Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Bumdes Pendongkrak Ekonomi Rakyat dan Pilar Demokrasi | Lawu Post

Bumdes Pendongkrak Ekonomi Rakyat dan Pilar Demokrasi

Minggu, 23 April 20170 comments

Ciamis (LawuPost) - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), sebagai lembaga ekonomi masyarakat yang perannya cukup strategis dalam menggairahkan perekonomian masyarakat di pedesaan. Sehingga, Bumdes sebagai lembaga ekonomi rakyat yang juga menjadi pilar demokrasi. “Bumdes dibentuk atas dasar komitmen melalui musyawarah yang tujuannya mendongkrak ekonomi rakyat, “kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis, H. Lili Romli, SH.MM melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Aman, S.STP,MM.

Menurut Aman, kebijakan sekarang bahwa desa bisa mendirikan Bumdes yang tujuannya untuk meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa, meningkatkan usaha masyarakat, menciptakan peluang usaha, menciptakan lapangan pekerjaan, pengembangan ekonomi desa serta meningkatkan pendapatan desa. “Jika pengelolaan Bumdes optimal, maka desa akan menjadi desa yang mandiri. Bumdes, bukan hanya berkutat dalam kegiatan simpan pinjam saja, namun bisa juga bergerak dalam pengelolaan sumber daya alam, “kata Aman.

Bumdes, tandas Aman, sangat penting diterapkan di setiap desa dan semua bisa ikut mengawasi perjalanan bumdes melalui struktur organisasi bumdes yang terencana. Banyak jenis usaha yang bisa dilakukan di bumdes, diantaranya bisa bisnis sosial, penyewaan, produksi, keuangan dan usaha bersama. Menurutnya, dari sisi kepemilikan bahwa Bumdes dimiliki desa, berbeda dengan koperasi yang milik anggota. “Bumdes, pertanggung jawabannya melalui musyawarah desa dan kepengurusannya dari, oleh dan untuk rakyat. Hasil bumdes pun, nantinya dikembalikan lagi ke masyarakat yang juga berbeda dengan BUMN dan BUMD, “tandasnya.

Menurutnya, desa memiliki banyak potensi yang mesti dikembangkan, dan melalui bumdes diharapkan bisa menggeliatkan semangat wirausaha masyarakat pedesaan. “Kita melakukan pendekatan ekonomi kreatif, menciptakan hal unik agar menjadi nilai tambah secara ekonomi dan sosial. Jika Bumdes berkembang bersama dengan BUMN, nantinya potensi bumdes akan menggeliat. Bumdes muda, adalah yang baru berjalan 1-5 tahun, bumdes yang berkembang disebut bumdes madya, dan bumdes yang sudah berkembang namanya bumdes nindia. Kedepan, semua bumdes harus menjadi bumdes yang mandiri atau nindia. Peningkatan daya saing, kata dia, menjadi solusi pengembangan bumdes, “kata Aman. (mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost