Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) SMAN 3 Ciamis Dijadikan Pilot Projek Sekolah Olahraga | Lawu Post

SMAN 3 Ciamis Dijadikan Pilot Projek Sekolah Olahraga

Senin, 13 Juni 20160 comments

Ciamis (LawuPost) - Senyum kebahagiaan terpancar dari wajah para siswa di SMAN 3 Ciamis yang telah selesai menempuh pembelajaran selama di bangku sekolah dengan hasil yang patut membanggakan sekolah dan guru. Mengapa tidak, semua siswa yang menuntut ilmu di sekolah itu dinyatakan semuanya lulus, bahkan beberapa diantaranya telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia.

Dari sejumlah siswa yang terdiri dari jurusan IPA  dan jurusan IPS yang diluluskan saat ini sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN sebanyak 22 orang diantaranya, Rahma Safira diterima di PTN UPI Prodi PG.PAUD, Rifa Nurfarida diterima di PTN UPI Prodi PG.PAUD, Tigin Tresna M diterima di PTN UPI Prodi
Tek. Pendidikan, Meli Meilani Nurajijah diterima di PTN UIN Prodi Kimia, Rifaatul Mahmudah diterima di PTN UNSIL Prodi Geografi, Indri Yuliani diterima di PTN UNSIL Prodi PLS, Suci Nurhalimah diterima di PTN UPI Prodi PG.PAUD, Ghissa Martysadiresti diterima di PTN POLTEKES Prodi Gigi, Rahma Syafira diterima di PTN IPB D.3 Prodi Peternakan.

Miftah Nugraha diterima di PTN Akademi Dir Flit Yogya Prodi Penerbangan, Fajar Indra Wiguna diterima di PTN Akademi Dir FLIT Yogya Prodi Penerbangan, Gumilar Septiana diterima di PTN Akademi Dir FLIT Yogya Prodi Penerbangan, Rosul Affandi diterima di PTN Akademi Dir FLIT Yogya Prodi Penerbangan, Agung Muhamad Ikbal diterima di PTN Akademi Dir FLIT Yogya Prodi Penerbangan, Sri Mulyati diterima di PTN Akademi Dir FLIT Yogya Prodi Pramugari, Tita Rosita diterima di PTN Akademi Dir FLIT Yogya Prodi Pramugari, Ajeng Agustina diterima di PTN Akademi Dir FLIT Yogya Prodi Pramugari, Lila Farihatul Millah S diterima di PTN Akademi Dir FLIT Yogya Prodi Pramugari, Riki diterima di PTN LP3i Prodi Otomotif, Reni Agustina diterima di PTN LP3i Prodi Bisnis, diterima di PTN LP3i Prodi Akuntansi, diterima di PTN LP3i Prodi Otomotif.

 “Jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Ini tentu prestasi yang patut dibanggakan mudah-mudahan prestasi tersebut tahun berikutnya bisa lebih ditingkatkan lagi. Kepada siswa yang belum lolos dari jalur SNMPTN, masih ada kesempatan untuk melalui jalur SBMPTN. Saat ini dari lulusan tahun ajaran 2015/2016, 31 persen melanjutkan ke perguruan tinggi sisanya di jalur SBMPTN sambil menunggu hasil pengumuman dari Perguruan Tinggi lainnya, ”kata Kepala SMAN 3 Ciamis,H. Dede Hidayat, SPd, M.MPd disela-sela prosesi pelepasan siswa siswi tahun ajaran 2015/2016 di Gedung Islamic Centre beberapa waktu lalu. Melihat kemampuan yang dimiliki para siswa, H Dede optimistis mereka bisa diterima di Perguruan Tinggi sesuai yang diharapkan, tambahnya.

Selama tahun ajaran 2015/2016, kata H. Dede, berbagai prestasi ditorehkan siswa siswi SMAN 3 Ciamis baik prestasi akademik maupun non akademik. Dibidang prestasi akademik diantaranya Juara I FLS2N tingkat Kabupaten jenis kejuaraan Lomba Cipta Puisi yang diraih Resha Kelas XI MIA6, Juara III FLS2N tingkat Kabupaten jenis kejuaraan Desain Poster Syafik, Juara II tingkat Kabupaten Ajang Lomba Pupuh Raehan dan Juara III tingkat Kabupaten ajang kejuaraan Lomba Batik Ciamis serta lainnya.

Sedangkan prestasi non akademik diantaranya, Juara I Putra se-pulau Jawa kejuaraan Perisai Diri atas nama Aji Sidik Permana, Juara II tingkat Jabar-Jateng Hiking Relly Ciradyka SMANSA, Juara I tingkat Jawa Barat kejuaraan Tenis Meja Piala Gubernur atas nama Herlin, Juara I tingkat Jawa Barat kejuaraan Tenis Meja Piala Gubernur atas nama Gumilar, Juara I tingkat Kabupaten O2SN Tenis Meja Putra/Putri atas nama Gumilar dan Herlin, Juara I tingkat Kabupaten O2SN Lari 100 meter atas nama Arip Budiman, Juara II Tingkat Kabupaten O2SN Bulu Tangkis atas nama Mega, 10 besar tingkat Provinsi Lomba Panjat Tebing atas nama Suci, Juara I se-Jabar/Jateng kejuaraan Tenis Meja Open Turnamen Cilacap atas nama Gumilar Septiana, Juara I tingkat Kabuapten Kejuaraan Sepak Bola Tutwuri Handayani serta meraih pemain terbaik atas nama Albi, Juara III tingkat Provinsi kejuaraan Taekwondo atas nama M. Asep, Juara I tingkat Kabupaten kejuaraan O2SN mata lomba renang atas nama Rafli, dan lainnya.

Kadisdikbud Kabupaten Ciamis, Drs. H. Toto Marwoto, MPd memberikan apresiasi atas pencapaian prestasi yang diraih oleh siswa siswi SMAN 3 Ciamis tahun ajaran 2015/2016 yang menutup tahun ajaran 2015/2016 dengan seabreg prestasi yang membanggakan bukan hanya almamater sekolah saja tapi juga bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Menurutnya, beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh siswa siswi SMAN 3 Ciamis merupakan hasil pembinaan yang kontinyu dan berkesinambungan bekerjasama dengan para pembina olahraga di Kabupaten Ciamis. Beberapa siswa yang berhasil meraih prestasi pada ajang kejuaraan baik tingkat Kabupaten maupun Nasional merupakan atlet binaan yang digembleng keras oleh para pelatih dan pembinanya.

H. Toto berharap keberhasilan ini menjadi motivasi generasi selanjutnya serta mencetak atlet-atlet berbakat dan penuh komitmen untuk kemajuan berbagai cabang olahraga di Kabupaten Ciamis khususnya umumnya tingkat Provinsi Jawa Barat bahkan ke tingkat Nasional. “Sebuah prestasi tidak lepas dari proses pembinaan dan itu jelas memerlukan dukungan dari semua pihak baik dari keluarga, lingkungan dan sekolah serta pemerintah itu sendiri. Disdikbud Kabupaten Ciamis siap memfasilitasi para siswa berprestasi untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan berbagai kemudahan, surat lisensi untuk masuk perguruan tinggi manapun dengan fasilitas beasiswa, untuk itu pihaknya bekerjasama dengan KONI dan Cabor serta Pemkab sendiri, “kata H. Toto.

Kedepannya, tegas H. Toto, atas pencapaian prestasi dari berbagai ajang kejuaraan yang ditorehkan SMAN 3 Ciamis baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat provinsi bahkan sampai ke tingkat nasional, semakin membulatkan tekadnya menunjuk SMAN 3 Ciamis sebagai pilot projek pengembangan kelas olahraga. Untuk itu pihaknya tinggal menata berbagai sarana dan prasarana yang ada selain melengkapi fasilitas yang dibutuhkan untuk pembentukan kelas olahraga tersebut. “Dengan dukungan luas lahan yang memadai saat ini di SMAN 3 Ciamis sudah mempunyai lapangan sepak bola yang memenuhi standar, lapang bola basket, lapang tenis dan lintasan sarana atletik tinggal pembangunan gedung olahraga (GOR) saja selain melengkapi peralatan didalamnya, “tegasnya. (Mamay)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost