Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) SMPN 1 Ciamis Menjadi Terbaik I Tata Kelola Mutu Sekolah | Lawu Post

SMPN 1 Ciamis Menjadi Terbaik I Tata Kelola Mutu Sekolah

Minggu, 17 September 20170 comments

Ciamis (LawuPost.Com) – Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala SMPN 1 Ciamis, DR. Agus Sumantri, M.Pd dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan, Hamid Muhammad, P.hd di Jakarta. Selain mendapat trofi, SMPN 1 Ciamis juga berhak membawa hadiah uang Rp. 50 juta. SMPN 1 Ciamis menjadi juara terbaik 1 Tata Kelola Mutu SMP bersama dua SMP lain yaitu SMPN 1 Bandar Lampung dan SMPN 1 Bojonegoro. Namun dari ketiganya, SMPN 1 Ciamis yang mendapat nilai paling tinggi.

Menurut DR. Agus, tahun 2017 ini SMPN 1 Ciamis menjadi salah satu sekolah rujukan tata kelola mutu sekolah dari 537 SMP se-Indonesia. Setelah diseleksi berdasarkan Evaluasi Diri Sekolah (EDS), dari 537 SMP diambil 152 SMP yang selanjutnya dinilai langsung oleh Tim dari pengawas sekolah dan Inspektorat pusat selama 4 hari ke masing-masing SMP. “Dari 152 SMP itu, diambil lagi 103 SMP untuk mengikuti lomba Tata Kelola Mutu Sekolah di Jakarta, dan SMPN 1 Ciamis termasuk didalamnya, “ujarnya.

Lomba tata kelola mutu sekolah digelar 3 hari, Senin-Rabu (7-9/8), dinilai oleh lima juri dari KPK, BPK, Irjen, Direktorat dan pengawas sekolah pusat. Setiap Kepala Sekolah menyampaikan presentasinya tentang pengelolaan sekolah di SMP masing-masing. DR Agus pun menyampaikan tata kelola sekolah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, standar isi, standar program, standar penilaian dan standar kompetensi lulusan dan keunggulan sekolah. “Alhamdulillah presentasi yang saya sampaikan tampak meyakinkan para juri yang hadir, karena memang saya menyampaikan tata kelola sekolah yang benar-benar diterapkan di SMPN 1 Ciamis, “ungkapnya.

Menurut dia, keberhasilan SMPN 1 Ciamis dalam tata kelola mutu sekolah tak lepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari Kepsek, guru, komite, TU dan semua warga sekolah. Diakuinya, selama ini SMPN 1 Ciamis menjalankan sistem manajemen dan pembelajaran dengan tata kelola sesuai 8 standar, yaitu standar kompetensi lulusan, standar proses, standar isi, standar penilaian, standar PTK, standar pengelolaan, pembiayaan dan standar sarpras. “Semua aspek tersebut harus terpenuhi agar proses peningkatan mutu sekolah bisa terus meningkat, “ tandas Agus.

Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, DR.H. Wawan AS Arifien, MM, mengaku bangga dengan prestasi yang didapat SMPN 1 Ciamis. Kata dia, program tata kelola mutu SMPN 1 Ciamis perlu ditularkan ke SMP yang lain di Kabupaten Ciamis. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost