Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016 | Lawu Post

Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016

Rabu, 03 Agustus 20160 comments

Kab. Tasikmalaya (LawuPost)  Beberapa hari yang lalu, Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanul Ulum, menghadiri acara Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan Ciawi Tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di Kecamatan Ciawi. Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten TasikmalayaKomisi IV Bidang Keagamaan, Sosial, Pendidikan dan Kesehatan, Sihabudin Romli,Tim Penilai Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat, Para Asisten, Asda Sekretariat Daeerah Kabupaten Tasikmalaya, sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Unsur Muspida Kabupaten Tasikmalaya, Unsur Muspika Kecamatan Ciawi, Para Kepala  Desa di Lingkungan Pemerintah Kecamatan Ciawi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

                Bupati Tasikmalaya, H. Uu Ruzhanul Ulum,dalam sambutannya menyampaikan, ’’gambaran umum Kabupaten Tasikmalaya secara geografis memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :sebelah Utara Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya, sebelah Barat Kabupaten Garut,sebelah Timur Kabupaten Ciamis, sebelah Selatan  Samudera Indonesia, wilayah Kabupaten Tasikmalaya memiliki luas + 270.882 ha dan secara administratif dibagi ke dalam 39 Kecamatan dan 351 desa dengan total jumlah penduduk 1.674.662 jiwa’’.

Berdasarkan data–data diatas, tampak bahwa Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi daerah baik sumber daya manusia dan sumber daya alam yang cukup besar,  oleh karena itu memerlukan pengelolaan daerah yang tepat dan optimal sehingga potensi tersebut bisa menjadi kekuatan dan peluang bagi pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya sesuai dengan visi nya yaitu, ’’Kabupaten Tasikmalaya yang religius islami, mandiri, unggul di bidang agribisnis dan berbasis perdesaan’’. Pelayanan publik, sangat erat kaitannya dengan pengelolaan daerah yang dikelola dengan baik, salah satu indikatornya adalah daerah dimana pemerintahan daerahnya selalu berupaya secara optimal memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan faktor Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aktor dalam  pengelolaan daerahyang  memegang peranan paling penting.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, ’’baik buruknya suatu pengelolaan daerah sangat ditentukan oleh kualitas dari SDM nya itu sendiri, oleh karena itu diperlukan SDM yang memiliki kompetensi, amanah, jujur, bertanggunjawab dan professional, kami memberikan apresiasi, mendukung dan menyambut baik diselenggarakannya penilaian sinergitas kinerja kecamatan ini, karena dengan adanya kegiatan ini kecamatan dapat melakukan penilaian sendiri (self assessment) terlebih dahulu berdasarkan indikator-indikator yang ada,  untuk selanjutnya berupaya memperbaiki apa saja yang menjadi kelemahan atau kekurangan  serta berupaya, berinovasi  untuk terus meningkatkan kinerja’’.

Selanjutnya Bupati mengatakan, ’’Kecamatan Ciawi yang merupakan perwakilan Kabupaten Tasikmalaya dalam penilaian sinergitas kecamatan tingkat Provinsi  Jawa Barat tahun 2016 adalah hasil dari penilaian lomba sinergitas kinerja kecamatan tingkat Kabupaten Tasikmalaya.Harapan kami, bapak/ibu tim penilai selama berada di lokasi mendapatkan  kesan yang baik serta dapat memberikan arahan-arahan untuk perbaikan dalam hal pelayanan publik di masa yang akan datang’’.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Ketua Tim Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Koordinasi, Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, Ir. H. Dedi Mulyadi, memberikan arahannya, ’’melalui penilaian sinergitas kinerja Kecamatan tahun ini diharapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memperoleh gambaran integraktif, eksploratif dan sinergis terhadap upaya apa yang telah, sedang dan yang akan dikembangkan kecamatan sesuai dengan fungsi dan perannya terhadap peningkatan kinerja pengelolaan pendidikan, kesehatan, dan peningkatan daya beli masyarakat dalam upaya mendorong peningkatan IPM Kabupaten Tasikmalaya ataupun Kabupaten di wilayah kerjanya, konsep sinergis muatan peran kecamatandengan implementasi kinerja yang dikoordinasikan camat sebagai aparat pemerintah terdepan diharapkan akan semakin memperkukuh pelaksanaan program dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sehingga akan berdampak positif terhadap upaya pembangunan khususnya kualitas pelayanan publik di Jawa Barat.

                Ir. H. Dedi Mulyadidalam arahannya menambahkan, melalui mekanisme Penilaian Sinergitas Kinerja Kecamatan ini, kami berkeyakinan dapat lebih mendorong semangat kreatifitas dan daya inovasi masing-masing Kecamatan yang menjadi objek sasaran penilaian sekaligus menjadi ajang kompetisi secara sehat untuk memperoleh predikat terbaik dalam memberikan kontribusi bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat d Jawa Barat, ada beberapa hal yang menjadi fokus penilaian diantaranya adalah 1.Berkaitan dengan komitmen pemerintah daerah dalam memperkuat kedudukan fungsi, peran dan kwalitas perangkat kecamatan dalam menyukseskan program masing-masing pemerintah daerah Kabupaten atau Kota; 2.Berkaitan dengan inovasi dan kreatifitas kecamatan dalam membangun dan mewujudkan sinergitas kinerja di daerah kerjanya berdasarkan proses koordinasi pengendalian dan yang dilaksanakan perangkat kecamatan yang efektif dan tepat sasaran; 3.Berkaitan dengan komitmen pemerintah daerah terhadap sarana dan prasarana kecamatan selaku pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat; 4.Khususnya kepada kecamatan yang dinilai kami berharap dapat menginformasikan hal-hal yang selama ini telah dilakukan sehingga penilaian ini dapat berjalan secara objektif dan lancar. (Andi)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost