Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Kabupaten Ciamis Loloskan 3 Cabang Olahraga Pada Ajang Popwilda | Lawu Post

Kabupaten Ciamis Loloskan 3 Cabang Olahraga Pada Ajang Popwilda

Sabtu, 03 Juni 20170 comments


Ciamis (LawuPost) - Sebanyak empat kota/kabupaten sudah dipastikan akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) Jawa Barat. Keempat daerah tersebut yakni Kota Sukabumi, Kota Cimahi, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut terungkap saat Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) Jabar tahun 2017 dengan perwakilan kota dan kabupaten di GOR Laga Satria, SPORT Jabar Arcamanik, Jalan Arcamanik Kota Bandung, beberapa waktu lalu. “Sudah disepakati empat kota dan kabupaten yang akan menjadi tuan rumah Popwilda Jabar tahun 2017 yakni Kota Sukabumi, Kota Cimahi, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Yudha M Saputra usai membuka pelaksanaan rapat koordinasi di GOR Laga Satria, Sport Jabar Arcamanik, Jalan Arcamanik Kota Bandung, kepada para awak media.

Yudha menuturkan, penentuan tuan rumah penyelenggara Popwilda Jabar tahun 2017 sendiri berdasarkan pengajuan dari kota dan kabupaten bersangkutan. Keempat kota dan kabupaten tersebut menyatakan kesiapan mereka menjadi tuan rumah penyelenggara Popwilda Jabar tahun 2017 yang akan mempertandingkan sebanyak delapan cabang olahraga. “Selain itu, mereka sudah memiliki fasilitas sarana prasarana pertandingan untuk delapan cabang olahraga yang dipertandingkan di Popwilda Jabar 2017. Kalau dibilang memadai masih relatif, tapi cukup layak digunakan untuk even pelajar” ujarnya.

Para tuan rumah juga nantinya, akan mendapatkan dana bantuan dari provinsi, jadi untuk pendanaannya sharing antara provinsi dengan kota dan kabupaten bersangkutan.

Selain itu, pada rapat koordinasi pun dibahas terkait aturan yang tercantum di Technical Hand Book (THB) serta pedoman umum penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga di Popwilda Jabar tahun 2017. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari persoalan yang akan muncul saat pertandingan digelar. “Jadi apa yang tercantum di THB ini harus disepakati oleh setiap kota dan kabupaten. THB harus menjadi pegangan setiap kota dan kabupaten,” tegasnya.

Kepala Bidang Olahraga Prestasi Disorda Jabar, Nandang Saptari menambahkan, Popwilda Jabar tahun 2017 sendiri akan digelar dalam rentang waktu tanggal 7 sampai 21 Mei 2017. Popwilda Jabar tahun 2017 sendiri akan mempertandingkan delapan cabang olahraga yakni sepak bola, bola voli, bola basket, sepak takraw, pencak silat, bulutangkis, tenis meja dan tenis lapang. “Waktu pelaksanaan di tiap-tiap kota dan kabupaten penyelenggara masih kita bahas. Yang pasti gak akan bentrok, sehingga kami  bisa monitor langsung. Misalnya di Kota Cimahi dulu dan setelah selesai lalu di Kota Sukabumi dan begitu seterusnya,” ujar Nandang.

Untuk pembagian kota dan kabupaten sendiri di setiap wilayah, lanjut Nandang, akan ditentukan sesuai dengan pembagian wilayah di Provinsi Jawa Barat. Meski demikian, kota dan kabupaten yang bersaing di ajang Popwilda Jabar tahun 2017 di setiap wilayah dipastikan akan berjumlah sama. “Dari 27 kota/kabupaten akan dibagi rata di empat wilayah yang digelar di empat kota dan kabupaten. Jadi setiap wilayah akan dibagi sekitar tujuh atau delapan kota kabupaten sesuai dengan wilayah yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.

Kabupaten Ciamis
Sementara itu berdasarkan data yang berhasil di himpun tim Lawu News dari ajang Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) Kabupaten Ciamis. Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, Max Sopyan, mengatakan, ada 7 daerah di Jawa Barat yang ikut serta dalam Popwilda IV di Kabupaten Ciamis.

Ketujuh daerah itu meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar. Sedangkan, cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan yaitu sepakbola, bola volli, bola basket, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, pencaksilat dan sepak takraw. “Saat ini pesaing yang harus diwaspadai oleh seluruh atlet Kabupaten Ciamis yaitu Kota Bandung, dikarenakan Kota Bandung sudah teruji kemampuannya dan ditambah lagi banyak memiliki atlet-atlet yang handal,” kata Max Sopyan, yang akrab dipanggil Ayah.

Menurutnya, seluruh atlet Kabupaten Ciamis bertekad dan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih prestasi yang membanggakan demi nama baik Kabupaten Ciamis. Terutama dari cabor andalan Ciamis seperti sepak takraw, pencak silat dan tenis meja. “Popwilda wilayah IV Jabar 2017 ini ada dua juara yang akan diambil, posisi 1 dan posisi 2 yang paling berhak menuju tahap selanjutnya. Untuk kedepannya, seluruh atlet ini akan mewakili Jawa Barat. Mudah-mudahan Ciamis bisa lolos ke tahap selanjutnya. Pembinaan sudah dilakukan dan upaya lain juga sudah dilaksanakan, sekarang tinggal berusaha maksimal,” tukasnya. Max Sopyan berharap, seluruh atlet, khususnya pelajar di Kabupaten Ciamis, harus bisa ikut terpilih sebagai bagian atlet Jawa Barat untuk berlaga di tingkat Nasional.

Di tempat yang sama, Bupati Ciamis, H Iing Syam Arifien, menegaskan, ajang Popwilda IV Jawa Barat 2017 ini bisa dijadikan sebagai jalan untuk meningkatkan prestasi olahraga, khususnya Kabupaten Ciamis, umumnya kabupaten/kota di Jawa Barat. “Selain untuk meningkatkan prestasi, juga lebih menekankan pada kekeluargaan dan silaturahmi antar sesama atlet. Sehingga, olahraga di Jawa Barat bisa semakin maju dan berkembang. Mari kita tingkatkan prestasi bersama, tekankan kekeluargaan sesama para atlet,” pungkas H. Iing. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost