Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) ANTISIPASI PELAYANAN AIR MINUM MENJELANG MUSIM KEMARAU PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI PELANGGAN PERUMDA AIR MINUM TIRTA RAHARJA 2020 | Lawu Post

ANTISIPASI PELAYANAN AIR MINUM MENJELANG MUSIM KEMARAU PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI PELANGGAN PERUMDA AIR MINUM TIRTA RAHARJA 2020

Selasa, 11 Agustus 20200 comments

Cimahi (LawuPost.Com)
Berdasarkan rilis dari Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geisika (BMKG) tanggal 6 Juni 2020 tentang prakiraan musim kemarau, diperkirakan akan terjadi mulai bulan Agustus 2020 di sebagian besar zona musim di Indonesia dan cenderung lebih basah (diatas normal) dari rata-rata tahun sebelumnya. 

Perum Air Minum Tirta Raharja lewat Humas Jumat (6/08) untuk mengantisipasi musim kemarau tahun 2020 ini PERUMDA Air Minum Tirta Raharja selalu berupaya memberikan pelayanan secara optimal kepada pelanggan. Saat ini pendistribusian air minum kepada masyarakat di Wilayah Pelayanan Selatan, Timur dan Utara, secara umum masih relatif aman. Kondisi kapasitas air baku, dari hulu Sungai Citarum pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cikoneng, relatif stabil untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Ciparay, Baleendah, Bojongsoang, Majalaya, Rancaekek dan sekitarnya.

Sementara itu, ketersediaan/kapasitas air baku dari Sungai Cisangkuy yang menjadi sumber air PERUMDA Air Minum Tirta Raharja untuk melayani masyarakat di Wilayah Pelayanan Selatan dan sekitarnya, mulai terjadi penurunan dan fluktuasi kapasitas. Untuk itu, dimohon kepada pelanggan di Wilayah Soreang, Banjaran, Katapang, Kutawaringin dan sekitarnya, agar mulai siap sedia menyiapkan penampung air yang cukup, khususnya untuk mengantisipasi ketidak ketersediaan air minum di saat pengaliran dari perpipaan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja mengalami fluktuasi atau terhenti pengalirannya di rumah pelanggan.

Pendistribusian air kepada masyarakat di Wilayah Utara Pelayanan Air Minum PERUMDA Tirta Raharja, saat ini dilakukan dari sumber air Sungai Cimahi; untuk Pelanggan di Kota Cimahi, Cisarua dan sekitarnya  sampai saat ini masih relatif aman. pelanggan di Wilayah Utara disarankan untuk mulai melakukan antisipasi dengan menyediakan tempat penampungan air menjelang musim kemarau, mengingat penurunan kapasitas sumber air di Wilayah Utara pada musim kemarau bisa turun lebih dari 50%.

Saat ini PERUMDA Air Minum Tirta Raharja melakukan berbagai upaya antisipasi pada system produksi, distribusi dan instrumen lainnya pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan melakukan pendistribusian dan pemeliharaan pada seluruh system produksi dan jaringan perpipaan secara periodik sebagai kegiatan rutin.  mengingat adanya Pandemi Covid-19 relatif berdampak terhadap aktivitas operasional serta perlu dilakukan antisipasi terhadap risiko dan kondisi kesehatan petugas operasional PERUMDA Air Minum Tirta Raharja dalam menangani persoalan di lapangan, sehingga aktivitasnya pemeliharaan dan pemeriksaan teknis dilakukan secara cepat, efektif, dan efisien dengan mematuhi protokol kesehatan. Upaya optimalisasi pelayanan di PERUMDA Air Minum Tirta Raharja diharap kepada pelanggan, bila kapasitas sumber air menurun pada musim kemarau dilakukan dengan Melakukan rekayasa jaringan pipa distribusi, Monitoring tekanan air untuk menjaga kontinuitas pengaliran, Mobilisasi 6 (enam) unit armada tangki secara gratis kepada masyarakat pelanggan yang tidak mendapat air.

Adapun jumlah sambungan rumah PERUMDA Air Minum Tirta Raharja saat ini adalah 103.539 Sambungan Rumah, dengan perincian Wilayah Pelayanan Selatan : 33.968 SR (sambungan rumah) K.P Kutawaringin, K.P Soreang, K.P Banjaran, K.P Pangalengan, K.P Ciwidey, Wilayah Pelayanan Utara: 27.351 SR (sambungan rumah) K.P Cimahi K.P Padalarang, K.P Batujajar , K.P Cililin, K.P Cikalong Wetan, K.P Lembang,K.P Cisarua , Wilayah Pelayanan Timu 42.220 SR (sambungan rumah) ,K.P Ciparay, K.P Baleendah, K.P Bojongsoang, , K.P.Pa, K.P Dayeuh kolot, K.P Majalaya, K.P Rancaekek, , K.P. Cicalengka, K.P Cileunyi. 

Himbauan bagi pelanggan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja Menyediakan tempat penampungan air, Gunakan air dengan bijak, Tampunglah air bila air masih mengalir, Tutuplah kran air pada saat tidak digunakan, Masyarakat pelanggan yang membutuhkan pelayanan supply air via armada tangki, dapat mengajukan permohonan yang dikoordinir oleh ketua RT/RW/Tokoh Masyarakat dan lain-lain untuk dapat di supply kepada beberapa pelanggan di lingkungan rumahnya.

Untuk memudahkan pelanggan menyapaikan keluhan pelayanan armada tangki dan membutuhkan informasi lebih lanjut, pelanggan dapat  menghubungi atau mengirim pesan, ke petugas pelayanan langganan kami lanjut   humas tegas, dengan format Nama_No Pelanggan_Uraian Pengaduan ke nomor Pengaduan. Selanjutnya, kirimkan ke nomor Pengaduan Pelanggan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja Via Whats App ke : 08112228563 Wilayah Pelayanan Selatan, 08112228561 Wilayah Pelayanan Utara dan 08112228562 Wilayah Pelayanan Timutr.*) PDAM TRHJ (Humas  dan Team)


Team Redaksi www.lawupost.com
Yohanes
Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost