Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Aliran Sungai Cianting Bebas dari Tumpukan Sampah | Lawu Post

Aliran Sungai Cianting Bebas dari Tumpukan Sampah

Jumat, 03 Juni 20160 comments

Sukasari (LawuPost) Danramil 1807/Sukajadi-Sukasari Kapten Arm Herman Erianto memimpin kegiatan karya bhakti gotong royong beberesih sampah sungai Cianting yang melintas di RW 01 dan RW 02 keluarahan Sukagalih Kec. Sukajadi Bandung, Jumat (3/6).

Sebelum melakukan pembersihan sampah terlebih dahulu dilaksanakan  apel kesiapan oleh Danramil 1807 Kodim 0618/BS Kapten Arm Herman Erianto didampingi Lurah Sukagalih Aep Sahari.


Personel yang terlibat sebanyak 50 orang teridiri dari anggota Koramil 1807, Pendam III/Slw, Kumdam III/Slw, Tim Gober (gorong-gorong dan kebersihan) Kel. Sukagalih, aparat kelurahan dan warga masyarakat setempat. Bentangan aliran sungai
yang dibersikan di Sungai Cianting sepanjang 400 m. 

Dalam sambutannya Danramil 1807 Kapten Arm Herman Erianto menyampaikan beberesih sampah sungai Cianting merupakan rangkaian dari program Bestari Citarum (Bersih, Sehat,indah dan lestari) yang telah dicanangkan Gubernur Jawa Barat bersama dengan Pangdam III/Siliwangi sehari sebelumnya di Das Sungai Citarum Dayeuhkolot.

Melalui kegiatan Bestari, semua aliran sungan Citarum dari hulu sampai hilir dibersihan dari sampah dan limbah industri yang selama ini mencemari sungai Citarum, termasuk semua anak sungai yang berada di wilayah kota Bandung yang bermuara ke sungai Citarum.

Diungkapkan Herman melalui kegiatan beberesih sampah diharapkan bisa menumbuhkan budaya malu buang sampah sembarangan, sekaligus memotivasi masyarakat di sepanjang aliran sungai Cianting untuk tidak membuang sampah ke sungai.

“Koramil bekerja sama dengan kelurahan juga akan mendata warga masyarakat yang belum memiliki pembuangan kakus sendiri dan  masih memanfaatkan sungai sebagai tempat pembuangannya, untuk kemudian akan dibantu dibuatkan spitank khusus, sehingga sungai bisa bebas dari kotoron limbah,” ujarnya.

Selama enam hari ke depan lanjut Herman sampai tanggal 9 Juni 2016 seluruh sungai yang ada di wilayah Koramil 1807 setiap hari akan dilaksanakan pembersiahan oleh anggota TNI dari Kodam III/Slw bekerja sama dengan warga masyarakat setempat. Selanjutnya setiap hari jumat sampai bulan Desember 2016 secara rutin pembersihan sampah di aliran sungai akan dibersihkan.

Sementara itu Lurah Sukagalih Aep Sahri menyambut baik kegiatan beberesih sampah. Menurutnya kegiatan ini sangat berarti sekali untuk menjaga aliran sungai dari tumpukan sampah. Apalagi lanjutnya beberapa titik di Sungai Cianting lembar sungainya mengecil sehingga menghambat aliran sungai akibat tumpukan sampah.(Pendam III Siliwangi)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost