tingkat Kabupaten jenis kejuaraan O2SN silat tanding Gilang Candra XI MIPA 5 dan juara 2 tingkat Kabupaten jenis kejuaraan O2SN silat tunggal atas nama Fanda XI MIPA 2.

 Selain itu juga ujar H. Endang, pihaknya sangat mendukung Disdikbud yang bertekad terus meningkatkan mutu pendidikan serta kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik atau guru maupun tenaga kependidikan yang ada saat ini. Terlebih sekarang ini, persaingan global sudah dimulai dan berjalan dengan bergulirnya program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “MEA merupakan sebuah tantangan bagi kita untuk menyiapkan SDM yang berkualitas, baik itu pendidik maupun tenaga kependidikan. Agar dunia pendidikan di Kabupaten Ciamis mampu mencetak lulusan siswa yang siap bersaing, baik di bidang akademik, pekerjaan, ataupun menciptakan inovasi yang baru. Jika tidak, maka kita akan kalah bersaing dalam menghadapi perkembangan global yang menuntut kita lebih kreatif dan inovatif,” ujarnya.

H. Endang menegaskan, pihaknya saat ini sudah siap menghadapi MEA kesiapan itu salah satunya dengan terus menyiapkan SDM guru dan tenaga kependidikan yang berkualitas serta di dukung dengan peningkatan mutu guru itu sendiri, melalui MGMP, KKG, seminar-seminar hingga bimbingan teknis (Bimtek) yang akan terus menerus diselenggarakan oleh lembaga yang berada di bawah wilayah kerjanya. “Selain itu kita harap para guru juga harus bisa merubah mindset, yaitu dengan merubah diri dan pemikiran serta merubah model berbagai kegiatan belajar mengajar agar bisa mencetak lulusan siswa yang berdaya saing. Kita juga butuh suport dari berbagai elemen masyarakat, dengan bersama-sama kita mendukung dunia pendidikan ke arah yang lebih baik,” tegasnya.

Kadisdikbud Kabupaten Ciamis, Drs. H. Toto Marwoto, MPd memberikan apresiasi atas pencapaian prestasi yang diraih oleh siswa siswi SMAN 2 Ciamis tahun ajaran 2015/2016 yang menutup tahun ajaran 2015/2016 dengan seabreg prestasi yang membanggakan bukan hanya almamater sekolah saja tapi juga bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Menurutnya, beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh siswa siswi SMAN 2 Ciamis merupakan hasil pembinaan yang kontinyu dan berkesinambungan. Beberapa siswa yang berhasil meraih prestasi pada ajang kejuaaraan baik tingkat Kabupaten maupun provinsi merupakan atlet binaan yang digembleng keras oleh para pelatih dan pembinanya. “Untuk prestasi yang sudah berhasil di raih agar lebih ditingkatkan lagi, karena di Kabupaten Ciamis prosentase siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi masih kalah apabila dibandingkan dengan kota Bandung dan kota lainnya,” kata H. Toto.

Untuk itu, H. Toto mengajak kepada para pemanggu kepentingan, terutama kepada kepala sekolah dan guru untuk dapat memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didik dalam membentuk dan menumbuhkan pola pikir dan perilaku yang berbasis kasih sayang dan toleran terhadap realitas keanekaragaman. “Pembangunan di bidang pendidikan kini menjadi salah satu pilar terpenting di Kabupaten Ciamis sehingga pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab yang besar. Maka itu mari kita dukung bersama seraya mewujudkan Kabupaten Ciamis yang religius, sehat, cerdas, dan mandiri,” tandas H. Toto. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost