Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) SATGAS PENGAMANAN PELABUHAN LANAL DENPASAR GAGALKAN MODUS PENYELUNDUPAN ORANG DI PELABUHAN GILIMANUK | Lawu Post

SATGAS PENGAMANAN PELABUHAN LANAL DENPASAR GAGALKAN MODUS PENYELUNDUPAN ORANG DI PELABUHAN GILIMANUK

Senin, 08 Juni 20200 comments

Bali (LawuPost.Com) Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E. melalui Tim Satuan Tugas Pengamanan Pergerakan Orang Pelabuhan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar berhasil menggagalkan modus penyelundupan orang di ASDP Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Bali. Jum'at (5/6).

Dibawah pimpinan Dantim Satgas Pam Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan H, S.H., 2 (dua) personelnya berhasil mengamankan 2 (dua) orang yang berusaha melewati pemeriksaan petugas dengan modus bersembunyi di dalam back truck dengan ditutupi terpal.

Dijelaskan, personel Tim Satgas Pengamanan Pergerakan Orang di Pelabuhan Gilimanuk yang sebelumnya mendapat informasi dari security ASDP Pelabuhan Gilimanuk bahwa ada 2 (dua) unit truck warna hijau bermuatan kaca yang dicurigai menyelundupkan orang untuk menghindari pemeriksaan protokol kesehatan Covid-19. Mendapat informasi tersebut, tak butuh waktu lama pada saat kedua truk keluar dari pintu 2 (area LCM), personel Satgas Pam dengan sigap langsung memberhentikan dan melakukan pengeledahan. Terbukti dari hasil pemeriksaan dan penggeledahan terhadap 2 unit truck tersebut ditemukan ditiap-tiap truck 1 orang yang bersembunyi didalam bak truck yang ditutupi terpal. Selanjutnya kedua orang dan sopir truck dibawa ke Pos 1 untuk dilaksanakan verifikasi dokumen ASDP Pelabuhan Gilimanuk. 

Menurut keterangan yang diperoleh dari supir truk atas nama GA (30) dan AM (28) bahwa Ybs bekerja di PT. BMG (Bintang Mas Glassolution) dan berangkat dari Malang bersama 2 orang kernet atas nama SA (32) dan SI (34). Namun ybs mengatakan karena jumlah orang lebih yang seharusnya satu mobil barang berisi 1 sopir dan 1 kernet tetapi berisi tiga orang. Sehingga agar bisa masuk Bali Ybs melakukan modus dengan menyembuyikan satu orang kernet didalam bak truck lalu ditutup terpal ha itu dilakukan karena 1 orang kernetnya tersebut tidak ada Surat Keterangan Sehat dan Hasil Rapid Test.

Terkait penyelundupan orang dengan modus bersembunyi didalam bak truk lalu ditutup dengan terpal, Dantim Satgas Pam Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan H, S.H. mengambil sikap dengan memulangkan 2 (dua) orang yang bersembunyi didalam bak truck untuk menghindari pemeriksaan protokol kesehatan covid-19 yang ada di ASDP Pelabuhan Gilimanuk via KMP Dharma Rucitra dengan tetap diwajibkan membeli tiket. Sedangkan untuk sopir tetap bisa melanjutkan perjalanan mengantar barang ke Denpasar dengan satu kernet di tiap-tiap truck karena sudah dilengkapi dengan Surat Jalan, Surat Keterangan Sehat dan Hasil Rapid Test. 

Menanggapi kejadian tersebut, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Denpasar (Danlanal Denpasar) Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E., mengatakan "Dalam mengamankan penumpang yang tidak mempunyai kelengkapan surat kesehatan akhir-akhir ini marak terjadi di Pelabuhan Gilimanuk, akan tetapi kita berlakukan prosedur penanganan dengan tetap menerapkan standar protap Covid-19, yang telah ditetapkan pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan serta upaya untuk memutus rantai penularan Covid-19" tegasnya. ***

Team Redaksi www.lawupost.com
Ucu / Dewi  / Wahyudi

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost