Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pengukuhan Mahasiswa Baru Unjani TA. 2015/2016 | Lawu Post

Pengukuhan Mahasiswa Baru Unjani TA. 2015/2016

Kamis, 03 September 20150 comments

Cimahi (LawuPost) Rektor Unjani Prof. Dr. Bambang Sutjiatmo selaku Ketua Senat Universitas Jenderal Achmad Yani mengukuhkan secara resmi Mahasiswa Baru Unjani Tahun Akademik 2015/2016 dalam acara Sidang Senat Terbuka yang digelar Selasa (01/9), di Gedung Sasana Krida kampus Unjani Cimahi.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016 ini, Unjani menerima dan telah beregistrasi sebanyak 3507 orang mahasiswa baru yang terdiri dari 3147 orang program sarjana, 139 orang program Diploma III, 17 orang program magister dan 204 orang profesi apoteker.
Mahasiswa baru yang diterima tersebut berasal dari total pendaftar sebanyak 9120 orang. Karena Prodi Profesi Apoteker menerima mahasiswa baru tiap semester, maka sekitar pertengahan bulan September 2015 ini Unjani akan menerima sekitar 200 orang mahasiswa. Demikian disampaikan Ketua PMB TA. 2015/2016, Iis Inayati Rachmat, dr., M.Kes, saat menyampaikan pidato laporannya.

Adapun pidato rektor dalam kesempatan tersebut antara lain mengajak mahasiswa baru untuk bertransformasi dalam sikap, prilaku dan pola pikir, dalam memasuki dunia perguruan tinggi, yang berarti memasuki dunia pembelajaran orang dewasa. Orang dewasa adalah orang yang sudah mempunyai konsep diri, yaitu kepribadian yang tidak bergantung kepada orang lain, sudah mempunyai kesiapan belajar yangdiprioritaskan pada tugas-tugas perkembangan dan peran sosialnya, dan sudah mempunyai prospektif waktu untuk segera menerapkan apa yang telah dipelajari.

Perguruan tinggi memiliki orientasi belajar yang berpusat pada keingin-tahuan tentang alam semesta dan dunia dengan segala isinya, termasuk manusia dan lingkungannya. Selanjutnya, berdasarkan pemahaman akan sifat dasar dunia, alam, manusia dan lingkungannya, dipelajari alternatif pemecahan permasalahan yang dihadapi. Itu semua tertuang dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Karena itu, belajar di universitas menuntut niat keingin-tahuan yang besar dan kemandirian belajar yang tinggi. Dosen akan mengajak semua untuk berpikir terbuka. Niat keingin-tahuan itu harus disertai kegembiraan. Dengan niat dan gembira belajar, hasil belajar akan mudah tertanam dalam diri kita. Tidak ada bahan yang sulit dipahami. Kita harus sampai pada tahap ‘terpesona belajar’ yang mengantarkan kita pada pemahaman akan keindahan bahan ajar tersebut, “ungkap rektor”. Selain itu, sebagai insan berpotensi mahasiswa harus mampu menyeimbangkan studi dan organisasi. Kegiatan utama mahasiswa adalah belajar dan kegiatan pendukungnya adalah berorganisasi untuk mengasah pengalaman dan meningkatkan kemampuan hidup bermasyarakat. Mahasiswa Unjani harus memiliki ciri khas yang berbeda dengan mahasiswa lain, yaitu jiwa korsa, semangat juang, pantang menyerah, dan nilai-nilai cinta tanah air, patriotisme, dan nasionalisme yang  tinggi. Sikap kritis mahasiswa sebagai respons terhadap lingkungan sekitar harus disampaikan dengan sopan, santun, beretika dan beradab. Jadilah mahasiswa Unjani yang luar biasa, yang memahami nilai-nilai ke-Achmad Yani-an yang  berupa semangat kepahlawanan, sikap rela berkorban, pantang menyerah, berdisiplin tinggi, dan berjiwa kesatria.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan orasi ilmiah dari dosen berprestasi Unjani, Dr. Asep Kurniawan, (dosen Fakultas Ekonomi), yang akan menyajikan orasi berjudul ‘Pengintegrasian kompetensi, komitmen dan kerelaan bekerja untuk peningkatan produktivitas’. Dalam orasi itu akan dipaparkan bahwa kerelaan bekerja akan lebih meningkatkan produktivitas dengan dukungan tingginya kompetensi dan komitmen.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi Mayjen (Purn.) Adi Mulyono dalam pidato sambutan sekaligus memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru,   berharap agar para mahasiswa kreatif dalam berwirausaha dan dapat mengembangkannya. Kepada para dosen serta unsur pimpinan supaya dapat mendukung dan memfasilitasi terhadap kreatifitas tersebut, ungkap Adi Muylyono. Selain itu, Beliau juga berpesan kepada semua mahasiswa untuk “bangga” menjadi mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani jika dimanpun berada, senantiasa dapat meningkatkan iman dan taqwa, berbakti kepada orangtua, rajin dan tekun dalam belajar, santun kepada dosen, senior, dan seluruh sivitas akademika, dapat menyelesaikan studi tepat waktu, serta dapat meraih prestasi yang membanggakan. Dalam pada itu, Ketua Pengurus juga meresmikan peletakan batu pertama pembangunan gedung Fakultas Psikologi empat lantai dengan luas sekitar 7100 M2.

Acara sidang senat terbuka dalam rangka pengukuhan Mahasiswa Baru TA. 2015/2016 turut dihadiri oleh jajaran pengurus YKEP,  ketua BPH YKEP-Unjani, sivitas akademika, serta para undangan.(red/pendidikan)    
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost