Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) KRI TELUK BINTUNI-520 Pengangkut Peserta Ekspedisi NKRI 2017 Bersandar Di Pelabuhan Tenau Kupang | Lawu Post

KRI TELUK BINTUNI-520 Pengangkut Peserta Ekspedisi NKRI 2017 Bersandar Di Pelabuhan Tenau Kupang

Sabtu, 29 Juli 20170 comments

Kupang (LawuPost.Com) Kedatangan kapal LST(Landing Ship Tank) TNI Angkatan Laut tersebut dalam rangka mengantar peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017. Sebanyak 500 orang Peserta Ekspedisi yang terdiri dari berbagai elemen bangsa, TNI, Polri, para Ahli (Peneliti), Mahasiswa (Akademisi),  para pencinta alam, organisasi kepemudaan, dan pramuka akan menuju Papua bagian Selatan.

Kapal Tiba di Pelabuhan Tenau Kupang membawa peserta Ekspedisi NKRI 2017 , hari sabtu tanggal 29 Juli 2017 pukul 06.00 waktu setempat, Setelah melalui perjalanan selama 5 (lima) hari mulai  tanggal 24 Juli 2017.

KRI Teluk Bintuni  yang di Komadani oleh Letkol Laut (P) Yusuf Yanto Alumni AAL tahun 2000 membawa ratusan peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017. KRI sandar  melakukan persiapan untuk melanjutkan perjalanan mengantar peserta Ekspedisi NKRI melaksanakan tugas di wilayah Papua Bagian Selatan. 

KRI bersandar dalam rangka persiapan perjalanan selanjutnya menuju merauke, kegiatan ini dimanfaatkan untuk memenuhi perlengkapan sebelum melanjutkan perjalanan.

Tema yang diusung dalam Ekspedisi  NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 ini adalah ”Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam”.

Dalam sambutannya Menko PMK  pada saat upacara pelepasan peserta Ekspedisi pada , Jumat 21 juli 2017 lalu menyampaikan  bahwa, Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan tahun 2017 memiliki peran dan makna yang sangat strategis yaitu kehadiran pemerintah bagi rakyat, terutama di daerah tertinggal dan terdepan.

 Penetapan lokasi pelaksanaan Ekspedisi NKRI di koridor Papua bagian selatan mempunyai makna strategis karena menjadi wilayah terdepan di timur Indonesia yang berbatasan langsung dengan 2 negara tetangga, Papua Nugini dan Australia.  

Ekspedisi NKRI selain menggali potensi yang ada di daerah meliputi flora dan fauna serta kekayaan alam yang belum diberdayakan, juga melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, melalui kegiatan pembangunan karakter dan bela negara, penyuluhan Keluarga Berencana, Keluarga Pra-sejahtera, penyuluhan kelestarian Sumber Daya Alam, pengobatan massal,bakti sosial,karya bakti infrastruktur sekolah dan tempat ibadah, kegiatan sanitasi lingkungan, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Peserta Ekspedisi nantinya akan dibagi dalam 2 (dua) Korwil yaitu Korwil Merauke dengan wilayah Subkorwil-1/Asmat di Kab. Asmat, Subkorwil-2/Mappi di Kab. Mappi, Subkorwil-3/Merauke di Kab. Merauke dan Korwil Boven Digoel dengan wilayah Subkorwil-4/Mindiptana di Kab. Boven Digoel dan Subkorwil-5/Tanah merah di Kab. Boven Digoel.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, dunia usaha, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia.

Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian selatan adalah yang ketujuh kalinya dilaksanakan. Sebelumnya, ekspedisi dilakukan di Bukit Barisan 2011, Khatulistiwa 2012, Sulawesi 2013, Maluku dan Maluku Utara 2014, Nusa Tenggara dan Bali 2015, dan Papua Barat 2016.

Rencananya nanti malam KRI Teluk Bintuni akan melanjutkan kembali perjalanan menuju Merauke untuk mengantar peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian selatan 2017 untuk  melaksanakan tugas.

Autentikasi :
Pewira Penerangan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan 2017, Lettu Inf Siswari
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost