Selamat Datang Di Website Lawupost.com (Menyatukan Inspirasi Dan Motivasi) Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Masyarakat | Lawu Post

Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Masyarakat

Minggu, 12 Januari 20200 komentar

Opini : Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Masyarakat

Pancasila bukan sekedar simbol persatuan dan kebanggaan bangsa. Tapi, Pancasila adalah acuan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karena itu, kita wajib mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tingkah laku sehari-hari kita harus mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Dizaman sekarang khususnya dikalangan pelajar dan mahasiswa, minimnya pengalaman nilai-nilai Pancasila dapat menjadi cikal bakal merebaknya aliran-aliran ekstremisme yang berakibat pada tindakan-tindakan radikal yang dibungkus dengan aktivitas ilmiah untuk memporak porandakan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebuah buku “Pendidikan Pancasila” untuk perguruan tinggi disunting oleh Hayat dan H. Suratman ini sangat bagus untuk dijadikan salah satu bacaan penambah pengetahuan karena buku ini membahas tentang Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia khususnya peran dari tokoh-tokoh ulama, kedudukan dan fungsi Pancasila, Pancasila sebagai ideologi negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik, nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, hubungan agama dan Pancasila. Kemudian dibahas pula mengenai hubungan Pancasila dengan UUD 1945, serta sistem pemerintahan di Indonesia. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Bahan ajar tersebut disusun dalam rangka untuk memperkuat wahana pendidikan karakter bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi era globalisasi dan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang mampu mengantarkan mahasiswa bersikap adaptif, kompetitif, dan menjadi lulusan yang cinta tanah air, siap bela negara serta mampu meningkatkan jati diri bangsanya. Buku ini juga disajikan dengan nilai-nilai pengalaman Pancasila juga identitas ke-NU-an.

Pancasila mampu menyatukan seluruh bangsa Indonesia. Pancasila juga mampu bertahan menghadapi rongrongan pemberontak. Oleh karena itu, kita harus bangga memiliki dasar negara yang kuat. Kita harus dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah menghargai perbedaan. Kita harus memiliki sikap menghargai perbedaan seperti dalam perumusan Pancasila. Kita harus menyadari bahwa negara kita terdiri atas beragam suku bangsa. Setiap suku Bangsa memiliki ragam budaya yang berbeda. Perbedaan suku bangsa dan budaya bukan menjadi penghalang untuk bersatu. Tetapi, justru perbedaan itu akan menjadikan persatuan negara kita kuat seperti Pancasila.

Team Redaksi www.lawupost.com
Artikel Kiriman Eka Dyna Fitri Mahasiswa Universitas Islam Malang

Share this article :

Posting Komentar

NUSANTARA BERSATU

NUSANTARA BERSATU

PEMKOT CIMAHI

PEMKOT CIMAHI

EDISI TABLOID CERDAS

EDISI TABLOID CERDAS
 
Support : Creating Website | Lawupost | Lawupost Template
Copyright © 2011. Lawu Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Lawupost Template
Proudly powered by Lawupost