Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pemutakhiran Foto Udara Dan Peta Garis Wilayah Mendukung Pengambilan Kebijakan Pembangunan Kota Cimahi | Lawu Post

Pemutakhiran Foto Udara Dan Peta Garis Wilayah Mendukung Pengambilan Kebijakan Pembangunan Kota Cimahi

Minggu, 30 Juli 20230 comments


CIMAHI (LAWUPOST) -
Pemerintah Kota Cimahi meluncurkan Foto Udara dan Peta Garis Wilayah terbaru Kota Cimahi. Pemutakhiran foto udara dan peta garis wilayah Kota Cimahi dapat digunakan sebagai bahan pembuatan peta-peta RDTR, peta tematik sektor serta mendukung pelaksanaan simpul jaringan di Kota Cimahi.


Peluncuran Foto Udara dan Peta Garis Wilayah digelar di Aula Gedung A Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Kegiatan foto udara dan peta garis wilayah dilakukan atas kerjasama Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Cimahi, Fakultas Ilmu Dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB, dan Kantor Pertanahan Kota Cimahi.

Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menjelaskan,  seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebijakan nasional, informasi geospasial (IG) semakin dibutuhkan oleh pemangku kepentingan pembangunan di Indonesia termasuk di Kota Cimahi. "Oleh karenanya hasil dari foto udara Kota Cimahi dan peta garis wilayah Kota Cimahi diharapkan dapat digunakan untuk membuat atau memperbaharui peta-peta tematik sektor yang berdasarkan peta dasar dengan standar yang sama untuk setiap Perangkat Daerah di Kota Cimahi," ujarnya.

Dalam penataan ruang wilayah suatu daerah, IG memegang peran penting dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian.

"Dengan adanya foto udara Kota Cimahi dan peta garis wilayah kota cimahi, diharapkan dapat mempercepat proses penyusunan RDTR Kota Cimahi dan pelaksanaan simpul jaringan di Kota Cimahi serta mewujudkan satu data satu peta," katanya.

Data IG sangat berguna sebagai salah satu pendukung utama pengambilan kebijakan dalam rangka mengoptimalkan pembangunan di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan ketahanan nasional. Khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam, penyusunan rencana tata ruang, perencanaan lokasi investasi, penentuan garis batas wilayah seperti Kecamatan, Kelurahan, RW dan RT, pemetaan zonasi pendidikan, kesehatan, pemetaan bidang tanah, perpajakan dan lain-lain.

"Dengan menyadari pentingnya IG di semua sektor kehidupan, ketersediaan IG yang mutakhir dan akurat menjadi suatu keharusan," ungkapnya.
Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB Prof. Irwan Meilano menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Kota Cimahi yang memberikan perhatian besar terhadap IG. "Data IG menjadi hal yang penting dan mendasar dalam proses penyelenggaraan pembangunan. Kami siap mendukung dalam pembangunan IG di Kota Cimahi dengan melibatkan jajaran dan mahasiswa," ucapnya.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas PUPR Kota Cimahi Endang dalam laporannya menjelaskan, dalam rangka keberlanjutan kegiatan Foto Udara dan Peta Garis Wilayah pihaknya bakal  melanjutkan kerjasama antara DPUPR Kota Cimahi dan FITB ITB dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam percepatan penyediaan peta-peta tematik untuk RDTR Kota Cimahi serta pelaksanaan simpul jaringan di Kota Cimahi.***

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost