Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pangdam III Siliwangi : Bidang pertanian menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunanNasional. | Lawu Post

Pangdam III Siliwangi : Bidang pertanian menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunanNasional.

Sabtu, 13 Februari 20160 comments

Tasikmalaya (LawuPost) Sektor pertanian berperan besar dalam kehidupan bangsa Indonesia, karenanya  harus senantiasa berada dalam kondisi yang baik agar mampu mewujudkan ketahanan pangan Nasional. Oleh karenanya  sangat relevan bila bidang pertanian menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunanNasional, hal tersebut  disampaikan Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Hadi Prasojo dalam sambutannya pada acara GROUNDBREAKING PERLUASAN SAWAH KODAM III/SILIWANGI TAHUN 2016 di Desa Padawaras Kec. Cipatujah Kab. Tasikmalaya. Kamis, (11/2).

Menurutnya, dalam konteks penyelenggaraan pertahanan negara, pertanian dan ketahanan pangan merupakan satu kesatuan integral, yang ditinjau dari aspek strategis dan taktis, menjadi bagian dari pemberdayaan wilayah pertahanan dalam rangka penyiapan ruang, alat dan kondisi juang sebagai modal guna membangun kesejahteraan masyarakat dan membangkitkan semangat bela negara serta Nasionalisme.

Dijelaskannya, pada tataran implementatif terdapat dua permasalahan pokok yang mengiringi pertanian kita yaitu, kurangnya lahan pertanian yang dimiliki serta tingginya persaingan global.

Menyikapi permasalahan tersebut Jajaran TNI AD dan Kodam III/Siliwangi khususnya senantiasa berupaya membantu pemerintah daerah mengelola lahan yang tidak produktif, sehingga berubah menjadi lahan pertanian yang produktif, serta   berkomitmenuntuk mendayagunakan berbagai potensi yang ada, agar program perluasan sawah di wilayah Jawa Barat dapat terwujud dengan baik.

Sebagai tindaklanjut dari penanda-tanganan kontrak cetak sawah antara Kementan RI dengan TNI AD, pada TA 2016 di targetkan terealisasi  200.600 Ha meliputi 28 Provinsi dan 286 Kabupaten.
Kodam III/Siliwangi pada tahap awal akan memprogramkan pencetakan 2.300 Ha dari target 6.100 Ha perluasan cetak Sawah baru yang tersebar di Kabupaten Sumedang 1.550 Ha, Kabupaten Tasik  550 Ha, Kabupaten Pangandaran 100 Ha dan Kabupaten Ciamis 100 Ha.
Sedangkan untuk wilayah Koramil 1225/Cipatujah sendiri ditargetkan seluas 259 Ha, yang meliputi  Kp. Cikatulampa Ds. Padawaras 50 Ha, Kp. Rancabogo Ds. Kertasari 49 Ha, Kp. Cimerang Ds. Bantarkalong 50 Ha, Kp. Pangangonan Ds. Padawaras 30 Ha, Kp. Cicadas Ds Darawati 80 Ha.
Komitmen ini menjadi semakin penting untuk diwujudkan sebagai program utama dan strategisdalam pembangunanBangsa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berbasis pada sektor agraris.

Pangdam menyakini banyak hal yang telah dilakukan oleh semua unsur terkait khususnya Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mewujudkan program ini agar dapat berhasil dengan baik. Terkait hal tersebut dirinya   sangat mengapresiasi   dan berharap sinergi yang baik ini dapat terus  diwujudkan, sehingga program swasembada pangan Nasional dapat tercapai dengan baik.

Selanjutnya Pangdam menegaskan  suksesnya kegiatan perluasan cetak Sawah baru, memerlukan dukungan dan kerja keras semua pihak, baik unsur pemerintah daerah khususnya para Kepala Dinas Pertanian maupun para Kelompok Tani dan stake holder  lainnya sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing.

Selain itu perlu juga diperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan target yang ingin dicapai, yaitukegiatan cetak sawah ini harus konsisten dan tidak berubah-ubah di lapangan, serta tetap memperhatikan kesanggupan dari unsur daerah dalam menyediakan lahan. Semua ini hanya bisa  tercapai tatkala kita semua meneguhkan tekad untuk bekerja secara bersama-sama dan sungguh-sungguh dalam program perluasan sawah di wilayah Jawa Barat ini, lanjut Hadi

Mengakhiri sambutannya Pangdam mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setingi-tingginya kepada unsur Forkompinda Jawa Barat, unsur Muspida Kabupaten/Kota se Jawa Barat serta semua pihak  yang telah bersinergi dengan Kodam III/Siliwangi untuk bersama-sama mensukseskan program pemerintah, khususnya dalam program perluasan sawah ini.

Acara GROUNDBREAKING PERLUASAN SAWAH KODAM III/SILIWANGI   dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Dirjen PSP Kementan RI, Kabarantan Kementan RI, Bupati Kabupaten Tasikmalaya, Sumedang, Pangandaran dan Ciamis, Danrem 062/Taruma Negara, Staf Ahli Pangdam Bidang Ekonomi, para Asisten, Kabalak dan Komandan Satuan jajaran Kodam III/Siliwangi,     Kadistan, Bakorluh, Kadis PSDA Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Barat (Pendam III/Siliwangi/Andi/Anda)
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost